Dell P2815Q - Monitor Dell 4K yang Mendukung Resolusi Ultra HD dengan Harga Murah

29 Apr 2014 18:00 7766 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Resolusi 4K merupakan resolusi kelas ultra definisi tinggi. Sebuah kualitas layar masa depan. Sayangnya produk yang mengusung resolusi ultra ini tergolong mahal. Biasanya harga paling murahnya di atas 10 juta. Namun kini ada juga monitor 4K murah yang cukup bisa jadi pilihan sebagai perangkat display yang bisa dimiliki.

Monitor yang mengusung konsep HDTV saaat ini banyak beredar di pasaran. Dengan berbagai fiturnya, monitor tersebut saling bersaing untuk memperebutkan gelar perangkat display terbaik. Maka tak heran, banyak vendor yang mengusung konsep monitor dengan resolusi yang besar yakni resolusi 4K. Resolusi 4K ini merupakan resolusi kelas ultra definisi tinggi. Sebuah kualitas layar masa depan. Sayangnya produk yang mengusung resolusi ultra ini tergolong mahal. Biasanya harga paling murahnya di atas 10 juta. Namun kini ada juga monitor 4K murah yang cukup bisa jadi pilihan sebagai perangkat display yang bisa dimiliki. Perangkat tersebut adalah Dell P2815Q. Bagaimanakah spesifikasi lengkap produk monitor Dell ini? Ketahui dan simak hal apa saja yang menarik dari perangkat display buatan Dell ini.

 

Desain

Sejauh mata memandang, monitor 4K murah  dengan merek terbaru Dell P2815Q datang dengan konsep desain sederhana dan tergolong biasa sebenarnya. Perangkat ini dibalut dengan warna hitam pada sebagian besar bodinya.  Hal inilah yang membuat perangkat ini tampak biasa. Apalagi perangkat ini datang dengan topangan satu kaki pada bagian tengah. Hal inilah yang memberi kesan bahwa perangkat ini tampak seperti perangkat HDTV kelas menengah ke bawah yang tergolong biasa dan fungsional belaka

Ternyata kesan desain biasa itu hanya melekat pada monitor Dell 4K murah ini bila ditilik dari kejauhan. Ketika diamati lebih dekat, Dell P2815Q justru tampak beda. Bagian sisinya ada garis bercorak putih yang membuatnya tidak tampak beda. Penyangganya pun ditilik dari belakang tampak kokoh. Apalagi balutan warna putihnya seakan memberi sentuhan bergaya pada perangkat ini.

Dell P2815Q

Monitor 4K murah dengan merk Dell P2815Q ini semakin mantap dengan dukungan lampu backligt LED yang membuatnya tampak menarik. Selain itu,  bezel warna hitam dan teknologi panel anti glare membuat layarnya pun terasa kokoh. Tampaknya Dell benar-benar serius dengan bagian layar perangkat display ultra HD  ini.

Sayangnya dimensi layarnya ini tidak terlalu besar seperti perangkat monitor 4K kebanyakan. Jika vendor lain kebanyakan datang dengan dimensi 50 inch, maka perangkat ini hanya hadir dimensi layar 28 inch.  Untuk ukurannya sendiri, monitor ini hadir dengan ukuran layar horizontal 620,9 mm dan untuk ukuran vertikalnya 341.3 mm.

 

Performa

Monitor 4K murah ini  menjanjikan performa yang tentu tidak biasa. Konsep 4K didalamnya akan memberi tampilan dengan gambar tajam bagi penggunanya. Hal ini sesuai dengan pengertian 4K itu sendiri yakni tampilan super ultra definisi tinggi. 

Menariknya, tampilan resolusi layar ultra HD 3840 x 2160 piksel ini tidak hanya dapat dilihat dari sudut pandang lurus melainkan juga dari sudut pandang lainnya. Hal ini karena monitor ini mendukung view angel hingga 170° pun dengan  tentu akan membuat tampilan yang jernih, berkualitas serta akan memberikan pengalaman baru bagi penggunanya.

Sensasi menonton yang nyaman tersebut tentunya bukan sekadar teori belaka. Monitor 4k murah ini didukung oleh kedalaman warna hingga 1 milyar lebih warna dengan color gamut hingga 84 %. Perbandingan rasio kontrasnya adalah 1000 : 1 dengan tingkat kecerahan 300 cd/m. Kemampuan respon monitor ini pun cukup baik yakni 5 ms.

Satu hal yang sedikit minus dari perangkat ini adalah resolusi 3840 x 2160 piksel yang didukung oleh monitor 4K murah ini  hanya menghasilkan rate 30 Hz. Padahal monitor lain yang mendukung resolusi ultra HD berjalan pada rate yang lebih baik yakni 60 Hz. Namun jangan khawatir, monitor ini masih tetap bisa mendukung rate 60 Hz dengan cara penurunan resolusi menjadi Full HD 1920 X 1080 piksel. Performa tersebut masih terbilang cukup baik untuk sebuah monitor murah.

 

Harga dan Kesimpulan

Berapa sebenarnya monior 4K murah ini? Ternyata monitor Dell P2815Q ini hanya dihargai sekitar US $699. Harga tersebut merupakan harga  paling murah untuk ukuran perangkat 4K saat ini. Dengan harga  yang tidak teralu mahal ini, Anda sudah bisa mendapatkan perangkat monitor Ultra HD yang dilengkapi dengan HDMI 1.4, DisplayPort, USB, dan bisa digunakan untuk pengisian ulang baterai ponsel.

Namun bila Anda merasa tidak berkenan dengan kemampuan perangkat ini ketika menjalankan resolusi 3840 x 2160 piksel dengan rate 30 Hz, Anda bisa memilih perangkat lainnya. Cukup menambah kocek sebesar US $100, Anda bisa mendapatkan monitor 28 inch yang mendukung resolusi 4K dari ASUS dan LENOVO yakn Asus PB287Q, dan Lenovo ThinkVision Pro2840M. Kedua perangkat tersebut mampu berjalan pada resolusi 3840 x 2160 piksel dengan rate 60 Hz. Jika keberatan menambah dana, tentu memilih perangkat Dell P2815Q ini bukanlah sebuah kesalahan. Dapatkan segera perangkat monitor murah 4K ini yang akan beredar akhir Januari 2013 ini. [HMN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel