1

4 Fitur Paling Diinginkan di Android Key Lime Pie

5 Mar 2013 22:00 3898 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Sudah tidak dapat dipungkiri lagi bahwa versi Android terbaru dari Google akan segera hadir dan terpasang di smartphone keluaran terbaru, meskipun Google sendiri belum memberikan info apapun soal keberadaan versi Android baru tersebut.

Sudah tidak dapat dipungkiri lagi bahwa versi Android terbaru dari Google akan segera hadir dan terpasang di smartphone keluaran terbaru, meskipun Google sendiri belum memberikan info apapun soal keberadaan versi Android baru tersebut. Dengan nama Android Key Lime Pie yang memiliki awalan huruf K sesuai dengan nama versi Android yang mengikuti abjad, Android 5.0 ini sudah digosipkan akan muncul di smartphone Nexus 4 yang rilis tahun lalu, meskipun akhirnya Nexus 4 menggunakan Android Jelly Bean. Namun, nampaknya Motorola X Phone akan menjadi smartphone pertama yang menggunakan Android Key Lime Pie yang akan diumumkan di Google IO, sebuah acara konferensi tahunan yang diselenggarakan Google, sebagaimana ditunjukkan oleh sebuah dokumen Qualcomm yang bocor.

Lalu, sebetulnya seperti apa Android Key Lime Pie tersebut? Atau lebih tepatnya, apa saja yang diinginkan pengguna Android terhadap versi berikutnya dari OS favorit mereka ini? Android memang sudah merupakan OS yang memiliki sangat banyak opsi dan tampilan, namun tentu masih banyak celah yang masih bisa diperbaiki Google terhadap OS andalannya ini. Berikut adalah beberapa fitur yang diharapkan muncul di Android Key Lime Pie yang akan datang.

Opsi untuk tidak melakukan update

Berbagai aplikasi sering diupdate oleh developer secara berkala untuk mendapatkan fitur baru yang dikembangkan agar penggunaannya optimal. Namun, kadang pengguna merasa bahwa versi aplikasi yang sekarang digunakan sudah nyaman dan tidak ingin melakukan update terhadap aplikasi tersebut. Pengguna aplikasi The Times, misalnya, banyak yang masih menggunakan versi beta karena diberikan akses gratis selama setahun. Jika Android bisa memberikan opsi untuk tidak perlu diberi notifikasi untuk mengupgrade aplikasi, pengguna pun tidak akan merasa terganggu setiap kali didorong untuk melakukan update.

Profil performa

Ketika akan tidur, beberapa pengguna merasa banyak sekali yang harus dilakukan untuk mengatur perangkat Android miliknya agar tidak menghabiskan baterai. Mematikan suara, mematikan layanan data, mengaktifkan mode pesawat, dan berbagai macam lagi. Yang dibutuhkan di Android Key Lime Pie nampaknya adalah sebuah cara yang mudah untuk mengatur performa dan sekaligus mengatur penggunaan daya. Saat ini sudah ada Blocking Mode di Samsung Galaxy S III dan Note 2, namun fitur seperti mode gaming untuk tenaga maksimal, dan mode membaca untuk layar redup mungkin akan jauh lebih membantu.

Keyboard tanpa ketik

Berbagai produsen telah mengalahkan Google sendiri dalam hal yang satu ini, yaitu membuat keyboard alternatif di smartphone mereka. Sony dan HTC memberikan opsi keyboard yang mirip dengan aplikasi Swype di mana pengguna tinggal menggeser jari mereka melalui huruf yang ingin digunakan, dan fitur seperti ini terbukti sangat berguna. Jika fitur ini telah muncul di Android pasti akan lebih memudahkan.

Memilih banyak kontak sekaligus

Daftar kontak di Android nampaknya masih bisa dikembangkan lebih lanjut lagi. Gangguan utama yang ditemukan adalah ketika akan mengirim SMS atau email ke banyak orang, yang harus dilakukan adalah menambahkan satu kontak, lalu menambahkan kontak-kontak berikutnya satu per satu. Jika Android berikutnya memasukkan fitur daftar ceklis untuk memilih banyak kontak sekaligus dan bahkan membuat daftar kirim tersendiri dari semua kontak yang dipilih tersebut, tentunya mengirim SMS dan email akan terasa menjadi jauh lebih mudah. [KEV]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel