Review Spek Motherboard ASUS ROG Crossblade Ranger FM2+ AMD A88X

6 Oct 2016 09:15 101713 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Motherboard gaming untuk prosesor AMD soket FM2+ 

Republic of Gamers; Siapa sih, gamers atau PC enthusiast yang tidak mengenal nama sakti itu?

Republic of Gamers atau sering disingkat ROG adalah nama suatu jajaran produk pabrikan Asus yang khusus dirancang untuk orientasi gaming PC atau komputer untuk bermain game. Jajaran ROG sendiri terdiri dari berbagai range komponen dan produk, mulai dari desktop, laptop, maupun komponen motherboard. Nama ini sudah dikenal betul di dunia pc gamer dan PC enthusiasts sebagai salah satu ikon gaming culture.

Setelah menelurkan produk yang mendukung prosesor Intel generasi terbaru, Skylake, kini giliran prosesor FM2 dan FM2+ dari AMD yang menjadi incaran Asus. Maka, lahirlah motherboard Asus ROG Crossblade Ranger FM2+ yang penampilannya tak kalah keren dari saudara-saudara selabelnya yang mendukung platform Intel.

AMD for gaming? Why not? Toh dari dulu, banyak orang yang percaya bahwa prosesor AMD memang lebih klop untuk gaming ketimbang Intel. Namun begitu, pada kenyataannya, kemampuan sebuah PC bukan hanya ditentukan oleh prosesor, tetapi juga oleh motherboard dan komponen lainnya. Maka, pada kesempatan ini, saya akan menelaah motherboard ROG Crossblade Ranger FM2+ dari Asus ini.

Desain dan Fisik 5

Review Spek Motherboard ASUS ROG Crossblade Ranger FM2+ AMD A88X

Dengan dimensi 30,5 x 24,4 cm, motherboard ini menggunakan form factor Full ATX yang besar sehingga membutuhkan casing berukuran full-ATX pula. Secara keseluruhan, motherboard ini didominasi warna hitam dengan aksen merah gelap. Ini karena papan mosfet yang menjadi dasar menempelnya komponen lain pada motherboard tersebut memang berwarna hitam. Dipadu dengan aksen asesoris dan dekorasi komponen yang berwarna merah, motherboard ini berhasil memberikan kesan garang dan penuh tenaga.

Sebagai motherboard dengan performa tinggi, chip southbridge dan northbridhe motherboard ini sengaja diberi heatsink agar bisa membuang panas lebih efektif dan aman ketika motherboard dan prosesor bekerja cepat dan berat. Heatsink ini bukan heatsink biasa karena didesain khusus sedemikian rupa dengan bentuk dan lekuk yang keren, plus baluran kelir hitam dan aksen merah.

Pada permukaan heatsink chip southbridge, terdapat logo Republic of Gamers. Sementara pada permukaan heatsink chip northbridge yang dekat dengan soket CPU, terdapat nama “RANGER” dengan kelir putih di dasar merah.

Overall, penampilannya memang sengaja menunjukkan bahwa motherboard ini bukan motherboard biasa, dan sanggup memberikan kinerja yang tidak main-main. Dalam beberapa teori pikologi warna, hitam dan merah adalah warna berkarakter serius.

User Rating

0.0
0 Ratings
5
0
0
4
0
0
3
0
0
2
0
0
1
0
0

Editor Rating

5.0
Excellent

Summary

Motherboard gaming untuk prosesor AMD soket FM2+ 

About The Author

Shafwan Nugraha 74
Expert

Shafwan Nugraha

Kontributor Plimbi. Level 70 Conjurer Mage lulusan College of Winterhold.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel