Review TV Sony Bravia KLV-40EX430 - Sang Pengganti Seri EX410

17 Dec 2012 19:30 9398 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Perkembangan dan animo akan TV LED di tanah air sangat berkembang pesat. Masyarakat perlahan lahan meninggalkan televisi tabung di rumahnya dan menggantinya dengan TV LED atau LCD. Selain menghemat ruang, TV LED atau LCD ini mampu memberikan tampilan gambar yang sangat tajam dan cerah.

Perkembangan dan animo akan TV LED di tanah air sangat berkembang pesat. Masyarakat perlahan lahan meninggalkan televisi tabung di rumahnya dan menggantinya dengan TV LED atau LCD. Selain menghemat ruang, TV LED atau LCD ini mampu memberikan tampilan gambar yang sangat tajam dan cerah. Meskipun memiliki harga yang cukup tinggi, namun minat masyarakat akan teknologi yang canggih tidak bisa dibendung lagi. Dan untuk menanggapi hal ini, para produsen TV pun berbondong-bondong mengkreasikan TV LED maupun LCD yang pas untuk kebutuhan para konsumen. Salah satunya adalah TV Sony Bravia KLV-40EX430.

TV Sony Bravia ini hadir untuk menggantikan posisi EX410 yang mana juga merupakan TV LED untuk entry-level. Dibandingkan dengan pendahulunya, model terbaru ini datang dengan panel LED-backlit yang bukan versi edgelit dan mendukung fungsi Mobile High-Defintion Link (MHL). Perbedaan kecil lainnya termasuk beberapa tweak yang makin mendongkrak kemampuan dari TV ini serta konon di banderol dengan harga yang ramah. Berikut ulasan lengkap dari LED 40 inci tersebut.

Sony Bravia KLV-40EX430

Untuk merangkul estetika ramping terbaru, KLV-40EX430 mengusung bezel tipis dan berdiri pada alas berbentuk U. Kendali kontrol sentuh yang berada rendah di bagian penampang depan juga menambahkan sentuhan kelas yang ekstra, dan juga memberikan akses mudah bagi para pengguna. Hal ini sangat mudah untuk mengoperasikan TV bahkan ketika di pasangkan pada dinding rumah Anda atau dikelilingi dengan perabotan di dalam rumah Anda.

TV ini mampu memberikan Anda resolusi sebesar 1920 x 1080p yang mana akan memanjakan Anda dengan tampilan warna yang sangat tajam dengan tekstur yang juga sangat detail berkat kemampuan dari Clear Resolution Enhancer. Pergerakan objek yang cepat di dalam film yang Anda lihat pun akan terlihat sangat jelas, tajam dan halus dengan teknologi Motionflow XR 100 Hz. Fitur 24P True Cinema dari LED TV ini dapat memilih format pemutaran yang tepat secara otomatis untuk pengalaman visual yang ditingkatkan. Dan Anda masih bisa menemukan beberapa fitur lainnya yang tertanam di dalam TV ini yang antara lain Photo Frame Mode, Direct LED, Digital Noise Reduction, Live Colour, Advanced Contrast Enhancer, 3D Comb Filter, Bass Booster, Dolby Digital, 1 USB 2.0 dan 2 terminal HDMI dan PIP.

Pembeda lainnya dari pendahulunya adalah konektivitas A / V. Berbeda dengan LG 42LS3400 dan Samsung UA4H5006, Sony dilengkapi dengan PC khusus, komponen dan input video komposit yang menarik bagi pengguna dengan perangkat A / V. Port ini juga membebaskan dua terminal HDMI onboard untuk menghubungkan komponen 1080p asli seperti pemutar Blu-Ray.

Bermain video dengan kualitas 1080p dari smartphone dan tablet pada full-HD LED TV juga disederhanakan dengan kemampuan MHL-nya. Selain transmisi sinyal video dan audio menggunakan koneksi HDMI, MHL dapat mengisi daya dari smartphone Anda secara bersamaan juga. Versi ini juga dapat dibedakan dengan pendahulunya dengan fitur Radio FM onboard dan mode bingkai foto.

Meskipun dibanderol dengan harga yang murah, namun TV ini masih kalah unggul dengan LG 42LS3400 yang mana memiliki tuner digital dengan harga yang jauh lebih rendah di bawah Sony. Sony terbaru ini juga memiliki ketebalan profil sebesar 61 mm yang mana tampak lebih tebal dibandingkan dengan pendahulunya, meskipun tidak begitu signifikan untuk dibandingkan dengan merek lain di tahun 2012 ini.

TV ini dibanderol dengan harga S$749 atau jika dirupiahkan akan mendapatkan harga 5,8 jutaan. Memang harga yang terjangkau untuk TV sekelas Sony dan membawa teknologi LED di dalamnya. Memiliki fitur yang menonjol di konektivitas A / V untuk kompabilitas MHL, tetapi sayang, TV Sony ini tidak dilengkapi dengan tuner digital onboard yang mana ditanamkan oleh pesaingnya dari Korea Selatan, LG. Jika Anda memang penggemar berat produk dari Sony, maka Anda bisa memboyong pulang TV ini untuk melengkapi ruang keluarga Anda, namun jika Anda kritis menjadi konsumen, maka Anda bisa memilih LG 42LS3400 yang mana memiliki harga S$649 atau 5,1 jutaan untuk mendapatkan layar yang sedikit lebih lebar dan lebih murah. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel