Printer Canon Pixma MG7120 & MG5520, Printer yang Bisa Mencetak Melalui Jaringan Wi-Fi

23 Nov 2013 18:00 4335 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Hampir tidak pernah absen tiap bulannya, Canon selalu menghadirkan produk printer dengan berbagai varian sesuai kebutuhan. Contohnya adalah produk seri Printer Canon PIXMA. Kali ini Canon hadir dengan seri PIXMA MG7120 dan MG5520. Tentu kehadiran kedua produk terbaru dari Canon ini membuat Canon menjadi salah satu perusahaan yang tergolong produktif dalam mengeluarkan produk printer. 

Hampir tidak pernah absen tiap bulannya, Canon selalu menghadirkan produk printer dengan berbagai varian sesuai kebutuhan. Contohnya adalah produk seri Printer Canon PIXMA. Kali ini Canon hadir dengan seri PIXMA MG7120 dan MG5520. Tentu kehadiran kedua produk terbaru dari Canon ini membuat Canon menjadi salah satu perusahaan yang tergolong produktif dalam mengeluarkan produk printer. 

Perusahaan asal Jepang yang juga mengeluarkan produk berupa kamera tersebut tentu tidak ingin kalah dari para pesaingnya seperti Epson, HP, dan Brother. Printer Canon Pixma MG7120 dan MG5520 ini tentu diharapkan menjadi produk yang mampu menawarkan kemudahan dan kualitas printer bagi penggunanya.  Kedua seri ini juga diharapkan bisa mengalahkan printer pesaing pada rentang harga yang sama. Lalu bagaimana detail dari kedua produk ini? Simak ulasannya berikut ini. 

Desain

Printer Canon Pixma MG7120 dan MG5520 memiliki desain yang tegolong serupa. Dengan dimensi yang besar membuat printer ini tampak gagah dan kokoh. dari segi warna, Pixma MG7120 tampil dengan warna hitam yang lebih pekat dibandingkan dengan seri Pixa MG5520. Untuk variasi warna lain, MG5520  memiliki lebih banyak varian warna seperti merah, coklat, dan putih. Sedangkan MG7120  hanya memiliki varian lain berwarna putih. 

Perbedaan lain terletak pada dimensi layar LCD. Untuk seri printer Canon Pixma MG7120, layar LCD yang disematkan memiliki ukuran 3,5 inci dengan teknologi layar sentuh. Sedangkan untuk seri Pixma MG5520, layar LCD-nya tampil lebih kecil yaitu 2,5 inci tanpa didukung teknologi layar sentuh. Namun ukuran kecil ini bukanlah masalah besar dan mengganggu. Dapat disimpulkan, secara kesuluruhan desain dan bentuk kedua printer ini tidak ada perbedaan yang signifikan. 

Performa

Dua seri printer dari Canon ini ternyata memiliki memiliki kemampuan baik dalam hal printing (pencetakan),  scanning (pemindaian) maupun copying. Hanya saja resolusi cetak yang dihasilkan keduanya berbeda. Hal ini ditenggarai karena printer Canon Pixma MG7120 dan MG5520 memiliki jumlah tangki tinta yang berbeda. Seri Pixma MG7120 dilengkapi dengan hybrid six-tank ink system atau sistem enam tangki tinta. Sedangkan untuk seri Canon Pixma MG5520 hanya dilengkapi dengan sistem lima tangki tinta.

Tengoklah kemampuan kecepatan printer Canon Pixma MG7120! Printer ini mampu menghasilkan kualitas maksimum sampai 9600 x 2400 dpi dengan kecepatan mencetak sampai 15/ppm (paper perminute) untuk cetak warna hitam dan 10/ppm untuk cetak dengan varian warna. Printer seri ini juga dilengkapi dengan Intelligent Touch System yang memungkinkan penggunanya untuk mengatir pencahyaan warna tertentu.

Printer Canon PIXMA MG5520 tampil dengan sedikit kemampuan di bawah Canon PIXMA  MG7120. Printer ini memiliki kecepatan mencetak sampai 12/ppm untuk warna hitam dan 10/ppm untuk varian yang berwarna. Terlihat bahwa  perbedaan kemampuan cetak PIXMA MG5520 dengan PIXMA  MG7120 hanya terletak pada kemampuan cetak warna hitam. Namun Canon PIXMA MG5520 hanya mampu menghasilkan kemampuan cetak sampai 1200 x 2400 dpi. Cukup jauh bila dibandingkan PIXMA  MG7120. 

Fitur 

Yang menarik dari kedua seri printer Canon PIXMA ini adalah kemampuan mencetak langsung dari internet. Pengguna tidak perlu repot mengunduh atau menyimpan data, foto, atau dokumen terlebih dahulu. Pengguna bisa langsung mencetak apapun dari situs jejaring sosial ataupun dari layanan penyimpan awan (cloud drive).  Apple AirPrint dan Google Cloud Print, adalah dua layanan yang sudah didukung penuh oleh kedua seri printer ini. Selain itu, kedua printer ini juga memiliki fitur Access Print Mode, Fitur ini sangat berguna ketika sedang sibuk. Dengan fitur ini pengguna dapat melakukan pencetakan hanya lewat jaringan WiFi tanpa router. 

Kesimpulan

Printer Canon PIXMA MG5520 dan PIXMA  MG7120 adalah dua printer dari Canon yang bisa jadi mesin cetak utama. Khusus PIXMA  MG7120, printer ini  sangat cocok digunakan untuk mereka yang menggeluti dunia desain. Sedangkan untuk seri PIXMA MG5520, karena dpi yang dihasilkan lebih rendah, tentu lebih cocok untuk para pengguna biasa atupun kantoran skala kecil. Belum ada rilis resmi kapan tepatnya kedua printer ini akan muncul ke pasaran, hanya saja informasi tentang harga kedua seri ini sudah terungkap. Canon PIXMA MG5520 akan dibanderol dengan harga sekitar $150 dan Canon PIXMA MG7120 dijual dengan harga $200. [HMN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel