Halal Scanner - Pembeda Halal dan Haram ala iPhone

27 Jul 2011 10:37 4724 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Pernahkah Anda menyesal lantaran terlanjur membeli makanan dengan status kehalalan yang masih meragukan? Tak perlu ragu lagi, karena kini ada Halal Scanner, aplikasi pada iPhone yang bisa Anda gunakan

Pernahkah Anda menyesal lantaran terlanjur membeli makanan dengan status kehalalan yang masih meragukan? Maraknya bahan makanan yang dipamerkan di etalase supermarket, tak jarang membuat kita khilaf dan lalai memeriksa kelayakan kehalalan makanan tersebut.

Untunglah, kini ada Halal Scanner, sebuah aplikasi Islami yang memindai label pada produk bahan makanan. Inovasi kreatif iPhone ini, secara otomatis akan menentukan status kehalalan produk makanan tersebut.

Cara kerjanya Halal Scanner ini sangat sederhana. Arahkan lensa kamera iPhone 3GS Anda ke label produk yang hendak diteliti. Fungsi auto-focus akan langsung bekerja untuk mendapatkan gambar yang diinginkan. Halal Scanner akan memeriksa zat dalam makanan dan mencocokkannya dengan daftar yang ada dalam database built in yang berisi daftar makanan yang diatur secara berurutan.

Aplikasi iPhone ini akan menggolongkannya atas empat jenis status, yakni : halal, haram, 50/50, dan tidak diketahui. Tiap bahan makanan yang diteliti hanya memiliki satu status.

Dengan Halal Scanner, muslim yang tinggal negeri yang minoritas umat Islam seperti Amerika Serikat, tidak perlu cemas dengan status kehalalan bahan makanan yang hendak dikonsumsi. Mereka bisa langsung memeriksa makanan tersebut dengan satu klik. Bisa jadi, ini adalah cara tercepat dan paling sederhana untuk menjaga agar makanan yang kita konsumsi selalu sesuai dengan aturan syariah.

Aplikasi inovatif ini bekerja hanya pada 3GS iPhone terbaru. Namun, mereka yang memiliki iPhone 2G atau 3G tidak dapat menikmati fungsi dasar dari aplikasi ini, yakni pencarian dan menelusuri pilihan database. Setidaknya, mereka masih bisa menelusuri database halal untuk menemukan keterangan tentang bahan atau produk makanan yang mengandung zat yang haram.

Aplikasi ini bisa diunduh dengan meng-klik link ini. HF

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel