Lensa Canon EF 85mm f/1.2L II USM - Lensa Canon Menjanjikan Kualitas Bokeh yang Sangat Tajam

4 Dec 2013 17:00 5855 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Sebuah perbandingan cukup jauh antara lensa bokeh seri Canon EF 85mm f/1.2L II dengan Canon EF 85mm f/1.8. Selain perbandingan kualitas dan hasil tentu saja harga berkali-kali lipat jauhnya. Ya, 85mm f/1.2 memang menjadi lensa canon idaman bagi setiap pengguna DSLR Canon saat ini.

Sebuah perbandingan cukup jauh antara lensa bokeh seri Canon EF 85mm f/1.2L II dengan Canon EF 85mm f/1.8. Selain perbandingan kualitas dan hasil tentu saja harga berkali-kali lipat jauhnya. Ya, 85mm f/1.2 memang menjadi lensa canon idaman bagi setiap pengguna DSLR Canon saat ini.

Lensa Canon EF 85mm f/1.2L II USM merupakan salah satu produk lensa Canon dari jajaran kelas profesional. Lensa ini terkenal sangat mahal untuk sebuah lensa prime dengan focal length hanya 85mm. Kualitas lensa yang hampir menyamai lensa ini adalah 85mm f/1.8, namun tetap saja 85mm f/1.2 lebih unggul di segala aspek kecuali harga.

Dengan rentan panjang fokal mencapai 85mm ditambah Aperture yang tembus hingga f/1.2 membuat lensa ini terkenal akan “kebokehannya”. Mungkin hanya kalah dibandingkan dengan lensa-lensa lama yang tembus hingga Aperture f/1.0 maupun f/0.95. Bagi Anda yang cenderung lebih menyukai fotografi portrait maupun modeling, lensa Canon EF 85mm f/1.2L II USM ini sangat cocok. Pastikan hasil gambar akan sangat memuaskan Anda.

Desain

Secara resmi Canon memperkenalkan EF 85mm f/1.2L ini sebagai lensa Telephoto Prime. Sudah pasti lensa Prime tidak dapat melakukan zoom karena memiliki panjang fokal tetap yakni 85mm. sekilas melihat dari desain lensa ini, sangat berkesan mini dan seperti layaknya lensa mahal lainnya. Pada bagian mount (belakang) body lensa cenderung mengecil dan bagian terbesar hanya pada area optik depan.

Paseban tidak melihat banyak tuas dalam lensa ini dan desainnya sangat ergonomis serta sederhana. Secara keseluruhan dimensi lensa ini hanya mencapai 91.5mm x 84mm dan berat total 1025g. Canon membalut 85mm f/1.2L ini dengan dominasi bahan magnesium alloy, bukan lagi dengan bahan plastik seperti pada lensa-lensa Prime murah non L series.

Praktis hanya ada 1 tuas pada body lensa, yakni tuas Fokus untuk Manual Fokus dan AutoFokus. Sedangkan pada bagian tengah terdapat Scale distance. Sayang sekali, lensa mahal ini tidak memiliki fitur Image Stabilizer (IS) . Ring berwarna merah di bulatan optik depan menandakan bahwa lensa ini merupakan jenis L series, yakni jajaran kelas kelas atas buatan Canon.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bagian terbesar lensa berada di optik depan. Hal ini memang benar adanya karena ukuran optik yang menonjol lebarnya dan untuk memasang filter Anda harus menggunakan filter ukuran 72mm. Keseluruhannya Canon EF 85mm f/1.2L II USD dirancang menggunakan 8 element dan 7 grup.

Performa

Untuk performa agaknya Canon EF 85mm f/1.2L cukup berani diadu dengan lensa kelas Carl Zeiss 85mm f/1.4, Nikkor 85mm f/1.4 dan lensa-lensa lain yang setara. Performa pertama yang ditonjolkan tentu saja adalah Depth of Field sempit yang mampu memberikan efek bokeh lebih dibandingkan lensa dengan f/1.4 maupun f/1.8.

Anda bisa mendapatkan foto dengan subjek utama jelas dan latar belakang sangat kabur sehingga semakin mempertegas Point of Interest. Atau bisa juga bermain dengan foreground yang kabur. Kebokehan inilah yang membuat 85mm f/1.2L sangat cocok untuk fotografi modeling, portrait maupun Still life. Selain itu dengan diafragma terbesar ini memungkinkan lensa mendapat cahaya lebih banyak. Selain itu soal ketajaman tentu saja menjadi andalan kedua karena bagaimana pun juga lensa Prime memiliki kualitas optik lebih bagus dibandingkan lensa zoom. Pada bagian dalam Aperture lensa ini memiliki 8 blade sehingga memberi kesan bokeh pada cahaya kecil menjadi sedikit persegi.

Sayangnya kecepatan AutoFokus yang ditawarkan EF 85mm f/1.2L ini kurang begitu bagus. Bagus hanya untuk pemotretan biasa, namun kurang begitu baik untuk pemotretan dengan objek bergerak dan membutuhkan waktu cepat. Namun setidaknya lensa ini masih tetap layak untuk fotografi sports. Dengan adanya fitur USM (Ultra Sonic Machine) membuat lensa ini tetap hening ketika motor AF bekerja. Sistem optik lain yang patut disoroti adalah pemasangan elemen aspherical lens  yang mampu menekan penyimpangan dan menjamin kinerja pencitraan yang sangat baik.

Kompabilitas dan Penggunaan

Canon EF 85mm f/1.2L II USM dapat digunakan pada seluruh DSLR Canon baik itu untuk kamera APS-C maupun Full Frame. Lensa ini cocok digunakan untuk fotografi modeling, portrait, still life, fashion, produk, human interest, liputan  dan lain-lain.

Harga dan Kesimpulan

Kami sudah mengatakan dari awal bahwa ini adalah lensa mahal. Untuk pasaran Indonesia Canon EF 85mm f/1.2L II USM dibanderol dengan harga mencapai Rp 25 jutaan dengan bonus berbagai aksesoris seperti Lens Cap, Rear Cap, Lens Hood dan Lens Case. [ALX]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel