Review Canon EF 180mm f/3.5L Macro USM- Lensa super Tele Macro 1.6

19 Dec 2013 23:00 2778 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Dua fungsi kompleks berada didalam satu lensa. Ya, Anda bisa menemukan itu pada lensa Canon EF 180mm f/3.5L Macro USM. Lens ini memang cukup bisa diandalkan untuk pengambilan jarak jauh dan jarak dekat. Jadi, fungsi Tele dan Macro ada dalam satu lensa ini, mengagumkan.

Introduction

Canon memperkenalkan Canon EF 180mm f/3.5L Macro USM ini sebagai Macro Prime. Namun dengan panjang fokal mencapai 180mm tetap, tentunya sudah sangat layak disejajarkan dengan berbagai macam lensa Tele lain. Ada banyak keunggulan yang dimiliki lensa ini, meskipun ada pula beberapa fitur yang hilangkan. Pastikan Anda mengerti bahwa kode “L” mengartikan bahwa Canon EF 180mm ini termasuk jajaran lensa berkualitas tinggi dari Canon. Simak ulasan selengkapnya dibawah tentang Canon EF 180mm f/3.5L Macro USM, mulai dari desain, fitur, performa, kompabilitas, penggunaan serta harga:

Desain

Kesan pertama melihat lensa ini, Anda pastikan akan menebak bahwa ini merupakan lensa Tele. Ya, dengan diafragma konstan, membuat Canon EF 180mm terlihat lebih panjang dan besar, seperti lensa sekelas 70-200mm f/2.8 maupun sekelas 200mm f/2.8. Total dimensi lensa ini mencapai 82.5 x 186.6mm, belum termasuk dari tambahan komponen lens hood. Karet tersedia dibagian tengah, dan pada sekitar depan mount terlihat lebih longgar terlebih untuk pemasangan tripod collar. Didepan karet terdapat pula scale distance untuk mengetahui porsi minimal jarak fokus. Karena merupakan seri “L”, pastinya Canon EF 180mm ini memiliki ring berwarna merah disekitar optik depan. Berlaih pada bagian samping, jangan harap Anda menemukan fitur Image Stabilizer. Yang ada hanya tuas AutoFokus ke Manual Fokus serta opsi jarak fokus dari 0.48m sampai 1.5m. Terlihat gagah dan kokoh jika lensa ini terpasang pada DSLR Anda karena lensa ini sebagian besar dibuat menggunakan bahan magnesium alloy, bukan lagi plastik.

Fitur

Satu hal yang menjadi kekurangan Canon EF 180mm f/3.5L Macro USM adalah menghilangkan fitur Image Stabilizer. Cukup miris karena ini merupakan lensa dengan harga puluhan juta dan penggunaannya cukup membutuhkan penguat akibat getaran. Namun untuk fitur lain tetap unggul dan bisa menjadi jaminan. Salah satunya adalah, Lensa ini didesain dengan tiga Element UD-Glass yang dirancang dalam rangka memperbaiki setiap penyimpangan warna yang kemungkinan bisa terjadi. Dengan US-Glass inilah warna lebih natural dan dimungkinkan minim kesalahan.  Selain itu, kelebihan lainnya adalah sudah menggunakan metode internal fokus dimana lensa tidak akan berubah panjang atau bergerak saat pengguna mengubah fokus dengan memutar dibagian depan. Internal fokus yang ada didukung pula dengan operabilitas yang lebih ditingkatkan lewat ring manual fokus yang cukup luas hingga Anda bisa lebih leluasa bermain-main fokus.

Ultra Sonic Motor (USM) tertera pada label lensa ini, jadi pastikan Anda tidak akan terganggu dengan suara motor AF yang bising, namun tetap cepat kinerjanya. Canon lebih lanjut mengklaim bahwa lensa ini mempunyai Kinerja yang cukup bagus dengan kualitas gambar tinggi 1x, bahkan saat melakukan foto close-up sepanjang rentang jarak fokus baik dari 1.57ft hingga tak terhingga. Diafragma konstan f/3.5 memang tidak sebesar lensa-lensa prime lain yang mungkin bisa mencapai f/2.8 atau f/2. Namun ketajaman boleh diadu dan cukup bokeh untuk foto close-up. Bahkan bokeh yang ditawarkan lensa ini jauh lebih baik dibandingkan dengan lensa makro sekelas 100mm atau 60mm.

Performa

Ketajaman tentu saja menjadi modal utama Canon EF 180mm f/3.5L Macro USM. Dengan minimal jarak fokus mencapai 0.48m / 1.6 ft dapat memungkinkan Anda memotret objek yang kecil lebih dekat atau bahkan sangat dekat tanpa membuat AF “kebingungan”. Detail merata pada bagian yang terfokus, sangat terlihat jelas dan itulah mengapa lensa ini sangat cocok untuk memotret serangga. Performa ketahanan pun cukup bagus, karena bahan yang digunakan bukanlah bahan murahan.

Kompabilitas

Canon EF 180mm f/3.5L Macro USM dapat dipasangkan pada semua DSLR Canon baik APS-C maupun Full Frame. Filter yang dibutuhkan untuk lensa ini sebesar 72mm.

Penggunaan

Seperti yang dijelaskan diatas, lensa ini memiliki fungsi spesifik untuk memotret benda kecil atau makro. Cocok untuk memotret serangga, bunga maupun untuk memotret benda guna  meraih detail yang jelas. Fotografi Wildlife, Candid dan portrait pun bisa jadi karena panjangnya fokal lensa ini.

Harga

Canon EF 180mm f/3.5L Macro USM saat ini dibanderol dengan harga mencapai Rp 17 jutaan untuk pasaran Indonesia. [ALX]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel