Mengenal Voice Call XL dan Fitur-fiturnya

11 Oct 2011 10:00 11067 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Sebagai salah satu operator yang masuk ke dalam tiga operator terbesar se-Indonesia berdasarkan kategori jumlah pelanggannya, XL tentu saja menyediakan berbagai macam layanan yang diperuntukkan bagi pelanggan setianya termasuk fitur voice call.

Pada artikel ini, Paseban kembali akan membahas voice call salah satu operator di Indonesia. Jika pada waktu yang lalu Paseban membahas mengenai fitur-fitur voice call Indosat, maka kali ini Paseban akan membahas fitur voice call dari XL.

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa XL Axiata merupakan salah satu operator yang masuk ke dalam tiga operator terbesar se-Indonesia berdasarkan kategori jumlah pelanggannya. Dengan prestasi gemilangnya tersebut, XL tentu saja menyediakan berbagai macam layanan yang diperuntukkan bagi pelanggan setianya termasuk fitur voice call.

Fitur voice call dari XL tidak berbeda jauh dengan fitur voice call dari Indosat, hanya dari segi kuantitas Indosat memang lebih banyak fiturnya. Berikut ini adalah rincian fitur voice call dari XL.

  • Call Waiting. Fitur dari XL ini memungkinkan Anda menahan panggilan yang sedang berlangsung untuk menjawab panggilan baru. Sebagai penelepon yang menunggu, XL hanya mengijinkan satu orang penelepon saja. Fitur ini juga tersedia di Indosat di mana fiturnya telah diaktifkan secara langsung tanpa harus mengaturnya terlebih dahulu melalui menu pengaturan ponsel, kecuali untuk beberapa tipe ponsel yang tidak mendukung fitur ini Anda tidak bisa mengaktifkannya dengan apapun juga. Sedangkan untuk XL, sesuai yang dicantumkan di situsnya bahwa fitur ini bisa diaktifkan melalui menu yang disediakan di masing-masing ponsel.

  • CLIR dan Call Forwarding. CLIR adalah kepanjangan dari CLI Restriction, yang memungkinkan Anda menyembunyikan identitas ketika melakukan panggilan kepada orang lain, sehingga penerima telepon tidak akan mengetahui identitas nomor Anda. Fitur ini juga tersedia di Indosat dengan nama fitur yang sama yaitu CLIR /CLIP. Jika CLIR bisa menyembunyikan identitas nomor Anda sebagai penelepon maka Call Forwarding dapat mengalihkan panggilan yang masuk ke ponsel Anda yang dihubungkan ke nomor lain. Sama halnya dengan operator Indosat, fitur ini bisa digunakan untuk beberapa pilihan pengalihan di antaranya apabila Anda sedang sibuk, sinyal ponsel Anda berada di luar jaringan yang tidak terjangkau, panggilan tidak terjawab serta pengalihan semua panggilan karena Anda sedang tidak ingin diganggu oleh siapapun.

  • Conference Call. Anda pasti sudah populer dengan fitur ini, karena Indosat juga memiliki fitur Conference Call yang terus dipopulerkan melalui berbagai media dengan IM3 Ceesannya. Dengan fitur Conference Call, Anda bisa melakukan panggilan rame-rame dengan siapa saja, kuantitas maksimal yang diijinkan oleh XL untuk fitur ini adalah 6 orang.

  • VoiceMail Plus. Jika di Indosat fitur ini bernama voice mail box, maka XL memberinya nama VoiceMail Plus. Fitur ini sangat membantu Anda ketika dalam keadaan call forwarding, artinya ketika ponsel Anda mengaktifkan call forwarding maka panggilan seseorang yang masuk tersebut dialihkan ke dalam kotak suara atau VM (VoiceMail). Dengan fitur ini Anda bisa mengetahui nomor telepon yang memberikan pesan suara ketika di-call forwarding, Anda juga bisa mengirim suara ke nomor lain yang masih dalam jaringan XL dengan waktu pengiriman yang disesuaikan dengan keinginan sendiri, bisa meneruskan pesan suara yang diterima ke nomor XL lain yang telah Anda tentukan.

Berikut ini adalah tips bagi Anda yang ingin menggunakan fitur VoiceMail Plus XL :

  1. Agar aman, segeralah ubah password awal XL Anda (1234),

  2. Ketika sedang mendengarkan pesan di kotak suara, dengarkanlah seluruh pesan tersebut hingga tuntas. Karena ketika Anda telah selesai mendengarkan pesan suara, secara otomatis pesan tersebut akan terhapus. Kecuali jika sebelumnya Anda memilih pesan suara tersebut untuk disimpan. Begitu juga bagi Anda pengguna Indosat, Anda harus hati-hati dalam mendengarkan pesan suara karena dengan otomatis pesan akan terhapus ketika telah selesai didengarkan.

  3. Untuk pesan yang Anda anggap penting, alangkah baiknya jika pesan tersebut disimpan, sebaliknya untuk pesan yang dianggap tidak begitu penting sebaiknya dihapus saja karena batas maksimal penyimpanan pesan adalah 10 pesan suara.

Itulah fitur-fitur voice call yang disediakan oleh XL. Jika dibandingkan dengan Indosat, hampir tidak begitu terlihat adanya perbedaan. Hanya saja ada satu fitur Indosat yang bernama Call Barring di XL tidak termasuk ke dalam fitur voice call tetapi masuk ke dalam layanan Value Added Servies yang berfungsi untuk memblokir panggilan masuk maupun panggilan keluar dari ponsel Anda. Bagaimana dengan Telkomsel dan operator lainnya? Simak terus pembahasan Paseban selanjutnya. MG

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel