Kamera Pentax Optio WG-3: dengan fitur waterproof dan coldproof

6 Jan 2014 08:00 2715 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Kecil, serba guna, dan tetap bertampilan modern, mungkin ketiga hal tersebut layak disematkan pada kamera Pentax Optio WG-3. Ini merupakan sebuah kamera compact yang kaya akan fitur serta mampu disejajarkan dengan Point and Shoot milik produsen terkenal sekelas Sony, Canon maupun Nikon. Simak selengkapnya ulasan Optio WG-3 dibawah ini:

Introduction

Kamera Pentax Optio WG-3 merupakan kamera Compact atau poket dari produsen Pentax. Kamera ini memiliki resolusi sensor hingga 16.0 Megapiksel dengan efektif piksel 16 Megapiksel. Ada beragam fitur-fitur unggulan yang ada dalam kamera ini, namun sekilas pastinya banyak orang yang terpukau dengan tampilannya yang unik dan lain daripada yang lain. Selain itu kebutuhan fotografi, Pentax Optio WG-3 juga menyediakan fitur untuk perekaman video dengan ukuran High Definition.

Desain

Seperti yang telah dituliskan diatas, banyak orang yang mungkin terpukau melihat tampilan dan desain Kamera Pentax Optio WG-3. Benar saja karena kamera ini lebih terlihat seperti sebuah konsol game portable dibandingkan sebuah kamera. Bentuknya bukan lagi kotak, melainkan hampir seperti lonjongan atau bisa dibilang mirip konsol PlayStation Portable. Keseluruhan body kamera dibuat dengan bahan plastik berkualitas dan dilapisi karet sebagai waterproff akan kamera ini mampu tahan air. Bahan loga hanya disematkan pada bagian depan, sekitar optik. Ada banyak pilihan dan variasi warna yang bisa dipilih mulai dari warna oranye, hijau, hitam, ungu, silver dan lain-lain.

Mari kita melihat ke bagian belakang kamera dimana ada berbagai tombol kontroler yang tersedia. Tidak banyak tombol yang disediakan, dan keseluruhannya di posisikan disebelah kanan mulai dari W dan T untuk zooming, Play, tombol navigasi arah, Menu, Delete dan Shutter dibagian atas. Cukup sederhana meskipun desainnya tidak sederhana. Sayang sekali kami tidak melihat desain grip pada kamera ini untuk pegangan, bahkan disisi kanan justru tersedia sebuah plat yang kemungkinan dipakai untuk tali Strap. Sedangkan dibagian depan kamera, praktis tidak ada tombol tambahan. Body hanya didominasi dengan variasi warna, tulisan spesifikasi, kotak flash serta lensa. Totalnya, Pentax Optio WG-3 memiliki dimensi mencapai 125 x 64.5 x 32mm (WHD) dengan berat 209 g. sedangkan layar LCD yang ada berukuran mencapai 3.0 Inchi bertipe wide-LCD, Wide viewing angle, approx,  460K dots, dari jenis AR Coating.

Fitur dan performa

Kami katakan bahwa Pentax Optio WG-3 cukup lengkap untuk sebuah kamera poket. Pertama kamera ini sudah dilengkapi dengan fitur Image Stabilizer agar mampu meredam blur foto saat terjadi goncangan pada kamera. Selain itu setidaknya kamera memiliki 5 jenis ragam AutoFocus, diantaranya adalah 9-point AF, Spot AF, Auto Tacking AF, Face Detection dan Pet Detection. Shutter Speed yang tersedia memang tidak terlalu luas cakupannya, namun tetap masih standar yakni dari 1/4000 detik hingga ¼ detik menggunakan mekanik maupun elektronik Shutter. Sedangkan untuk fitur sensivitas cahaya ISO, kamera ini menyediakan angka terendah 125 dan tertinggi 6400. Hanya saja pada ISO 800, noise sudah terlihat sangat mengganggu.

Masih dianggap belum cukup, Pentax Optio WG-3 menawarkan segudang fitur Digital Scene yang sangat banyak, diantaranya adalah Auto Picture, Program, Landscape, High Dynamic Range, Handheld Night Snap, Movie, Underwater, Underwater Movie, Portrait, Digital Microscope, Flower, Interval Shot, High Speed Movie, Interval Movie, Time-Lapse Movie, 1cm-Macro Movie, Digital SR, Surf & Snow, Kids, Sport, Report, Pet, Night Scene, Night Scene Portrait, Food, Fireworks, Digital Wide, Digital Panorama, dan Green. Fitur demikian memang kurang begitu penting dalam kamera profesional, namun tetap saja ini bisa menjadi keunggulan Optio WG-3. Begitu pula denga fitur White Balance dengan opsi Auto, Daylight, Tungsten light, Shade, Fluorescent light (D:Daylight Color, N:Daylight White, W:White Light), dan Manual.

Fitur ekstra

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, kamera ini dilengkapi dengan fitur Waterproof sehingga mampu digunakan didalam air. Waterproof efektif melindungi kamera hingga kedalaman air 14 meter. Bahkan dengan Coldproof kamera ini sanggup bertahan pada suhu 10 derajat celcius, serta mampu bertahan pada kejatuhan dengan ketinggian 2 meter. Luar biasa bukan? Anda dipastikan bisa menyelam sambil eksis dibawah air dengan Pentax Optio WG-3.

Satu lagi fitur ekstra yang tersedia, yakni ketersediaan penyimpanan internal yang mencapai 70 MB selain menggunakan kartu memori.

Lensa

Jenis lensa yang digunakan adalah Pentax zoom lens dengan panjang fokal mencapai 4.5 – 18mm. Optical zoom yang mampu dicapai adalah 4x Optical Zoom dan 7.2x Digital Zoom. Sedangkan untuk Aperture mencapai F2.0 (W) - F4.9 (T).

Harga

Pentax Optio WG-3 untuk pasaran Indonesia saat ini dibanderol dengan harga sekitar 3.4 jutaan. Sangat cocok bagi Anda yang masih pemula dalam dunia fotografi maupun bagi Anda yang gemar berpetualang kamera daya tahan kamera ini yang luar biasa. [ALX]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel