1

Nokia akan Mem-PHK 4000 Karyawannya

21 Feb 2012 08:00 2130 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Nokia akan memutuskan hubungan kerja 4000 karyawannya di tiga negara. Rencananya, pihak Nokia akan memberlakukan hal tersebut secara bertahap hingga akhir tahun 2012. Para karyawan yang putus hubungan kerja (PHK) akan diberikan pesangon sesuai upah minimum lokal hingga karyawan tersebut mendapatkan pekerjaan lain.

Nokia akan memutuskan hubungan kerja 4000 karyawannya di tiga negara. Rencananya, pihak Nokia akan memberlakukan hal tersebut secara bertahap hingga akhir tahun 2012. Para karyawan yang putus hubungan kerja (PHK) akan diberikan pesangon sesuai upah minimum lokal hingga karyawan tersebut mendapatkan pekerjaan lain. Ketiga pabrik yang akan ditutup tersebut berada di Salo, Finlandia, kota Komarom, Hungaria, dan Raynosa, di Meksiko.

Para karyawan di tiga pabrik tersebut bekerja khusus untuk melayanin kebutuhan pasar smartphone Nokia di wilayah Eropa dan Amerika. Namun, akibat keputusan tersebut, proses perakitan perangkat akan berpindah ke wilayah Asia. Menurut Executive Vice President Markets Nokia, Niklas Savender, keputusan ini untuk meningkatkan penjualan produk. "Dengan semakin dekat pemasok, Nokia akan lebih inovatif dan kompetitif dalam mengembangkan produk" ujarnya.

Savender pun menyadari bahwa perubahan ini dapat menyulitkan karyawan. Namun, pihak perusahaan akan tetap mendukung mereka selama masa transisi tersebut. Pada akhir 2011 yang lalu, Nokia pun telah menutup salah satu pabrik mereka di Rumania dan memindahkannya ke wilayah Asia. [MS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel