Perbandingan Layanan Mobile Wallet Operator di Indonesia

19 Aug 2011 16:05 8940 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Era baru layanan Mobile Commerce di Indonesia telah dimulai. Operator-operator Indonesia kini sudah menghadirkan layanan Mobile Wallet, di mana transaksi jual beli bisa dilakukan hanya dengan sebuah ponsel. Tersebutlah Telkomsel dengan T-Cash, Indosat dengan i-Pay atau XL dengan layanan XL Tunai. Pada artikel ini, Paseban mencoba me-review ketiga layanan ini.

Era baru layanan Mobile Commerce di Indonesia sebenarnya sudah dimulai sejak 4 tahun yang lalu, di mana saat itu Telkomsel meluncurkan layanan Mobile Wallet pertama di Indonesia. Dalam perkembangannya beberapa tahun kemudian, layanan ini kemudian diikuti oleh beberapa operator lain, termasuk Indosat dan XL.

Layanan Mobile Wallet mungkin terdengar asing bagi sebagian dari Anda, karena memang layanan ini biasanya digunakan oleh kalangan tertentu. Sebenarnya, layanan ini ibarat visual payment, bisa diibaratkan dimana ponsel Anda merupakan sebuah dompet yang berisi uang nonkartal. Layanan ini dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang menginginkan adanya layanan nontunai. Seperti halnya kartu kredit, ponsel berfungsi sebagai layaknya penyedia uang yang siap untuk digunakan dengan cara yang mudah, cepat dan aman.

Pada artikel ini, Paseban akan mereview beberapa layanan Mobile Wallet tiga operator terbesar di Indonesia.

TELKOMSEL

Layanan Mobile Wallet dari Telkomsel ini bernama Telkomsel Cash (T-Cash). Layanan T-Cash ibarat penyempurnaan layanan m-banking dari Telkomsel yang memungkinkan para pelanggan untuk melakukan transaksi yang lebih luas.

Untuk mengaktivasi layanan ini, pelanggan Telkomsel cukup mendaftar melalui SMS dengan format sebagai berikut: REG Tcash Nama#Tanggal Lahir lalu kirim ke 2828.

Setelah kirim SMS, Anda akan mendapat SMS konfirmasi. Jika tak mau repot, Anda juga bisa mendaftar dengan menekan *828*1# lalu tekan Yes atau jika dinilai kurang aman, Anda bisa langsung mendaftar di Grapari terdekat dengan melampirkan foto kopi KTP atau kartu identitas lain sebagai bukti.

Setelah mendapat konfirmasi bahwa Anda sudah terdaftar di layanan ini, maka Anda harus mengisi 'dompet' Anda dengan minimal setoran saldo Rp 50.000 atau kelipatannya. Pengisian bisa dilakukan di beberapa merchant yang tersedia, seperti Indomaret atau Fuji Image Plaza.

Dengan adanya T-Cash, maka Anda tak perlu repot-repot membawa uang di dalam dompet, karena ponsel Anda akan berfungsi seperti dompet yang siap digunakan kapan saja. Beberapa layanan yang bisa Anda lakukan dengan fasilitas T-Cash diantaranya mengisi pulsa dan membayar tagihan kartu HALO Telkomsel.

INDOSAT

Sekitar kurang lebih setahun setelah peluncuran Mobile Wallet dari Telkomsel, Indosat juga akhirnya meluncurkan layanan serupa. Layanan tersebut bernama i-Pay, sebuah sistem pembayaran online berbentuk internet voucher.

Dengan layanan ini, maka pelanggan bisa melakukan transaksi pembelian barang di internet seperti fulltrack, voucher game online, voucher hotspot / internet dan layanan lainnya. Dengan i-Pay pula, user internet dapat melakukan isi ulang dengan mudah melalui voucher Indosat (IM3, Mentari, Starone), voucher IM2, transfer via ATM, SMS Banking, dan Internet Banking secara realtime.

Pendaftaran layanan ini bisa melalui https://ipay.indosatm2.com/. Registrasinya cukup menyulitkan pelanggan, karena layanan ini hanya bisa dilakukan melalui online. Bahkan, sesaat setelah registrasi Anda diharuskan membuka email untuk mendapatkan verifikasi link. Barulah setelah selesai melakukannya, Anda bisa melakukan transaksi dengan mengunakan i-Pay.

Kelebihan dibalik registrasi yang rumit ini, Anda bisa melihat seluruh daftar transaksi melalui kenggotaan Anda tersebut. Karena semua transaksi baik berupa pembayaran maupun pembelian yang pernah Anda lakukan, akan selalu tersimpan.

Setelah itu, Anda bisa melakukan pengisian voucher untuk mengisi 'dompet' Anda ini. Indosat sendiri memberikan lima macam alternatif pembayaran, yakni melalui Indosat voucher, IM2 voucher, SMS Banking Mandiri, ATM Bersama, ATM Prima and ALTO network dan ATM BNI and Permata. Nilai minimal saldo pun bervariasi di setiap alternatif, mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 500.000.

XL

PT Axiata atau XL masih terbilang baru dalam kategori layanan ini. Pada kuartal pertama tahun 2011, pihaknya baru saja meluncurkan uji coba layanan Mobile Wallet yang diberi nama XL Tunai. Pada tahap awal tersebut, XL Tunai sudah menjalin kerja sama dengan empat merchant sekaligus dan kedepannya XL akan menggaet hingga 3000 merchant.

Sama seperti Mobile Wallet yang lain, XL Tunai bisa digunakan untuk pengisian pulsa sekaligus pembayaran tagihan XL, dan layanan ini akan terus dikembangkan, seperti untuk pembayaran tagihan listrik, layanan online, pembelian tiket dan pembayaran lainnya.

Adapun perbedaan dari layanan XL ini dengan operator lain adalah terkait di bidang transaksinya. Layanan Mobile Wallet dari XL tergolong simple karena tidak membutuhkan perangkat seperti elektronic data capture (EDC), sehingga cukup dari ponsel ke ponsel saja.

Jika Anda pengguna XL dan ingin mengaktifkan layanan ini, cukup dengan menekan 123120# lalu melakukan 'cash in' atau pengisian akun, dan secara langsung layanan tersebut dapat Anda gunakan untuk melakukan transaksi. Pada saat registrasi layanan XL Tunai, Anda dapat memilih diantara dua macam layanan yang tersedia, yakni XL Tunai dengan limit Rp 1 juta atau Rp 5 juta. Kedua layanan ini tentu memiliki perbedaan dan fasilitas yang berbeda. Total transaksi maksimum untuk kedua macam layanan XL Tunai tersebut sekitar Rp 20 juta dalam sebulan.

Untuk mengisi saldo atau cash in, Anda bisa melakukannya di XL Center atau Dealer XL yang sudah tertera XL Tunai atau merchant XL Tunai. Minimal, Anda harus mengisi cash in Rp 25.000 dan angka tersebut terbilang cukup murah jika dibandingkan dengan layanan serupa dari operator lain.

Dari review ketiga produk di atas, Paseban menyimpulkan bahwa fasilitas XL Tunai lebih terdepan jika dibandingkan dengan yang lain. Paseban menilai dari segi pencapaian, walaupun terbilang masih baru diluncurkan, namun fasilitas yang dihadirkan cukup lengkap sesuai dengan kebutuhan manusia pada umumnya, jadi tidak seperti Indosat yang fasilitas Mobile Walletnya seperti hanya ditujukan untuk para gamers, atau Mobile Wallet yang lagi-lagi biaya minimal pengisian saldonya cukup mahal. HJ

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel