1

Instagram Telah Tersedia Untuk BlackBerry OS 10

11 Mar 2013 15:00 2404 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Asyik, Instagram kini tersedia untuk Blackberry 10, meskipun baru versi ujicoba tapi cukup untuk mengakomodasi pengguna Blackberry yang ingin tetap eksis di Instagram.

Beberapa waktu yang lalu Instagram telah mengeluarkan pernyataan bahwa pihaknya tidak akan mengeluarkan versi BlackBerry 10, setidaknya dalam waktu dekat. Dengan munculnya pernyataan ini, berarti pupuslah sudah harapan para pengguna BlackBerry OS 10 akan kehadiran aplikasi photo sharing yang satu ini.

Namun sepertinya Instagram tidak serta-merta melupakan Android. Kini telah hadir versi porting dari aplikasi Instagram Android untuk BlackBerry 10. Hal ini tentunya menjadi pedang bermata dua untuk perangkat BlackBerry 10, mengingat hasil port dari platform lain biasanya tidak bekerja secara maksimal dibanding aplikasi yang menang dikeluarkan untuk sebuah platform.

Dengan menggunakan fungsi sideload yang lumrah dilakukan menggunakan Windows/Mac, kita bisa memasukkan aplikasi hasil porting platform lain ke perangkat BlackBerry 10. Menggunakan fungsi ini berarti kita masih mampu menggunakan aplikasi instagram pada perangkat BlackBerry 10, meskipun interface dan layoutnya merupakan interface dan layout dari versi Androidnya. Hal ini pasti mampu menjadi sebuah berita menggembirakan untuk para penggemar operating system besutan BlackBerry ini.

Alasan Instagram untuk tidak mengembangkan versi BlackBerrynya masih menjadi pertanyaan. Pihak Instagram sendiri hanya memberikan pernyataan singkat tentang ketidaktersediaannya Instagram pada platform BlackBerry 10. Statement yang dikeluarkan oleh pihak Instagram sendiri berbunyi, "Tidak akan ada aplikasi native Instagram untuk platform BlackBerry 10. Hal ini tidak akan terjadi, setidaknya dalam waktu dekat ini.”

Aplikasi Instagram telah memiliki banyak versi native untuk berbagai platform. Instagram yang baru-baru ini tersandung masalah perihal term of servicenya ini berkali-kali dihubungi oleh BlackBerry perihal pengadaan aplikasi native untuk platform terbaru BlackBerry, namun Instagram tetap bergeming.

Meskipun berbagai negosiasi tengah berlangsung untuk pengadaan aplikasi nativenya, toh para pengguna BlackBerry 10 kini dapat menggunakan versi sideload dari Instagram untuk Android yang telah diport. Dengan menggunakan cara ini, para pengguna Instagram yang juga menggunakan perangkat BlackBerry 10 tetap dapat menggunakan Instagram dengan bebas.

Namun ada beberapa kendala sehubungan dengan instalasi aplikasi Instagram ini. Dikarenakan bukan versi asli yang ditujukan untuk platform BlackBerry 10, penggunaan aplikasi ini tidak akan selancar versi native-nya. Beberapa tersimonial pengguna mengatakan bahwa aplikasi ini berjalan tidak selancar biasanya. Berbagai lag kerap terjadi, dan kinerja perangkat BlackBerry 10 juga dirasa lebih lambat dari biasanya. Namun para pengguna tetap Instagram memilih resiko tersebut. Mereka siap menanggung resiko dari penggunaan aplikasi non-native ini sembari menunggu aplikasi native Instagram untuk BlackBerry 10 disetujui dan diluncurkan.

Sebelum dapat menggunakan aplikasi Instagram ini, penggunanya harus melakukan proses registrasi menggunakan perangkat Android atau iOS terlebih dahulu, bahkan tidak dapat menggunakan browser seperti biasa. Inilah salah satu kelemahan yang tersingkap dari versi port dari Instagram Android yang di-sideload ini. Selain itu, testimonial pengguna yang lain juga menyebutkan bahwa aplikasi ini tidak mampu untuk melakukan proses penghapusan gambar. Ada juga beberapa hal yang dapat menyebabkan aplikasi not responding dan freezing. Cara tercepat untuk menyelesaikan hal ini adalah dengan menutup Instagram versi sideload ini dan membukanya kembali.

Di samping beberapa kelemahan seperti penjelasan di atas, aplikasi ini berjalan dengan sangat baik untuk mengambil gambar dan menyimpan serta melakukan proses sharing. Anda yang merupakan penggemar Instagram pasti tidak akan terganggu dengan beberapa hal kecil yang ada, karena proses utama dari aplikasi Instagram ini masih nyaman digunakan.

Sementara para penggila Instagram harus cukup puas dengan kehadiran Instagram untuk BlackBerry 10 dengan cara sideload, pihak BlackBerry sendiri menyatakan bahwa BlackBerry akan terus mengajukan permintaan kepada Instagram untuk ketersediaan versi native dari aplikasi ini untuk BlackBerry 10. "BlackBerry dan Instagram memiliki hubungan yang erat. Kami terus mengusahakan kehadiran aplikasi native Instagram untuk perangkat BlackBerry 10, namun kami belum mampu mengumumkan tanggal ketersediaan aplikasi tersebut dalam waktu dekat,” ujar Martyn Mallick, VP Global Alliances BlackBerry.

Bagaimana kelajutan Instagram untuk platform BlackBerry 10 ini? Semoga saja versi native dari Instagram akan tersedia untuk BlackBerry 10, sehingga para pengguna Instagram tidak akan ragu untuk menggunakan BlackBerry versi terbaru ini. [BAM]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel