Logitech Harmony Ultimate dan Smart Hub - Perangkat Teknologi Masa Depan

4 Sep 2013 12:45 2925 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Hingga saat ini, Logitech Harmony telah menjadi nama yang cukup tenar untuk sebuah produk remote user programmable. Kali ini, produk mereka cukup berbeda dari model sebelumnya. Alih-alih menggunakan IR Remote yang bisa diprogram, Harmony Ultimate, Harmony Smart Control, dan Harmony Ultimate Hub masing-masing bertugas melakukan IR-emitting ke perangkat jaringan yang memungkinkan smartphone dan tablet bertindak sebagai remote juga.

Hingga saat ini, Logitech Harmony telah menjadi nama yang cukup tenar untuk sebuah produk remote user programmable. Kali ini, produk mereka cukup berbeda dari model sebelumnya. Alih-alih menggunakan IR Remote yang bisa diprogram, Harmony Ultimate, Harmony Smart Control, dan Harmony Ultimate Hub masing-masing bertugas melakukan IR-emitting ke perangkat jaringan yang memungkinkan smartphone dan tablet bertindak sebagai remote juga.

Hardware

Hub ini terlihat hampir sama persis seperti seri Harmony Link, meskipun sedikit kurang bulat. Tidak ada port daya yang mendukung, tetapi dukungan soket micro-USB (bukan mini-USB) dan tombol pada bagian belakang tersedia untuk memasangkan atau mereset perangkat. Catu daya eksternal bergaya Wall-Wart terhubung melalui port USB yang sama dan dapat digunakan untuk memprogram Hub melalui komputer Anda. Tersedia juga LED tunggal di bagian depan yang tidak akan mengganggu aktivitas Anda saat menonton TV, malah akan memberikan umpan balik yang berharga terhadap konektivitas perangkat.

Di bagian belakang hanya tersedia dua port untuk Blasters IR eksternal, tetapi tidak terlalu diperlukan sebagai built-in IR emitter yang seharusnya bisa mengontrol perangkat yang sejajar ke Hub. Perangkat ini juga didukung dengan 802.11b/g/n Bluetooth, hanya saja saat ini baru mampu mengontrol PS3 dan Wii saja. Logitech Unity RF untuk interaksi dua arah dengan Harmony Touch serta remote sederhananya dibundel dengan Smart Control.

Tambahan Bluetooth sangat berguna bagi mereka yang bergantung pada konsol permainan yang dikendalikan oleh koneksi ini, seperti PS3 misalnya. Namun tentu saja banyaknya pilihan koneksi lebih disukai termasuk adanya dukungan RS-232 untuk kontrol dua arah atau sensor opsional seperti power dan video-out. Hal ini akan meningkatkan akurasi makro dengan mengkonfirmasi status daya peralatan tersebut.

Mungkin memang benar bahwa IR masih merupakan kontrol protokol sebuah home theater yang bersifat universal, namun di balik itu pasti ada alasan untuk menghindari adanya dukungan konektivitas tersebut. Banyak konsumen yang juga akan merasa senang jika dapat mengontrol TiVo atau DirecTV Genie melalui IP, misalnya.

Programming

Keberhasilan remote Logitech Harmony disebabkan oleh solidnya kombinasi hardware dan pemrograman yang mudah. Programabilitas berbasis cloud dari MyHarmony.com juga cukup mengesankan, namun sayangnya ketika Anda frustrasi dengan cara navigasi untuk mengedit pengaturan dan mengakses Help untuk memuat kode IR dalam diskrit HEX, Anda tidak akan mendapatkan terlalu banyak harapan. Pendekatan pemrograman berbasis cloud ternyata tidak menjamin lineup Hub itu sendiri.

Namun hal ini memungkinkan beberapa kasus penggunaan menjadi lebih praktis, seperti tidak perlunya lagi memasang remote ke PC untuk membuat perubahan. Bahkan, selain update firmware dan mengkonfigurasi WiFi pada remote Touch termasuk seri Ultimate, Anda tidak akan memerlukan penggunaan kabel USB. Tentu saja hal ini juga membuat perangkat mobile dapat berjalan sederhana seperti halnya menginstall sebuah aplikasi dan log in dengan kredensial MyHarmony.com.

Remote Harmony digunakan untuk diprogram via PC, Anda masih dapat melakukannya dengan lineup baru ini dan memang beberapa pengaturan hanya dapat dikonfigurasi seperti itu. Tapi, seperti yang mungkin Anda harapkan bahwa fitur touchscreen juga dapat digunakan untuk pemrograman. Bahkan, pengaturan awal dari Smart Control dilakukan melalui aplikasi mobile seperti memulai sync untuk memperbaharui perubahan ke remote sederhana tanpa tethering.

Beberapa penyesuaian pada aplikasi mobile seperti penempatan tombol, tidak hanya bisa dilakukan dari aplikasi itu sendiri, tetapi juga perubahan spesifik yang tidak sinkron melalui perangkat lain. Ini cukup bagus jika Anda ingin tata letak tombol pada perangkat menjadi berbeda dari teman serumah Anda misalnya, tetapi memerlukan beberapa duplikat pemrograman jika Anda ingin semuanya sama.

Remote

Masing-masing dari ketiga perangkat ini memiliki kesamaan satu sama lain yakni Hub dan pilihan aplikasi iOS/Android, namun perbedaan utama di antara ketiganya terletak pada remote. Hub yang dibanderol dengan harga $99 adalah pilihan bagi Anda yang ingin benar-benar memiliki remote dengan fisik yang memanjang dan menggunakan aplikasi smartphone eksklusif. Dengan harga yang dibanderolnya, Anda akan mendapatkan jaringan IR blaster yang terpasang dan mampu melacak keberadaan antar beberapa perangkat mobile. Fitur ini memastikan bahwa jika Anda menonton TV sambil menggunakan ponsel sebagai remote lalu kemudian Anda meninggalkan ruangan, orang lain dapat menggunakan telepon mereka sendiri dan menggunakannya sebagai remote dengan mudah.

Aplikasi iOS memiliki keunggulan di mana tampilannya terlihat bersih serta fitur key function yang dapat dikonfigurasi seperti yang Anda inginkan. Selain itu, Anda juga dapat memilih saluran favorit hanya dengan mengklik ikon jaringan. Dan tentu saja, tombol kontrol tradisional juga tersedia untuk setiap tindakan perangkat yang Anda butuhkan. Tombol dapat dihapus atau dipindahkan sesuai dengan keinginan, termasuk fungsi pencampuran dari berbagai perangkat pada satu layar. Harmony Ultimate dijual dengan harga $249, sedangkan Harmony Touch dibanderol dengan harga yang jauh lebih mahal.

Variasi terakhir adalah Harmony Smart Control, perangkat ini tipis dan tegap, seperti yang Anda harapkan dari sebuah Harmony. Harmony Smart Control menggunakan baterai jenis koin yang dapat bertahan hingga setahun lamanya. Seperti semua remote Harmony, fitur tombol off diskrit masih tidak intuitif, tapi cukup mudah untuk membiasakan diri menggunakannya.

Semua tombol utama ada di sini, tapi tidak ada tambahan yang tersedia untuk mencocokkan DVR atau tombol khusus lain. Satu-satunya keluhan pada perangkat ini adalah kombinasi tombol fast-forward/rewind dan skip forward/back yang harus ditekan agak lama.

Kesimpulan

Hub adalah perangkat tambahan yang mengagumkan bagi keluarga Harmony hingga saat ini. Perangkat ini bisa menjadi game changer untuk user-programmable, dan itulah yang Link Harmony sudah lakukan. Harga memang cukup mahal, tapi dibalik harga tentu ada kualitas yang tersimpan. Jadi Hub ini cukup disarankan kepada Anda yang memiliki smartphone yang kompatibel dengan perangkat ini, solusinya adalah jauh dari sempurna. Pertama, mungkin Anda berharap perangkat ini tidak terbatas pada IR dan Bluetooth saja, tetapi pilihan kontrol dua arah akan sangat meningkatkan pengalaman pengguna, seperti di mana protocol menjadi cepat dan lebih handal.

Item lain yang diharapkan dari perangkat Logitech Harmony ini adalah API yang terdokumentasi untuk jaringan pihak ketiga. Aplikasi termasuk yang paling utama dari semuanya, tetapi tentu ada banyak aplikasi lainnya di luar sana yang benar-benar bisa meningkatkan pengalaman home theater Anda. Setidaknya, ini adalah perangkat yang telah mewakili teknologi masa depan.  [MG]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel