Pentax K3 - Kamera DSLR Terbaru Keluaran Pentax dengan Peningatan Kualitas Gambar dan Video

8 Jan 2014 12:45 2599 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Pentax kembali merilis kamera DSLR terbaru. Setelah sebelumnya sukses dengan Pentax K-5, kali ini Pentax kembali mengeluarkan kamera yang lebih modern dan lebih baik lagi, yaitu Pentax K-3. Kamera ini dirilis akhir 2013 yang lalu. Kamera ini menggunakan sensor APS-C dengan ukuran 24 megapiksel (efektif 23,35 MP), sebuah peningkatan yang signifikan dari kamera DSLR Pentax yang sebelumnya yaitu rata-rata menggunakan sensor 16 megapiksel.

Pentax kembali merilis kamera DSLR terbaru. Setelah sebelumnya sukses dengan Pentax K-5, kali ini Pentax kembali mengeluarkan kamera yang lebih modern dan lebih baik lagi, yaitu Pentax K3. Kamera ini dirilis akhir 2013 yang lalu.

Kamera ini menggunakan sensor APS-C dengan ukuran 24 megapiksel (efektif 23,35 MP), sebuah peningkatan yang signifikan dari kamera DSLR Pentax yang sebelumnya yaitu rata-rata menggunakan sensor 16 megapiksel.

Desain dan Kemampuan Resolusi

Secara fisik kamera Pentax K3 ini masih sama seperti kamera-kamera DSLR Pentax yang lainnya, namun kamera ini tentunya menawarkan resolusi yang lebih besar yang memberu kemampuan file cetakan yang lebih besar. File yang lebih besar juga memberikan Anda kesempatan untuk memotong gambar dengan lebih leluasa yang cukup agresif jika perlu. Selain tentang resolusi, pada kamera ini kualitas untuk video juga ditingkatkan. Tingkat continuous shooting dapat mencapai 8,3 frame per second (FPS) dengan modul autofocus SAFOX 11 dengan 27 titik AutoFocus yang baru dirancang pada kamera ini. Dalam perekamannya juga dapat merekam dalam file HD dengan format H.264. Untuk rancang bodi kamera, kamera ini menggunakan bahan magnesium dan chasis Stainless Steel. Bodi kamera oun dirancang rapat agar tahan dari berbagai macam cuaca serta terdapat penstabilisasi.

Performa

Dari sisi software algoritma program dari kamera DSLR terbaru ini ditingkatkan dalam akurasi, eksposur, white balance, dan juga autofocus. Sedangkan sensitivias ISO berkisar antara 100 sampai 51.200. kamera ini juga dapat dipasangkan unit GPS secara opsional dan fungsi sikronisasi waktu GPS. Selain itu juga terdapat fitur terbaru, yaitu fungsi Astro-Tracer.

Fitur ini adalah untuk mengambil gambar langit di malam hari dengan pengurangan sistem shake untuk mencocokkan gerakan sensor kamera dengan pergerakan benda-benda langit akibat Bumi berotasi. Untuk penyimpanan kamera ini terdapat slot SD Card ganda.

Fitur Wireless

Dan perubahan yang paling signifikan adalah kemampuan Wireless dari kamera ini, dimana fotografer dapat mengatur kameranya dari jarak jauh menggunakan perangkat Smartphone maupun komputer. Pengaturan yang dapat diatur seperti mengubah aperture, shutter speed , dan ISO, menggeser titik fokus AF, serta melepaskan shutter kamera. Dan juga fotografer dapat melihat gambar hasil jepretannya melalui perangkat lain secara Wireless dan dapat memindahkannya ke perangkat.

Kualitas Gambar

Kualitas gambar standar dari kamera Pentax K-3 ini sangat baik,  warna direproduksi dengan saturasi yang baik dan akurat serta ketajaman yang cukup. Mode Bright adalah efek warna default, tetapi K-3 menawarkan pilihan sembilan pilihan lain termasuk portrait, landscape, vibrant, radiant, muted, bleach bypass, reversal film, monochrome, dan cross processing. Untuk filter antialiazing K - 3 ini menawarkan dua pengaturan yang dirancang untuk mensimulasikan efek dari filter antialiasing, tipe 1 yaitu tentang antara moire reduction dan ketajaman gambar dan tipe 2 yang yaitu lebih mengutamakan moire reduction.

Untuk kinerja ISO dari kamera ini cukup memuaskan. Dengan sensor yang lebih baru dan resolusi yang lebih baik, kinerja kamera DSLR terbaru ini sangat meningkat terutama pada Noise ISO yang sering terjadi pada ISO yang lebih rendah pada kamera-kamera pendahulunya.

Kualitas Video

Dari kualitas perekaman video yang ditawarkan dari kamera DSLR terbaru ini secara kesuruhan sangat baik. Kamera ini menyediakan pengalaman merekam video yang jernih dan kinerja video HD yang luar biasa. Kualitas gambar dari video yang direkam kamera ini sangat baik serta fitur antarmuka dari Video Shoot di desain ulang yang membuat perekaman video semakin halus.

Namun kekurangan yang fatal adalah masih sama seperti kamera-kamera pendahulunya yaitu autofocus yang kurang baik. Autofocus kurang baik dan masih sagat lambat. Ini membuat kualitas video dari kamera ini masih jauh dari baik jika dibandingkan dengan kualitas video dari Canon 70D. Jika Anda lebih mengutamakan pengambilan video daripada pengambilan gambar, maka kamera ini kurang tepat untuk Anda. Kamera ini lebih cocok digunakan pada pegambilan gambar yang statis atau diam.

Kesimpulan

Secara menyeluruh, kamera DSLR terbaru andalan dari Pentax ini sudah cukup baik. Kamera Pentax K-3 menawarkan kinerja dan fitur yang cukup baik dan harga yang relatif lebih murah. Kelebihan dari kamera ini diantarnya adalah kualitas gambar yang baik, frame rate pada continuous shooting yang tinggi, kapasitas buffer yang baik, serta pengamanan bodi kamera dari segala cuaca. Bagi Anda pecinta kamera Pentax, kamera Pentax K-3 patut Anda pertimbangkan. [HMD]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel