Tranformasi Smart Telecom ke SmartFren

8 Dec 2011 13:00 9185 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Mungkin beberapa tahun yang lalu Anda mengenal salah satu produk telekomunikasi yang bernama Smart. Ya, Smart merupakan produk dari **Smart Telecom** yang fokus di jaringan CDMA 2000, namun kini Smart Telecom telah bergabung dengan Mobile-8 Telecom (Fren) yang menghasilkan produk Smartfren.

Mungkin beberapa tahun yang lalu Anda mengenal salah satu produk telekomunikasi yang bernama Smart. Ya, Smart merupakan produk dari Smart Telecom yang fokus di jaringan CDMA 2000, namun kini Smart Telecom telah bergabung dengan Mobile-8 Telecom (Fren) yang menghasilkan produk Smartfren.

Dalam mendulang karirnya di bidang telekomunikasi, Smart Telecom memiliki tiga jenis jaringan di antaranya jaringan CDMA 2000 1x 1900 Mhz, CDMA 2000 EV-DO Rev A dan CDMA 200 EV-DO Rev. B yang dicoba pada tanggal 10 Desember 2009.

Beberapa produk telekomunikasi pun sudah pernah diluncurkan oleh Smart Telecom, di antaranya Smart Prabayar, Smart Pascabayar dan Smart Jump untuk rentang waktu hingga Maret 2010. Sedangkan untuk produk yang kini telah terintegrasi menjadi satu produk tunggal adalah Smartfren.

Seperti tren yang kini tengah terjadi di kalangan operator, paket bundling juga pernah dilakukan oleh Smart Telecom. Ada sekitar 20 paket bundling yang pernah dilemparkan ke pasar di antaranya menggaet merek-merek terkenal seperti Samsung, BlackBerry, Nexian dan Huawei.

Mungkin, Anda berpendapat bahwa paket bundling BlackBerry baru ada dan tersedia akhir-akhir ini, padahal pada tanggal 2 November 2009, Smart Telecom juga pernah meluncurkan paket bundling BlackBerry untuk seri Curve 8330 yang berkemampuan EV-DO. Jadi sebelum Smart Telecom bergabung dengan Mobile-8 Telecom, terlebih dahulu Smart Telecom telah meluncurkan paket bundling yang produknya begitu fenomenal saat ini.

Selain menggaet beberapa manufaktur Smart Telecom juga sempat bekerja sama dengan opera software untuk ditanamkan pada dua produk paket bundling-nya yaitu Nexian C951 dan Samsung Pinger.

Selama dua tahun berkiprah di bidang telekomunikasi secara solo, pada tanggal 3 Maret 2010 Smart Telecom resmi menjalin kerja sama dengan PT Smartfren Telecom yang dahulunya bernama PT Mobile-8 Telecom dengan menciptakan produk SmartFren.

Sebelum menjadi produk SmartFren, gabungan antara Smart dengan Fren ini memiliki bekas produk yang bisa dibilang menjadi salah satu bukti kiprahnya di dunia telekomunikasi. Produk-produknya tersebut di antaranya Fren, Hepi dan Mobi. [MG]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel