LG ProCentric V : TV LG Terbaru Khusus untuk Pelaku Bisnis Hotel di Indonesia

28 May 2014 16:00 5147 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Salah satu perusahaan elektronik kenamaan dunia asal Jepang, LG terus melakukan inovasi dengan menghadirkan berbagai perangkat berteknologi canggih. Kali ini, giliran LG Eelectronics Indonesia (LGEIN) yang meluncurkan produk TV terbaru LG, yang diberi nama LG ProCentric V. Meski bukan barang baru, tapi perangkat ini ternyata sangat berbeda dengan televisi lainnya yang pernah diproduksi oleh LG, dengan membawa teknologi terkini. 

Salah satu perusahaan elektronik kenamaan dunia asal Jepang, LG terus melakukan inovasi dengan menghadirkan berbagai perangkat berteknologi canggih. Kali ini, giliran LG Eelectronics Indonesia (LGEIN) yang meluncurkan produk TV LG Terbaru , yang diberi nama LG ProCentric V. Meski bukan barang baru, tapi perangkat ini ternyata sangat berbeda dengan televisi lainnya yang pernah diproduksi oleh LG, dengan membawa teknologi terkini.

TV LG ProCentric V ini hadir dengan berbagai fitur yang bisa memudahkan para pelaku usaha hotel dalam menjalankan bisnis tersebut, karena memang dirancang khusus untuk para pelaku bisnis hotel di Indonesia. TV LG Terbaru ini memiliki kemampuan untuk memudahkan pengusaha hotel untuk menyampaikan informasi tentang hotel yang dikelolanya, namun juga tetap menghadirkan hiburan audio visual bagi setiap tamu yang menginap di sana.

 

Display dan Audio System

Produk TV LG Procentric V ini tersedia dalam empat varian ukuran layar, yakni 32 inci, 42 inci, 47 inci, dan 55 inci. Layar pada TV ini menggunakan jenis light emiting diode (LED), dengan model yang terang dan ramping. Desainnya sendiri memang tidak jauh berbeda dengan TV biasa kebanyakan. Hanya saja, TV khusus untuk pelaku bisnis hotel ini dilengkapi dengan beragam fitur yang akan memudahkan pengaturan manajemen TV di hotel tersebut.

Untuk sistem audionya, juga cukup standar. Bedanya, TV ini mendukung untuk penggunaan External Speaker Out, yang merupakan speaker tambahan agar memungkinkan para tamu hotel untuk dapat mendengarkan suara TV dari mana saja, bahkan hingga di kamar mandi, sekaligus juga bisa mengontrolnya. Selain itu, TV ini juga didukung dengan Swivel Stand yang memudahkan para tamu untuk menonton dari hampir semua sudut hingga 90 derajat.

 

Koneksi

Untuk mendapatkan kecanggihan dari TV khusus untuk bisnis perhotelan ini, LG menyediakan dua pilihan sistem, yaitu dengan kendali server terpusat atau dengan kendali USB. Melalui sistem inilah penyeragaman pengaturan dan pembaruan konten dilakukan, dan kemudian ditayangkan di TV LG ProCentric V yang ada di setiap kamar hotel. Kedua sistem ini tentu memiliki cara penggunaan yang berbeda, dan tergantung dengan kebutuhan hotel.

Sistem yang menggunakan kendali server terpusat, biasanya dipakai untuk kebutuhan kamar hotel dalam jumlah besar. Dengan server khusus yang dinamakan LG ProCentric Admin ini, manajemen hotel akan dapat mengatur banyak TV dalam jumlah yang tidak terbatas secara mudah. Pihak hotel cukup meng-install server tersebut, dan kemudian bisa mulai mengatur hingga mengubah program pada TV yang ada di setiap kamar, hanya dari satu tempat saja.

Sementara itu, sistem dengan kendali melalui koneksi USB, menggunakan flashdisk sebagai media pengaturan. Pengelola hotel harus memasukkan data-data promosi atau konten lain ke dalam sebuah flashdisk, dan kemudian memasangkannya pada USB di setiap TV, hingga seluruh kontennya akan diperbaharui secara otomatis. Hanya saja, proses instalasinya lebih rumit, karena harus dilakukan secara manual ke setiap TV, tetapi biayanya jauh lebih murah.

 

Fitur

Dengan teknologi canggih yang disematkan pada TV LG ProCentric V ini, manajemen hotel akan bisa melakukan sistem pengaturan otomatis pada setiap TV yang ada di kamar-kamar hotelnya, mulai dari konfigurasi ketajaman dan kecerahan warma, level audio, penyampaian konten informasi hotel, dan lainnya, termasuk juga distribusi jalur TV kabel. Semua pengaturan itu bisa dilakukan dengan mudah melalui dua fitur utama yang dimiliki TV ini.

 

Fitur Hotel Mode

Fitur ini memiliki kemampuan untuk mendukung kostumisasi kerja TV LG ProCentric V. Dengan menggunakan fitur Hotel Mode ini, pihak hotel dapat melakukan berbagai pengaturan pada TV ini, seperti mengatur tingkat kecerahan dan mode pewarnaan pada layar, serta maksimal keluaran audio agar tidak menganggu tamu lain. Pengaturan inipun akan memberikan keuntungan ekonomis, karena asupan daya listrik bisa terkontrol baik.

Tidak hanya itu, dengan fitur Hotel Mode juga bisa mengatur susunan channel siaran dan metode input. Tampilan pilihan channel pada TV LG ProCentric V ini bisa dibuat lebih sederhana, berupa kolom yang memudahkan pencarian, sehingga lebih nyaman bagi penonton. Hebatnya pula, seluruh pengaturan yang bisa dilakukan itu akan dilindungi dengan password khusus, yang dapat diatur pengelola hotel agar tidak diubah oleh tamu.

 

Fitur Wellcome Screen

Ternyata TV LG Procentric V tidak hanya bisa menghemat konsumsi listrik yang digunakan oleh para tamu hotel. Tetapi, fitur yang dimiliki TV ini juga bisa menekan biaya operasional hotel untuk mencetak selebaran informasi untuk promosi hotel dan untuk mendukung layanan bagi para tamu. Karena, fitur Wellcome Screen memungkinkan pengelola hotel untuk menayangkan semua informasi tersebut melalui TV yang ada di setiap kamar hotel.

Dengan fitur Wellcome Screen ini, tampilan layar pada setiap TV yang ada dapat diatur sesuai dengan kebutuhan, seperti untuk menayangkan informasi mengenai promosi hotel, fasilitas dan layanan yang tersedia, hingga ucapan selamat datang bagi para tamu. Fitur ini akan secara otomatis mengubah tampilan awal TV setiap kali diaktifkan, untuk menampilkan saluran khusus yang merangkum semua informasi yang ingin disampaikan pada para tamu.

 

Harga dan Kesimpulan

TV LG ProCentric V dijual dengan harga sekitar 10-15% lebih mahal dibandingkan dengan TV consumer sekelas, yakni mulai dari Rp 3,5 juta rupiah untuk ukuran paling kecil, hingga Rp 10 juta untuk varian layar lebih besar. Sayangnya, jika ingin menggunakan sistem server, pengelola hotel harus membeli programnya dengan banderol 5.000 dolar AS, atau mencapai Rp 60 juta. Sedangkan tipe sistem USB, tidak harus mengeluarkan biaya tambahan.

Seperti disampaikan oleh National B2B Sales Manager Business Solution LGEIN, Agustian Yusetia, TV LG ProCentric V ini diluncurkan untuk menyederhanakan pengaturan manajemen di industri perhotelan, dimana dipersiapkan khusus sebagai solusi unit TV bagi seluruh pelaku bisnis hotel dalam meningkatkan pelayanan kepada para tamu mereka. Saat ini, Hotel Santika Surabaya dan Hotel Rimba Jimbaran Bali sudah menggunakan TV terbaru LG ini. [ADE]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel