Nikon AW1 - Kamera Pertama di Dunia yang Berlensa Interchangeable dan Tahan Air

12 Feb 2014 09:00 2505 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Sekarang siapapun menjadi gemar memotret karena didukung oleh berbagai kamera poket yang bagus maupun fitur dari kamera pada telepon seluler. Bahkan jika Anda cukup memantau perkembangan fotografi di Indonesia, ‘The First Lady’ di negeri ini pun terhitung ‘rajin’ untuk membagikan beragam hasil jepretan beliau di situs Instagram.

Sudahkah Anda mengambil suatu objek untuk difoto hari ini? Atau Anda malahan sudah membaginya di Instagram dan Pinterest?

Sekarang siapapun menjadi gemar memotret karena didukung oleh berbagai kamera poket yang bagus maupun fitur dari kamera pada telepon seluler. Bahkan jika Anda cukup memantau perkembangan fotografi di Indonesia, ‘The First Lady’ di negeri ini pun terhitung ‘rajin’ untuk membagikan beragam hasil jepretan beliau di situs Instagram. Ibu Ani Yudhoyono saja suka memotret, tidak menutup kemungkinan rakyatnya pun terinspirasi untuk lebih giat memotret. Produsen kamera pun berlomba untuk menciptakan kamera dengan fitur yang tidak biasa, salah satunya adalah perusahaan Nikon. Perusahaan Jepang ini meluncurkan produk terbarunya berupa kamera pertama di dunia yang berlensa interchangeable dan dapat dibawa ke dalam air.

Di Tokyo pada beberapa hari yang lalu, dengan penuh sukacita Nikon meluncurkan sebuah kamera yang diberi nama Nikon AW1 yaitu berupa kamera canggih yang berlensa interchangeable (lensanya dapat ditukar dan diubah. red) dan tahan terhadap air. Kamera yang digadang-gadang sebagai kamera pertama di dunia dengan spesifikasi di atas ini merupakan kamera yang waterproof  dan shockproof.

Desain

Nikon AW1 ini memiliki desain yang cukup menarik serta penampilan yang elegan dan lensa yang dapat ditukar dan terkesan ‘bongkar-pasang’ sehingga saat pemakaiannya pun menambah daya tarik tersendiri dan membuat perhatian orang di sekitar Anda tertuju pada kamera ini. Kamera ini diketahui hanya memiliki beberapa warna seperti hitam (leather-tone black), perak (silver) dan putih mengkilat (glossy white). Nikon AW1 ini dirancang untuk kegiatan luar ruangan (outdoor) dan cocok untuk dipakai dalam berbagai situasi seperti saat di pantai dan saat Anda berpartisipasi dalam olahraga musim dingin.

Fitur

Kamera tahan air ini memiliki beberapa fitur menarik, yaitu:

- tahan air sampai kedalaman 2 meter (JIS/IEC Class 8 (IPX8) equivalent)

Hal ini disebabkan karena terdapat karet perekat yang terletak di antara bagian depan dan belakang body kamera.

- tahan guncangan dari ketinggian sampai 2 meter (MIL-STD-810F Method 516.5: Shock standard compliant)

- memakai lensa 1 NIKKOR AW 10mm f/2.8 dan 1 NIKKOR AW 11-27.5mm f/3.5-5.6

- beragam lensa lebar

untuk dipakai sehari-hari, kamera ini memiliki beberapa lensa lebar yang dapat dipakai di antaranya adalah lensa 1 NIKKOR dan berbagai lensa F-NIKKOR (untuk ini diperlukan Mount Adapter FT1) sehingga Anda dapat memotret objek yang lebih spesifik dan hasilnya akan lebih kreatif

- memiliki pegangan yang tidak licin

- tombol spasi yang lebar membuat nyaman saat kamera ini dioperasikan

- bahan stainless-steel di depan menambah kekuatan dan menghindari karatan

Layar dan Display

- memakai sensor CMOS, sistem AF, mesin pengolahan gambar dan tidak ada filter optik low-pass untuk rekaman kecepatan penuh dan resolusi tinggi serta untuk gambar yang diam

- saat di dalam air ada pilihan standard, scuba, dan close up.

Kelebihan

Nikon AW1 ini memiliki beberapa kelebihan, yaitu:

- Mempunyai lensa yang interchangeable

- Dapat dibawa ke dalam air sampai kedalaman 15 meter

- Dapat menahan guncangan saat jatuh dari ketinggian 2 meter

- Dapat dibawa kemana saja

- Memiliki kecepatan penuh saat pengambilan gambar berkala

Perkiraan harga

Nikon AW1 yang ditambah lensa 10-27.5 mm dibanderol dengan USD 800 sedangkan untuk lensa 10 mm f/2.8 mempunyai harga USD 200. Kamera ini sudah mulai dipasarkan di Indonesia sejak akhir tahun ini.

Kesimpulan

Bagi Anda yang suka berpetualang atau melakukan olahraga di dalam air, kamera dengan desain menarik ini cocok untuk dibawa kemana saja. Anda yang gemar berpelesir ke pantai pun dapat membawa kamera ini dan tidak usah khawatir jika kamera ini tidak sengaja jatuh. Cara mengoperasikannya pun dibuat sederhana dan mudah. Kesalahan yang akan diakibatkan jika Anda memakai sarung tangan saat olahraga musim dingin pun sudah diminimalisasi. Nikon AW1 ini dilengkapi dengan kompas elektronik, altimeter, alat pengukur, tampilan cakrawala virtual, dan fungsi data lokasi yang dapat digunakan untuk membuat log mendalam saat pelacakan atau pencarian posisi. Tampilan luarnya pun lebih tajam. Baiklah, saatnya Anda menghiasai koleksi foto-foto Anda pada situs berbagi foto yang Anda punya dengan beragam foto-foto outdoor serta foto underwater yang hasilnya akan lebih bagus lagi. [QPE]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel