Lensa Tamron 90mm f/2.8 Di 1:1 - Lensa Macro Fotografi Super Tajam dan Super Dekat

16 Feb 2014 13:00 8516 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Kekuatan lensa makro adalah terletak pada jarak jangkauan fokus. Anda bisa mendapatkan lensa makro dengan harga dibawah dua juta, namun tentu kualitas dan performanya belum terlalu memuaskan. Anda memerlukan Tamron 90mm f/2.8 Di 1:1 Macro yang dikenal sebagai salah satu lensa makro third party terbaik.

Kekuatan lensa makro adalah terletak pada jarak jangkauan fokus. Anda bisa mendapatkan lensa makro dengan harga di bawah dua juta, namun tentu kualitas dan performanya belum terlalu memuaskan. Anda memerlukan lensa Tamron 90mm f/2.8 Di 1:1 Macro yang dikenal sebagai salah satu lensa makro third party terbaik.

Lensa Tamron 90mm f/2.8 Di 1:1 Macro menjadi opsi yang sangat logis ketika Anda memiliki budget yang terbatas saat hendak membeli lensa makro 1:1 produk first party. Dengan fitur, kualitas dan performa yang mumpuni, pastikan Anda dapat memperoleh hasil gambar yang sangat maksimal. Lensa ini sangat cocok bagi Anda yang memang mempunyai hobi dalam memotret benda-benda kecil dengan jarak sangat dekat.

Tamron 70-300mm f/4.5-5.6 Macro tentu saja tidak mampu memotret sedekat Tamron 90mm ini. Lagipula Tamron 90mm tersedia untuk beberapa brand DSLR populer. Sebenarnya Tamron 90mm f/2.8 Di Macro tersedia dalam dua versi, yakni versi built in motor dan versi non motor. Kami akan membahas Tamron 90mm dengan versi built in motor karena kompatibel dengan DSLR non motor body dan bermotor body. Simak review dan spesifikasi selengkapnya dari Tamron 90mm f/2.8 Di 1:1 Macro dibawah ini.

  • Desain

Tamron 90mm f/2.8 Di 1:1 Macro diperkenalkan sebagai lensa Macro Prime, sehingga Anda tidak bisa melakukan perbesaran atau zoom pada lensa ini. Panjang fokal tetap hanya 90 dan memang pada umumnya lensa makro berkualitas sering dihadirkan dalam tipe Prime. Panjang fokal 90mm membuat lensa ini memiliki bentuk yang cukup panjang, bahkan apabila Anda memutar ring fokus akan lebih memanjang hampir 80% dari ukuran body asli tanpa diputar.

Meskipun dibalut dengan bahan plastik, namun lensa ini lebih berkesan menarik dengan berbagai tampilan tulisan dan keterangan pada body lensa. Dengan ciri khas Tamron yang memberi warna emas pada blok tulisannya, yakni pada ukiran spesifikasi lensa dibagian tengah. Tersedia pula fitur scale distance yang bisa memberikan informasi mengenai detail jangkauan fokus.

Tidak lupa juga, karet pada body lensa tersedia untuk pegangan dan menjadi bagian pemutar ring fokus. Sedangkan pada bagian samping, Anda akan melihat beberapa tuas yang mungkin agak asing bagi orang yang jarang memakai lensa Macro yakni pengaturan jangkauan jarak fokus. Tuasnya dapat diatur mulai dari opsi Full, 0,5m, dan 0,3m – 0,5m. Penting bagi Anda untuk menyesuaikan dekat atau jauhnya posisi lensa dari objek yang akan di foto. Pada tuas satunya lagi tentu saja adalah tuas fokus yang bisa diatur AutoFocus dan Manual Focus.

Secara total Tamron 90mm f/2.8 Di 1:1 Macro memiliki dimensi 71.5 x 97mm dan dengan berat 405g. Cukup gagah, dan mungkin orang akan menganggapnya sebagai lensa Telephoto.

  • Fitur

Tamron 90mm f/2.8 Di 1:1 Macro dirancang dengan 9 grup dan 10 elemen kaca. Sedangkan pada bagian Aperture blade dibuat dengan 9 bilah diafragma. Angka bukaan maksimal yang mencapai f/2.8 memungkinkan Anda dapat meraih cahaya lebih banyak, meskipun angka tersebut cukup jarang digunakan untuk fotografi makro.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, lensa ini memiliki fitur motor fokus dimana Anda bisa menggunakan motor AF ini pada DSLR yang tidak memiliki motor di body. Namun patut disayangkan bahwa lensa ini tidak memiliki fitur stabilizer. Pada Tamron tersedia dengan istialah VC, sehingga untuk lebih baiknya memang Anda menggunakan stabilizer fisik berupa tripod atau penyangga lain jika dibutuhkan.

  • Performa

Tamron 90mm f/2.8 Di 1:1 Macro dianggap cukup handal dan tajam dalam fotografi benda-benda kecil.  Fokus mampu bergerak cepat dengan kualitas citra yang dihasilkan cukup prima. Sayangnya, untuk serangga-serangga kecil yang aktif bergerak cukup menyulitkan karena ketiadaan fitur VC, sehingga rawan terjadi shake.

Lensa ini memiliki bukaan ideal antara angka f/5.6 sampai f/11, dan memang dimaksimalkan pada rasio 1:1 atau perbesaran ukuran sebenarnya.  Soal ketajaman pastikan Anda tidak meragukannya, dipadukan dengan tampilan bokeh pada background yang halus. Tidak lupa juga dengan keterangan Di yang berarti lensa ini sudah didesain dengan menerapkan optik multi-coating pada permukaan. Mungkin kekurangan lain dari lensa ini adalah motor AF yang dianggap berisik, khas Tamron.

  • Tamron 90mm Macro VC

Selain Tamron 90mm non VC, ada pula pilihan Tamron SP 90mm f/2.8 DI Macro 1:1 VC USD. Perbedaannya tentu pada fitur VC atau stabilizer dan USD sebagai fitur yang mempercepat dan memperhalus kinerja motor AF. Untuk versi ini dibanderol dengan harga lebih mahal.

  • Harga dan Penggunaan

Saat ini Tamron 90mm f/2.8 Di 1:1 Macro dibanderol dengan harga berkisar Rp 3.5 jutaan untuk pasaran di Indonesia. Sangat cocok bagi Anda pecinta fotografi macro, baik itu  untuk foto serangga, bunga, maupun benda-benda kecil dengan detail yang tetap terjaga. Bahkan dengan bukaan f/2.8 membuat lensa ini cukup bagus untuk Portrait dengan bokeh halus. Lensa ini tersedia untuk DSLR dengan mount Nikon, Canon, Sony dan Pentax. [ALX]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel