Nikon D90 - Kamera DSLR Tangguh Untuk Kelas Menengah

27 Feb 2013 22:00 6958 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
D90 adalah salah satu produk andalan Nikon dalam pasaran kamera DSLR. Dengan sensor 12,3 MP, **Nikon D90** memang sengaja diluncurkan untuk menggantikan pendahulunya Nikon D80 dan D70.

D90 adalah salah satu produk andalan Nikon dalam pasaran kamera DSLR. Dengan sensor 12,3 MP, Nikon D90 memang sengaja diluncurkan untuk menggantikan pendahulunya Nikon D80 dan D70. Nikon D90 masuk dalam kelas antara entry level dan model DSLR untuk para foto fotografer profesional. Untuk spesifikasi, performa dan lain-lain, sudah jelas bahwa Nikon d90 memiliki kuliatas yang lebih tinggi dibandingkan dengan produk-produk Nikon sebelumnya. Selain bagus dalam membidik gambar foto, DSLR ini juga sanggup merekam video movie dengan kualitas HD (High Definition). Sebuah kemampuan yang wajib dimiliki DSLR modern.

Dari segi modelnya, D90 memiliki layar monitor 3 inchi, terlihat sangat stylist, ramping dan elegan dengan desain ergonomis. Pada rancangan tata letak tombol-tombol dari kamera D90 juga didesain sangat pas sehingga memudahkan Anda untuk mengoperasikan sesuai dengan intuisi Anda. Nikon D90 dibuat dengan bahan polycarbonate, berbeda dengan pesaing dekatnya yaitu Canon 50D yang dibuat dengan bahan magnesium alloy anti air dan debu.

Sebuah prestasi telah diraih D90 pada saat awal peluncurannya, yakni Pada bulan Mei 2009, DSLR ini memenangkan TIPA European Photo & Imaging Award, dalam kategori "Best D-SLR Advanced". Sebegitu istimewakah Nikon D90? Memang tidak seperti pendahulunya, D80 yang hanya memakai sensor CCD, D90 dirancang dengan CMOS dengan format DX beresolusi 12 MP seperti yang telah dijelaskan di atas. Selain itu kamera ini juga sudah memiliki fitur live-view.

Nikon tidak lupa menyempurnakan D90 dengan sistem autofocus yang memiliki 11 titik AF dengan fitur 3D tracking, auto-area AF yang handal dalam menangkap gambar, dan 4,5 fps continuous shooting sehingga kamera ini bisa digunakan untuk mengambil gambar pada event olahraga maupun subyek lain yang bergerak dengan kecepatan tinggi. Terdapat pula fitur contrast-detect saat live-view ditambah face detection Active-D lighting serta kemampuan untuk merekam video beresolusi 720p HD 1280×720 pixel dengan 24 fps plus suara.

Nikon D90 telah dilengkapi dengan opsi menu pengeditan gambar yang bisa memberikan efek-efek berdasarkan kreativitas dan keinginan Anda. Dengan opsi menu ini, hasil bidikan Anda yang awalnya terlihat sederhana bisa berubah menjadi sebuah gambar yang lebih indah dengan menggunakan opsi menu editan di kamera ini.

Nikon D90 menjadi kamera Nikon pertama yang menyertakan firmware module, yang diberi label "L". Fitur inilah yang dapat memberikan jarak lensa terintegrasi database di update yang akhirnya bisa meningkatkan fungsi autoexposure. Beberapa aksesorisnya, seperti MB-D80 baterai grip dan ML-L3 remote nirkabel, juga kompatibel untuk DSLR sebelum D90. Nikon DSLR ini merupakan kamera pertama yang mendukung integrasi Global Positioning System untuk keperluan tag lokasi otomatis foto dengan penggunaan GPS Receiver yang dijual terpisah.

Nikon D90 memiliki kepekaan ISO dari angka 200 sampai 3200 guna memaksimalkan dan mendapatkan cahaya yang optimal. ISO tersebut dapat ditingkatkan menjadi 6400 dengan fitur 1/3 EV. Hanya saja pada ISO maksimal gambar akan terdapat noise yang sekiranya akan sangat mengganggu. Sedangkan pada angka Shutter Speed, Nikon D90 mampu menyediakan angka 30 detik untuk 1/4000 detik dalam 1/2 atau 1/3 berhenti dan Bulb, dan 1/200 s X-sync.

Untuk kemampuan daya tahan hidupnya, baterai yang terpasang pada kamera Nikon D90 adalah menggunakan Nikon EN-EL3 e Lithium Ion. Dengan baterai ini tentunya akan memudahkan Anda untuk memakai kamera dalam jangka waktu yang cukup lama. Beban yang didapatkan karena tambahan baterai juga tidak terlalu tinggi, karena kamera ini hanya memiliki bobot 620 g (1,4 lb) tanpa baterai, dan 703 g (1,55 lb) jika menggunakan baterai.

Format file yang disediakan Nikon D90 diantaranya adalah RAW dan JPEG dengan kualitas tinggi karena kamera ini dapat melakukan perbesaran Gambar Optik: 5.8x. Sedangkan Media Penyimpanan yang Didukung diantaranya adalah memori SD dan SDHC, serta dengan interface HDMI, USB kecepatan tinggi, dan NTSC.

Saat ini Nikon D90 dibanderol dengan harga 7 juta lebih untuk pasaran Indonesia, dan sangat cocok dipakai bagi Anda fotografer yang sudah semi-pro. Untuk pemula direkomendasikan tidak menggunakan D90. [ALX]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel