Fitur-Fitur Baru Pada OS Ice Cream Sandwich Android (Part-2)

9 Nov 2011 11:00 3106 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Sebelumnya Paseban telah me-*review* OS Ice Cream Sandwich Android pada artikel Paseban yang sebelumnya. *Nah*, pada artikel kali ini adalah Paseban akan melanjutan *review* Fitur-fitur baru pada OS Ice Cream Sandwich Android. Simak artikel berikut ini:

Sebelumnya Paseban telah me-review OS Ice Cream Sandwich Android pada artikel Paseban yang sebelumnya. Nah, pada artikel kali ini adalah Paseban akan melanjutkan review Fitur-fitur baru pada OS Ice Cream Sandwich Android. Simak artikel berikut ini:

Fitur baru yang "terinspirasi dari"

Fitur baru pada Ice Cream Sandwich Android yang patut mendapat highlight adalah aplikasi manajemen kontak bernama "People." Menghilangkan list nama dari kontak yang dimiliki OS Android versi sebelumnya, People menampilkan kontak dalam bentuk "magazine-style," yaitu tampilan thumbnail gambar dari kontak Anda. Apabila Anda mengetahui Microsoft's Metro UI untuk Windows Phones, Anda akan berpendapat dari sini Android mendapatkan inspirasi untuk tampilan "People."

Pada Ice Cream Sandwich, Anda bisa memanajemen aplikasi dengan menciptakan folder khusus dan drag-and-drop aplikasi aplikasi pilihan Anda. Anda pasti tahu darimana inspirasi dari folder aplikasi ini, iOS.

Umumnya Anda yang sering me-review Android, akan sangat membutuhkan Android screenshot. Kini Anda tidak perlu menginstal aplikasi tambahan dari pihak ketiga untuk mendapatkan fungsi screenshot ini. Ice Cream Sandwich Android sudah menyertakan fungsi ini dengan mengklik tombol power dan volume secara bersamaan. Untuk fitur ini, Android menjadi yang pertama memilikinya.

"Gesture adalah hal yang banyak diinginkan oleh banyak pengguna pada perangkat touchscreen", ungkap Tim pengembang Google. Untuk menjawab ekspektasi pasar tersebut, Ice Cream Sandwich Android menambahkan beberapa gesture baru pada sistem navigasinya.

Sekali lagi Ice Cream Sandwich Android menghilangkan ketergantungan atas aplikasi dari pihak ketiga. Monitor konsumsi data internet pada Android yang dulu membutuhkan aplikasi dari pihak ketiga, kini telah disediakan langsung oleh Ice Cream Sandwich Android.

Pengembangan Fitur Fotografi

Demo yang dilakukan oleh Tim pengembang Google ini menggunakan perangkat Samsung Galaxy Nexus yang belum rilis secara resmi. Galaxy Nexus ini memiliki kamera standar 5 megapixel, namun Tim pengembang Google menyatakan, pixel bukanlah satu-satunya poin pada kamera smartphone Tujuan utama tim pengembang Google atas bundle Samsung Galaxy Nexus dan Ice Cream Sandwich bukanlah "pixel wars," melainkan pengembangan dari software pendukung hardware kamera.

Hal pertama adalah ditambahkannya shortcut baru untuk mengakses kamera, yaitu klik kiri pada lockscreen. Kemudian tambahan fitur "rapid shot" yang memiliki kemampuan jeda 10 detik antar jepretan foto. Saat ini belum ada kamera perangkat mobile yang memiliki kecepatan seperti itu.

Dari fitur-fitur yang mendapat highlight dari tim pengembang Google tersebut di atas, berikut fitur-fitur lain yang juga memperkaya update Ice Cream Sandwich Android:

  • Improved multitasking

  • Improved text input and spell-checking

  • Improved voice input

  • Improved accessibility for disabled users

  • Improved Gmail and Calendar app

  • Improved web browser with ability to save web pages and incognito mode

  • Visual voicemail

  • Improved camera app with face detection and panorama mode

  • Improved video recorder with continuous auto-focus, zooming while recording, snapshot while recording and time lapse mode

  • Redesigned Gallery app with photo editor

  • WiFi Direct and Bluetooth HDP support

Dari sini dapat disimpulkan Ice Cream Sandwich, sebagai OS terbaru Android, tentu saja dan memang seharusnya, lebih halus dan elegan dibandingkan versi terdahulunya. [RY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel