Konten Seluler Indonesia Digemari Dunia

2 Apr 2011 22:37 4842 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Konten seluler dalam Ovi Store, hasil kreasi anak bangsa Indonesia, ternyata digemari jutaan masyarakat pengguna komunikasi nirkabel dunia.

Kuta - Konten seluler dalam Ovi Store, hasil kreasi anak bangsa Indonesia, ternyata digemari jutaan masyarakat pengguna komunikasi nirkabel dunia.

"Dari sekitar puluhan pembuat konten di Tanah Air, beberapa di antaranya memperoleh sukses yang cukup membanggakan, termasuk pasar di luar negeri," kata Service Marketing Manager Nokia, Maretha Dewi, saat berada di Kuta, Bali, Sabtu (2/4).

Berdasarkan catatannya, saat ini ada sekitar 90 tim atau perusahaan yang membuat konten seluler untuk masuk dalam layanan Ovi Nokia.

Menurutnya, ada konten kreasi Indonesia yang diunduh oleh sekitar 1,2 juta orang di dunia. Konten itu berkaitan dengan tema (themes) untuk telepon selular Nokia.

Selain konten tema itu, menurut dia, ada juga yang berjenis permainan cukup banyak digemari oleh masyarakat dunia, karena kreasi itu menarik dan mudah dimainkannya.

"Jumlah yang mengunduh konten tersebut diperkirakan akan terus meningkat, sebab masih banyak orang yang memasukkan ke dalam telepon selularnya," ujarnya.

Maretha mengatakan, hebatnya lagi, konten tersebut masih tergolong baru karena hanya beberapa bulan saja dimasukkan dalam "Ovi Store" Nokia.

Hal itu cukup membanggakan, sehingga pihaknya terus mendorong para pembuat konten untuk bisa menghasilkan kreasi yang lebih baik lagi.

"Selain itu, kami juga terus mencari bakat-bakat baru dan membuka kesempatan sebanyak-banyaknya kepada pembuat konten lainnya untuk memberikan hasil ciptaannya ke Nokia," katanya.

Diakui dia, beberapa usaha dilakukan pihaknya untuk mendorong para pembuat konten lokal agar mau bekerja sama dengan Nokia, salah satunya dengan memberikan pelatihan secara gratis.

Selain itu juga, pihaknya terus mencari informasi daerah di Indonesia yang memiliki potensi akan adanya pembuat konten tersebut.

Dijelaskan, secara keseluruhan ada 25.000 jenis konten yang terdapat dalam "Ovi Store". Dari jumlah tersebut belum terlalu banyak konten yang berasal dari Indonesia. [TA/Ant]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel