Sony A7 - Kamera Digital Sony Terbaru yang Mengesankan

2 May 2014 11:00 5209 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Perkembangan kamera saat ini ini begitu pesat. Ini dikarenakan permintaan pasar yang terus meningkat, terutama pasar kamera DSLR. Masyarakat di Indonesia contohnya, telah banyak orang-orang yang membeli dan menggunakan kamera DSLR. Dari kawula muda sampai orang dewasa saat ini menggunakan kamera DSLR sebagai alat untuk mengabadikan momen-momen terbaiknya.

Salah satu teknologi yang terbaru dari kamera adalah kamera dengan Mirrorless. Telah banyak produsen-produsen kamera menyematkan teknologi ini ke kameranya. Produsen kamera Sony pun menanamkan teknologi ini ke kamera terbarunya. Namun, jika Anda memilih kamera DSLR karena kualitas gambar dan fitur nya yang bagus, mungkin Anda harus melihat dahulu kamera digital Sony A7 terbaru yang bukan merupakan kamera DSLR ini.

Sony A7 merupakan kamera dari Sony terbaru yang telah mengguncang dunia fotografi, karena kamera ini merupakan kamera Mirrorless Full Frame pertama di dunia. Yang mengejutkan karena kamera digital Sony ini bukan kamera DSLR yang dapat menandingi kamera DSLR terbaru yang menggunakan teknologi Mirrorless. Ditambah lagi kamera ini menggunakan sensor Full Frame. Tentunya hal ini akan menghasilkan kualitas gambar dan fitur yang setara dengan kamera DSLR kebanyakan saat ini.

Sony mengeluarkan kamera ini dengan 2 seri yaitu A7 dan A7R. Dari dua seri ini sebenarnya merupakan kamera yang sama, perbedaannya hanyalah pada fiturnya. Sony A7 menggunakan sensor Full Frame 24 Megapiksel, dilengkapi dengan AutoFocus Hibrida yang memanfaatkan fase on-chip dan deteksi kontras AutoFocus. Sedangkan seri yang lainnya, yaitu perbedaannya hanya pada A7R dilengkapi dengan sensor Full Frame 36 Megapiksel.

Selain itu kamera digital Sony seri ini tidak memiliki sebuah low pass filter optik, sebuah trend terbaru di kamera kelas High End  untuk membantu memastikan bahwa kamera A7R ini memberikan resolusi tertinggi.

 

Desain

Kamera terbaru dari Sony ini dibuat dengan sangat baik dan terasa kokoh di tangan. Kamera ini dibangun dari bahan Magnesium Alloy yang kuat. Selain itu kamera ini juga tahan akan debu dan kelembaban. Kamera digital Sony ini  memiliki berat sebesar 16,7 ons, dengan ukuran 5 x 3,75 x 2 inci.

Desain Sony A7

Desain Desain Sony A7

 

Kamera A7 ini memang cukup kecil dan akan nyaman di genggaman Anda, meskipun kamera ini dilengkapi dengan lensa 35 mm. Desain dari kamera ini memang mirip kamera DSLR versi ringan. Susunan LCD serta tombol dan tuas pengaturnya pun hampir sama dengan kamera DSLR.

 

Lensa

Untuk urusan lensa, kamera digital Sony ini juga sepert kamera DSLR, yaitu menggunakan lensa yang dapat diganti-ganti. Kamera kit A7 dilengkapi dengan lensa Zeiss 28 - 70mm, f/3.5-5.6. Lensa ini menyediakan Zoom yang baik untuk pemroten sehari-hari. AutoFocus dalam kamera ini juga sangat cepat, sehingga memberikan kenyamanan kepada Anda dalam pemrotetan pada siang hari maupun di Studio.

Selain kit lensa tersebut, Sony juga menyediakan lensa lain seri FE yang mereka keluarkan. Diantaranya adalah Zeiss 55mm, f/1.8 dan Zeiss 35mm, f/2.8. Dan tentunya Sony akan terus mengupdate kehadiran lensa-lensa baru untuk melengkapi kamera-kamera nya. Sedangkan untuk Anda yang mungkin ingin memaki lensa lain, Sony menyediakan adapter untuk lensa A-Mount.

 

Kualitas Gambar

Secara keseluruhan kualitas dari kamera digital Sony ini sangat bagus. Ini tidak dapat dipungkuri karena kamera ini dilengkapi dengan sensor Full Frame 24 Megapiksel ataupun 36 Megapiksel untuk A7R serta tidak terdapatnya OLPF, yang membuat kamera ini hasilnya sangat baik. Gambar yang dihasilkan dari kamera ini mengesankan dengan detail yang tajam dan warna yang alami serta akurat.

 

Kualitas Video

Untuk kualitas video yang dihasilkan pada kamera digital Sony ini juga tidak kalah. A7 ini menawarkan berbagai macam pilihan video dari 1920 x 1080 HD di 60p/60i atau 24p di AVCHD, yang besarnya penyimpanan video sama dengan format MPEG 4 yang hemat. Hanya saja yang perlu diperhatikan dari kamera ini adalah tombol Start/Stop yang berada di samping dari kamera ini, yang mungkin akan menyebabkan kamera akan goyang.

Di sisi lain, Anda memiliki kontrol manual atas eksposur dan kualitas video yang baik, meskipun tidak luar biasa. Secara kesuluruhan kamera ini cukup baik dalam akurasi eksposur, penampilan warna dan kelancaran rekaman. Untuk menghasilkan kualitas audio yang baik, Anda harus memakai Microfon eksternal yang dapat Anda sambungkan dengan kamera ini. Tetapi jika Anda ingin menggunakan Mic internal dari kamera ini juga tidak terlalu buruk.

 

Wi-Fi dan Aplikasi

Kamera digital Sony ini juga dilengkapi dengan koneksi Wi-Fi dengan teknologi NFC (Near Field Communication) teknologi , yang membuatnya mudah untuk menghubungkan dengan perangkat selular yang kompatibel. Sony juga menawarkan serangkaian aplikasi dari toko online yang dapat dimuat langsung ke kamera. [HMD]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel