Berbagai Aplikasi APN Android Widget untuk Mempermudah Pengaturan Paket Data

19 Jul 2012 20:00 6337 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Menggunakan *smartphone* rasanya kurang jika Anda tidak mengaktifkan paket data Anda untuk berselancar di dunia maya. Bukan hanya itu, *smartphone* memungkinkan Anda terhubung dengan orang-orang dengan jaringan internet yang Anda gunakan di ponsel cerdas Anda. Jadi rasanya, menggunakan ponsel cerdas tanpa menggunakan paket data internet Anda percuma saja.

Menggunakan smartphone rasanya kurang jika Anda tidak mengaktifkan paket data Anda untuk berselancar di dunia maya. Bukan hanya itu, smartphone memungkinkan Anda terhubung dengan orang-orang dengan jaringan internet yang Anda gunakan di ponsel cerdas Anda. Jadi rasanya, menggunakan ponsel cerdas tanpa menggunakan paket data internet Anda percuma saja.

Akan tetapi hal yang sering dikeluhkan pengguna smartphone adalah borosnya baterai ponsel cerdas tersebut. Tentu saja boros, karena konsumsi energi pada smartphone lebih banyak dari ponsel ber-platform biasa lainnya. Itu dikarenakan, smartphone membutuhkan energi untuk terkoneksi dengan jaringan internet dan juga aplikasi lainnya yang berjalan di latar belakang sistem Anda.

Beberapa tips menghemat baterai ponsel cerdas adalah mematikan koneksi paket data Anda dan menyalakannya saja saat membutuhkan. Hal ini bukan saja menghemat baterai ponsel Anda, tapi juga menghemat pulsa jika paket yang Anda gunakan tidak berbasis unlimited. Agak repot memang ketika kita harus bolak-balik masuk ke menu setting untuk mengaktifkan dan menonaktifkan paket data. Tapi, jangan khawatir karena sudah banyak tersedia aplikasi dan APN widget yang bisa Anda gunakan untuk mengatur paket data Anda dengan satu kali klik saja. Berikut ini APN widget bagi smartphone ber-platform Android.

APN - Switch

APN Android widget ini sangat sederhana. Hanya dengan satu klik saja, Anda bisa mengaktifkan atau menonaktifkan paket data internet di ponsel cerdas Anda. Aplikasi gratis yang dikembangkan oleh Adrian Ulrich ini memiliki ukuran kecil, yaitu 41,99 kb. Jika Anda ingin mengunduhnya dan merasakan widget simple bermanfaat ini bersama 4.883 orang lainnya, Anda bisa mengunduhnya di Google Play.

Jika sudah, seperti widget lainnya, letakkan widget ini di home screen Android Anda agar bisa digunakan. Jika belum tahu cara memunculkan widget, pada menu home screen klik menu yang terletak di sebelah kanan ponsel Anda, lalu masuk ke widget dan klik APN widget ini.

APN & Data Switch Lite

Lebih dari sekedar APN widget, ini merupakan sebuah aplikasi yang bisa menjadi pengaturan paket data Anda. Aplikasi ini dikembangkan oleh Jan Pitter dengan ukuran 569 kb. Sudah diunduh sebanyak 1.300-an lebih para pengguna android. Aplikasi ini menyediakan 3 widget sekaligus, yaitu Switch APN, Switch Data, dan Switching Start/Stop. Anda bisa memilih apakah apn widget yang ingin Anda letakkan di home screen atau widget lainnya.

Pada menu pengaturan aplikasi ini, mempersilakan Anda untuk mengatur paket data Anda sendiri. Dengan beragam font dan warna, aplikasi ini terlihat lebih menarik. Anda bisa mengatur tampilan data dan apn widget Anda di sini. Untuk pengaturan on-off secara otomatis juga tersedia di aplikasi ini. Anda bisa memilih night mode, misalnya agar paket data mati secara otomatis setiap pukul 22:30 hingga 07:00 yang meruapakan jam Anda tidur dan tidak menggunakan paket data Anda.

Jika tidak ingin menggunakan widget, Anda bisa memilih untuk menampilkan data dan APN switch ini pada notification bar agar menjadi menu shortcut untuk masuk ke menu pengaturan paket data yang sebenarnya. Jika Anda ingin memiliki aplikasi ini, silakan unduh di Google Play.
Data Enabler Widget

Ini merupakan APN widget lain yang bisa Anda coba. Dikembangkan pleh Farproc, aplikasi ini juga cukup sederhana. Dengan fungsi utama untuk mengatur data enabled di ponsel cerdas Anda. Aplikasi ini berukuran 312 kb dan sudah diunduh oleh lebih dari 4 ribu orang pengguna Android. Download secara gratis widget ini di Google Play.

2G - 3G On Off

Untuk APN widget kali ini adalah widget yang berfungsi menjadi shotcut untuk masuk ke pengaturan di mana Anda bisa mengubah jenis network pada ponsel Anda. Widget ini dikembangkan oleh Cuvefish dan sudah diunduh sekitar 8000-an pengguna Android. Dengan berukuran 103 kb, aplikasi ini cukup memudahkan Anda masuk ke pangaturan agar Anda bisa menggunakan jaringan 3G pada ponsel Anda. Lebih cepat, lebih mudah. Widget ini gratis dan bisa Anda download di Google Play. [ZH]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel