Lima Motor Sport Terbaik dan Terlaris di Indonesia

21 Aug 2013 19:30 46020 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Pengguna sepeda motor saat ini cukup tertarik dengan Motor Sport yang disuguhkan perusahaan motor dunia. Konsumen muali beralih dari motor bebek ke motor sport. Ya, walau dalam jumlah masih saja motor bebek dan skuter merajai di negara kita. Tetapi paling tidak, motor sport mendapat sambutan baik. Misalnya Kawasaki New Ninja 250FI atau Yamaha New V-Ixion Lightning yang cukup dominan di pasar motor sport. 

Pengguna sepeda motor saat ini cukup tertarik dengan Motor Sport yang disuguhkan perusahaan motor dunia. Konsumen mulai beralih dari motor bebek ke motor sport terbaik.

Ya, walau dalam jumlah masih saja motor bebek dan skuter merajai di negara kita. Tetapi paling tidak, motor sport mendapat sambutan baik. Misalnya Kawasaki New Ninja 250FI atau Yamaha New V-Ixion Lightning yang cukup dominan di pasar motor sport.

Pada event otomotif Award 2013 ada 5 motor sport terbaik di Indonesia dan juga termasuk yang paling diminati oleh konusmen. Apa-apa saja motor tersebut? Berikut ulasannya:

1.Bajaj Pulsar 135LS

Motor ini adalah motor pertama berjenis sprot-naked bike yang menggunakan mesin 135 cc. Biasanya motor sport mengguanakn mesin 125, 160, 180, 200 dan 225 cc tetapi Bajaj berani mengeluarkan hal produk berjenis ini dengan mesin 135 cc. Target pasarnya pun kaula muda yang memang doyan dengan hal yang baru dan disain yang menarik.

Motor ini dipersenjatai dengan mesin4-katup DTS-I yang menghasilkan tenaga maksimal 13,5 HP pada putaran 9000 RPM. Mesinnya sendiri menggunakan pendingan udara, menggunakan silinder tunggal SOHC, bore 54 mm dan stroke 58,8 mm dan torsi maksimal 11.4 Nm pada 7500 RPM.

Disainnya memang menarik. Menggunakan stang jepit dan jok terpisah. Disain ini menjawab kebutuhan kaula muda saat ini. Rangkanya yang bertipe Robust Single Down Tube diklaim terbuat dari bahan yang kuat namun ringan. Berat kosongnya hanya 122Kg saja. Ini ditujukan agar motor tetap lincah walau berlebel motor sport. Suspensinya menggunakan gas NitroX dibagian belakang. Membuat keseimbangan pada motor ini semakin tinggi.

2.Yamaha New V-Ixion Lightning

Ini merupakan motor sport yang paling dominan di pasar Indonesia. Disainnya yang garang menjadi salah satu daya tarik terbesar motor ini disamping memang tenaga yang bisa diandalkan. Ini merupakan produk hasil pengembangan dari produk Vixion sebelumnya. Disainnya berkiblat pada YZF-R1 baik dari segi body atau grafisnya.

Mesinnya masih menggunakan mesin lama dengan penambahan beberapa fitur dan desain yang baru. Produk ini menggunakan mesin 4 Langkah, 4 Valve SOHC-Fuel injection dan berpendingin cairan. Mesinnya bisa melontarkan tenaga hingga 11,1kW pada 8500 RPM dan torsi 13,1Nm pada 7500RPM. Yang paling banyak berubah adalah bagian disain bodynya yang semakin memiliki sudut-sudut tajam di bagian samping. Apalagi motor ini telah menggunakan ban yang lebih besar (120/70). Tekonologi injeksi dengan sensor O2 membuat pembakaran lebih sempurna.

Produk ini memiliki tipe rangka tipe Pressed Backbone (Deltabox) dengan suspensi depan Telescopic dan belakang lengan ayun, Link Supension Monocross. Pada Otomotif Award 2013 Yamaha New V-Ixion Lightning mendapat gelar Best Of The Best Spor.

3.TVS RTR 180

Secara garis besar masih sama dengan produk sebelumnya, belum ada perubahan yang signifikan. Perubahan fisiknya terlihat dari lampu, shourd, cover engine dan foot step yang membuat motor ini tampak semakin garang. Sistem kelistrikannya juga masih menggunakan sistem AC jadi, lampu tidak akan menyala bila mesin tidak dihidupkan. Tetapi ada lampu kecil pada bagian depannya yang tetap menyala walau mesin tidak dihidupkan.

Mesinnya berkekuatan 177,4 cc dengan single-cylinder, torsi 15,5Nm. Kecepatan maksimum dari motor ini bisa mencapai 121km/jam. Walau dalam kecepatan yang tinggi motor tetap stabil karena disain dan bobotnya membuatnya seimbang.

Disainnya sendiri tidak jauh berbeda dengan motor sport dari Bajaj lainnya. Tidak terlalu menunduk tidak juga terlalu tegak. Ini membuatnya pas untuk perjalanan didalam kota atau jarak pendek. Sedikit kekurangan pada motor ini adalah, sistem dual-shock yang masih di pakai membuat tampang turun. Yang kedua stoplamp facelift depan tidak disesuaikan dengan lampu belakang yang membuatnya kurang enak dilihat.

4.Bajaj Pulsar 220F

Motor ini mengedepankan performa dan akselerasi. Kalau diperhatikan disainnya sangar dengan panajaman pada bagian kepala dan belakang. Sudut - sudut pada bodynya memang tidak terlalu kompleks tetapi tetap membuatnya sangat sporty. Lampu depannya model wolf eye yang memberikan kesan sangar dan tangguh.

Produk ini menggunakan mesin 4 tak DTS-I 220  cc. Pulsar mengklaim motor ini merupakan motor yang bisa menghasilkan tenaga paling tinggi di kelasnya. Mesinnya mampu menghasilkan tenaga 21,4kW pada 8500 RPM dan torsi 19,12 pada 7000 RPM. Kecepatan maksimum motor ini bisa hingga 144KM/Jam. Dari jarak 0-60Km/jam hanya membutuhkan waktu 4 detik saja.

Sayangnya beberapa konsumen komplain mengenai ketersediaan spare parts motor ini. Karena bila parts motor rusak apalagi bagian yang diperkirakan sulit untuk rusak spare parts harus di datangkan dari perusahaan pusat. Jadi Anda bisa menunggu dalam waktu dua bulan atau lebih, bahkan hingga waktu yang tidak pasti. Ini memang menjadi kendala bagi motor-motor yang masih masuk dalam kategori pemain baru.

5.Kawasaki New Ninja 250FI

Dari semua produk, ini adalah sepeda motor yang paling mahal. Dari dulu Kawasaki terkenal akan motor sportnya dan memang mereka sudah berpengalaman. Disainnya mirip sekali dengan Moto GP, tinggi dan besar. Tetapi disain ini sebenarnya sudah pernah terlihat pada produk sebelumnya yaitu Ninja ZX6R/ZX10R, yang paling mirip adalah lampu reflectornya. Yang membuatnya paling jelas berbeda secara disain adalah bagian bawahnya. Kali ini sudah menggunakan velg terbaru dan ban yang lebih lebar membuat motor ini makin terlihat sporty dan garang.

Sepeda motor ini menggunakan mesin tipe 4 Langkah 250 cc dengan pendingin cairan. Sistem katupnya DOHC-8 Valve. Dengan mesin besar seperti ini motor dapat menghasilkan 23,5kW pada 11000 RPM dan torsi 21,0Nm pada 10000 RPM. Pembakaran pada motor ini lebih sempurna dibanding produk sebelumnya karena pada produk terbaru ini sudah menggunakan Fuel Injection. Ini juga yang membuat motor lebih irit dibandingkan dengan motor-motor sebelumnya. Sedikit kekurangannya sering terjadi kebocoran oli shock depan. Belum lagi spakbor belakangnya yang sangat tinggi, membuat penumpang akan terkena cipratan air bila sedang hujan. [RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel