Menjajal Spek dan Performa HIS R9 380 IceQ X2 OC 2G DDR5

11 Jan 2016 09:00 7605 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Radeon R9 380 2G OC DDR5 adalah kartu grafis high-end HIS dengan harga relatif terjangkau.

HIS adalah salah satu vendor kartu grafis (graphic card) terkenal di Indonesia. Merek pabrikan Taiwan ini bukan anak kemarin sore di pasar komponen komputer tanah air. Saya masih ingat betul, pertama kali saya mengenal merek ini ketika akan membeli kartu grafis PC gaming saya yang pertama di tahun 2002. Itu berarti setidaknya HIS sudah bercokol 14 tahun di Indonesia.

Dan selama waktu itu, merek HIS sangat dikenal dengan jajaran kartu grafisnya yang hanya menggunakan chip berbasis AMD Radeon (dulu Ati Radeon). Selain, itu kartu grafis HIS juga memiliki jajaran produk khas dengan custom cooler yang disebut IceQ. Salah satu produk terbaru yang dilepas HIS di tanah air saat ini adalah kartu grafis HIS Radeon R9 380 IceQ X2 OC 2G DDR5.

Desain Fisik 5

Menjajal Spek dan Performa HIS R9 380 IceQ X2 OC 2G DDR5

Pertama, mari kita amati lebih dekat kartu grafis ini. Penampilan HIS R9 380 IceQ X2 OC 2G DDR5 tampak lumayan bongsor karena diproduksi menggunakan form factor PCB yang besar. Dimensinya 27 cm x 14 cm dengan ketebalan 4,2 cm. Tak heran, berhubung komponen yang diletakkan pada PCB tersebut pun cukup banyak. Belum lagi unit heatsink dan kipas pendingin IceQX2 yang terpasang pun terlihat kompleks dan padat.

Secara desain, penampilan HIS R9 380 IceQ X2 OC 2G DDR5 tidak jauh berbeda dari saudara-saudaranya yang lain yang juga menggunakan pendingin IceQ X2. Ini memang ciri khas HIS, yang mendesain berbagai macam kartu dengan penampilan yang sama, namun dengan konten dan komponen dalam yang berbeda.

Perlu diingat pula bahwa HIS R9 380 IceQ X2 ini punya saudara kembar yang memiliki memori lebih besar, 4 GB DDR5. Nyaris mustahil membedakan keduanya tanpa melihat stiker pengenal ataupun melihat dus pembungkusnya.

Elemen paling mencolok dari kartu grafis ini adalah unit pendingin IceQ X2 yang menutupi seluruh kartu grafis. Bahkan sebenarnya ukuran unit pendingin ini lebih besar sedikit daripada kartu grafisnya sendiri.

Berhubung bodinya yang bongsor, bagian panel konektor kartu grafis ini akan memakai dua slot panel pada casing; satu slot untuk panel konektor, satu lagi berupa grill panel untuk ventilasi udara heatsink.

User Rating

0.0
0 Ratings
5
0
0
4
0
0
3
0
0
2
0
0
1
0
0

Editor Rating

5.0
Excellent

Summary

Radeon R9 380 2G OC DDR5 adalah kartu grafis high-end HIS dengan harga relatif terjangkau.

About The Author

Shafwan Nugraha 75
Professional

Shafwan Nugraha

Kontributor Plimbi. Level 70 Conjurer Mage lulusan College of Winterhold.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel