Aplikasi Notepad Versi Android

13 Jun 2011 17:43 12768 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Pada Android Anda dapat menemukan aplikasi bawaan bernama Memo. Aplikasi ini digunakan untuk mengetik teks, hampir sama seperti aplikasi Office namun memiliki fungsi yang berbeda. Aplikasi yang biasa disebut *notepad* ini lebih ringan dan hanya berfungsi untuk menyimpan catatan kecil.

Pada handset Android Anda dapat menemukan aplikasi bawaan bernama Memo. Aplikasi ini digunakan untuk mengetik teks, hampir sama seperti aplikasi Office namun memiliki fungsi yang berbeda. Aplikasi yang biasa disebut notepad ini lebih ringan dan hanya berfungsi untuk menyimpan catatan kecil.

Sebenarnya aplikasi notepad memiliki beberapa fungsi lain. Namun pada notepad bawaan Android, fungsinya hanya sebatas menciptakan catatan kecil dan mengirimkannya via Bluetooth, Email, SMS (Short Message Service), IM (Instant Messaging), dan jejaring sosial.

Apabila Anda ingin mendapatkan notepad dengan fungsi lebih, Anda harus mengunduhnya dari pengembang aplikasi pihak ketiga yang bisa banyak Anda temukan di Android Market. Berikut beberapa aplikasi notepad di Android yang bisa Anda pilih:

ColorNote

Kelebihan ColorNote dari notepad bawaan Android adalah pada saat membuat catatan baru, akan muncul pilihan Text atau Cheklist. Kemampuan untuk bisa membuat Checklist pada ColorNote merupakan kelebihan yang sangat jarang. Dari beberapa aplikasi notepad yang dicoba oleh Paseban pada kesempatan ini, hanya ColorNote yang memiliki kemampuan ini.

Untuk kemudahan akses, ColorNote memiliki fitur shortcut. Anda bisa mengatur shortcut catatan yang telah Anda buat di halaman depan gadget Android Anda untuk mempermudah akses. ColorNote juga memiliki fitur Reminder yang bisa Anda atur berdasarkan waktu yang diinginkan, Contoh: Anda bisa menyimpan hari ulang tahun teman-teman Anda, dan memasang reminder untuk mengingatkan Anda setiap tahun.

Note Everything

Dengan Note Everything, Anda bisa membuat Textnote, Paintnote (memanfaatkan touchscreen Android untuk bebas menggambar objek), Voicenote, Note From Barcode, dan Note From Google Docs. Di antara semua kelengkapan ini, kekurangan Note Everything adalah tidak bisa untuk membuat Checklist dan tidak adanya fitur reminder seperti pada ColorNote.

Catch Notes

Catch Notes hanya untuk membuat catatan, namun memiliki konsep pada catatan tersebut Anda bisa meng-attach file gambar, suara, barcode, dan reminder. Kelebihan Catch Notes dibandingkan 2 aplikasi diatas adalah aplikasi ini memiliki fitur password-protect. Catch Notes juga melengkapi kekurangan Note Everything yang tidak mempunya fitur reminder. Namun kekurangan aplikasi ini adalah tidak bisa untuk menciptakan Paintnote dan tidak bisa untuk membuat Checklist.

Evernote

Pertama kali menjalankan Evernote, Anda diharuskan untuk membuat akun pada server aplikasi ini. Dan setelah login, Anda akan disuguhi notepad yang kaya akan fungsi. Pada saat membuat catatan, Anda bisa meng-attach suara, gambar, video, dan file berformat apapun. Dengan memanfaatkan Google Maps, Evernote bisa menambahkan info dimana Anda berada saat membuat catatan tersebut. Dengan sistem penyimpanan secara online memanfaatkan cloud, Anda bisa mengakses file yang Anda buat pada akun Evernote, baik file itu dibuat dari PC, MAC, atau handset Android Anda.

Dari penilaian Paseban, Evernote menjadi aplikasi notepad di Android terlengkap dengan mendukung berbagai macam file attach. Namun tetap aplikasi ini memiliki kekurangan, dan kekurangan Evernote, yaitu Checklist dan Reminder, dimiliki oleh ColorNote, serta Paintnote milik Note Everything.

Untuk saat ini, perpaduan antara ColorNote dengan Evernote akan menjadikan gadget Android Anda memiliki aplikasi notepad terlengkap. Tidak adanya Paintnote pada aplikasi Evernote bukanlah suatu masalah, karena fitur ini tidak memiliki fungsi yang signifikan. Tetapi apabila Anda menyukai kegiatan corat-coret menggunakan handset Android, Anda bisa menambahkan aplikasi Note Everything. RY

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel