1

Rekomendasi Aksesoris Kamera DSLR Agar Kinerja Kamera Menjadi Maksimal

29 Mar 2013 18:00 2784 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Kamera merupakan salah satu kebutuhan Anda dalam menjalani aktifitas. Memang kamera merupakan sesuatu yang tidak hanya berdiri sendiri. Butuh aksesori lain yang harus menompang agar kinerja kamera maksimal. Anggapan ribet memang terjadi pada realitanya. Meski pendapat itu tidak sepenuhnya benar, dan bisa juga tidak sepenuhnya salah.

Kamera merupakan salah satu kebutuhan Anda dalam menjalani aktifitas. Memang kamera merupakan sesuatu yang tidak hanya berdiri sendiri. Butuh aksesori lain yang harus menompang agar kinerja kamera maksimal. Anggapan ribet memang terjadi pada realitanya. Meski pendapat itu tidak sepenuhnya benar, dan bisa juga tidak sepenuhnya salah.

Tapi jika Anda memilih aksesoris kamera, seharusnya mempertimbangkan dulu kebutuhan Anda dalam memotret, sehingga aksesoris yang sudah Anda beli tidak akan terbengkalai dan mubazir.

Berikut adalah Aksesoris kamera DSLR yang memang harus Anda miliki dan dibawa sebagai pengguna kamera DSLR. Khususnya bagi Anda yang ingin menjadi seorang fotografer profesional. Berikut adalah aksesoris dan alat-alat tersebut:

Alat yang harus Anda miliki adalah Baterai Cadangan, sepertinya ini tampak sepele dan sering terabaikan oleh banyak fotografer pemula bahwa baterai ekstra memiliki peran yang sangat penting bagi fotografer. Tentunya akan sangat merugikan ketika berlibur dan dalam moment penting, dan tengah foto-foto, atau kegiatan berburu foto yang lain, kita bisa kehilangan momen luar biasa disebabkan tiba-tiba baterai kamera Anda habis.

Dalam memilih baterai cadangan, kita dapat membeli baterai yang original atau bisa juga membeli baterai third party yang secara harga tentunya bisa lebih murah. Baterai cadangan ini juga bisa disematkan langsung ke kamera Anda dengan bantuan grip.

Camera Case atau Tas Kamera ini merupakan sebuah aksesoris yang wajib dan sangat penting bagi Anda pengguna kamera DSLR. Tas kamera sangat jelas diperlukan karena kita harus memikirkan aksesori apa yang perlu kita bawa ketika kita bepergian. Seperti halnya baterai cadangan, kartu memori, filter, dan lain-lain yang masing-masing akan membutuhkan tempat di tas Anda. Dan juga akan melindungi bagian tubuh kamera Anda.

Setelah Anda tahu apa yang perlu dibawa sesuai dengan kebutuhan Anda, ini akan menjadi sebuah pertimbangan sebelum menentukan jenis tas atau ransel sesuai dengan apa yang kita butuhkan. Semakin banyak padding dan proteksi eksternal semaikin bagus, karena kita dapat membawa peralatan dengan lengkap dalam satu waktu. Selain itu peralatan Anda akan aman dari hal-hal yang ada di luar yang mungkin bisa masuk dan mengotori kamera DSLR yang Anda bawa.

Filter UV

Dari namanya sudah jelas bahwa kegunaan dari aksesoris ini adalah guna filtering sinar UV atau matahari, tetapi umumnya fotografer menggunakannya sebagai pelindung lensa. Sebuah filter UV ditempatkan di atas lensa dan berfungsi untuk melindungi lensa dari debu, kotoran, dan goresan. Filter UV, memiliki harga berkisar antara Rp 50 ribu hingga Rp 1 juta bahkan lwbih, tergantung pada merk dan kualitas yang mempengaruhinya, Anda harus memiliki aksesoris ini jika Anda tidak ingin terjadi masalah terhadap lensa yang Anda pakai.

Cleaning Kit

Merupakan aksesoris penting yang Anda gunakan untuk kamera DSLR Anda. Tidak peduli apakah kita menggunakan filter UV atau tidak untuk lensa kita, yang jelas kita membutuhkan aksesoris Cleaning Kit di dalam tas dan wajib dibawa ke mana pun. Cleaning Kit untuk kamera DSLR biasanya terdiri dari, Kain Microfiber untuk membersihkan sidik jari dan noda. Sebuah blower debu untuk menyingkirkan debu yang menghalangi lensa.

Hard Drive Eksternal

Merupakan aksesoris penting, jika kita awalnya terbiasa dengan kamera saku dengan ukuran file yang tidak terlalu besar, dengan beralihnya Anda ke kamera DSLR Anda harus siap menghasilkan gambar dengan ukuran file yang besar. Kamera DSLR menghasilkan output jenis file jauh lebih besar, terutama ketika kita mengambil gambar pada resolusi super tinggi, RAW, atau format video HD.Agar Anda tidak terganggu dengan masalah penyimpanan sejumlah file besar dan banyak, Hard Drive Eksternal merupakan solusi dari masalah Anda. Begitu pula file Anda yang penting akan terselamatkan dengan kehadiran aksesoris ini. Semakin luas danbesar kapasitas hard driev eksternal semakin baik, apalagi hingga menyentuh 1 TB. Selain memperbanyak jepretan, kegunaannya jelas untuk mem-back up file Anda agar data Anda tidak hilang.

Tripod

Merupakan kunci utama menghasilkan jepretan yang tajam, memotret diri sendiri, dengan bidikan yang lama tidak berubah, dan sangat membantu ketika sedang pemotretan dengan cahaya rendah.

Namun demikian, begitu banyak jenis tripod yang dapat kita pilih. Sebagai permulaan, mencari tripod, cari dan belilah tripod berbahan serat karbon yang ringan dengan ketinggian standar dengan kemampuan memutar secara vertikal untuk gambar potret.

Kamera dapat mengatur angelnya di posisi tanpa kita tahan terus-menerus yang akan membuat kita pegal memegangnya. Dengan kehadiran tripod ini membantu Anda mengatasi masalah itu. Jadi aksesoris ini sangatlah berguna. [GIL]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel