1

Delapan Tanda Buruk Kecanduan Facebook dan Berbagai Sosial Media Lainnya

10 Mar 2013 15:00 4340 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Jejaring sosial merupakan salah satu penemuan terbaik yang ada di dunia internet. Menyediakan tempat untuk berkomunikasi antar manusia di berbagai penjuru dunia merupakan ide brilian yang tidak pernah ada sebelumnya. Namun di balik semua itu ada sebuah bahaya yang cukup mengancam yaitu efek ketagihan atau kecanduan. Kecanduan Facebook dan berbagai macam sosial media lainnya kini salh satu penyakit berbahaya yang menjangkit para pengguna internet.

Jejaring sosial merupakan salah satu penemuan terbaik yang ada di dunia internet. Menyediakan tempat untuk berkomunikasi antar manusia di berbagai penjuru dunia merupakan ide brilian yang tidak pernah ada sebelumnya. Namun di balik semua itu ada sebuah bahaya yang cukup mengancam yaitu efek ketagihan atau kecanduan. Kecanduan Facebook dan berbagai macam sosial media lainnya kini salah satu penyakit berbahaya yang menjangkit para pengguna internet.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini Paseban akan membahas beberapa tanda kecanduan sosial media yang harus Anda ketahui. Jika ada tanda-tanda yang sudah menjangkit diri Anda, maka Anda dapat mulai mengobatinya sekarang.

Tanda 1: Berniat Untuk Mengerjakan Tugas di Internet, tapi Malah Membuka Facebook & Twitter

Tanda pertama ini merupakan hal yang paling terjadi kepada orang yang kecanduan sosial media. Pada awalnya ia berniat untuk mengerjakan tugas atau mencari referensi tugas melalui internet, tapi entah kenapa situs yang ia buka pertama kali pastilah Facebook.com atau Twitter.com. Bahkan karena saking seringnya, beberapa orang melakukan itu dengan refleks dan tanpa disadari ketika mereka membuka browser.

Tanda 2: Lebih Banyak Menggunakan Smartphone Untuk Membuka Sosial Media

Smartphone merupakan sebuah perangkat yang luar biasa, maka dari itu perangkat tersebut diberi label "smart” alias "cerdas”. Anda dapat melakukan berbagai macam hal dengan menggunakan smartphone tersebut. Akan tetapi, jika Anda hanya menggunakan smartphone yang Anda miliki untuk membuaka Facebook, Twitter, atau Google Plus saja, maka itu merupakan tanda-tanda bahwa Anda kecanduan Facebook atau sosial media lain.

Tanda 3: Terus Menerus Mengeceknya Walaupun Anda Tahu Tidak Ada Notifikasi Baru

Pernahkah Anda membuka news feed atau timeline, memberikan like, komentar, ataupun meretweet, kemudian menutup ponsel Anda dan lima menit kemudian Anda membukanya kembali dan melakukan hal tersebut kembali? Jika sering, maka itu adalah tanda nyata Anda kecanduan sosial media.

Tanda 4: Banyak Layanan Web yang Tersambung ke Sosial Media 

Coba hitung berapa aplikasi dan layanan internet yang terhubung ke Facebook dan Twitter Anda? Instagram, Foursquare, Tumblr, Kaskus? Jika Anda tidak ingat dan tidak dapat menghitungnya, maka itu merupakan salah satu tanda kecanduan sosial media.

Tanda 5: Langsung Membuka Sosial Media Ketika Bangun Pagi dan Sebelum Tidur

Jika Anda menjadi orang pertama yang menulis status ataupun tweet di pagi hari dan juga selalu mengucapkan selamat tidur sebelum Anda tidur di malam hari, maka hal tersebut juga mencirikan Anda sebagai pecandu sosial media. Perlu Anda ingat, menggunakan laptop dan smartphone sebelum Anda tidur merupakan hal yang berbahaya karena Anda akan mengalami kesulitan untuk tidur. Hal tersebut tidak lepas dari sensor alamiah yang dimiliki otak kita yang menganggap bahwa hari masih siang ketika mata kita melihat sesuatu yang terang seperti layar komputer ataupun layar smartphone. Jadi biasakanlah diri Anda untuk tidak menggunakan komputer dan smartphone sebelum tidur.

Tanda 6: Sering Membuka Sosial Media Ketika Sedang Berkumpul bersama Teman-Teman

Pernahkah Anda berkumpul dengan teman atau keluarga namun Anda lebih sering membuka ponsel Anda ketimbang berinteraksi dengan mereka? Atau mungkin Anda tidak memperhatikan topik pembicaraan mereka? Jika hal tersebut terjadi kepada Anda, maka dapat dipastikan Anda sudah kecanduan internet.

Tanda 7: Sharing Berbagai Hal

Tanda kecanduan lainnya yang mungkin sudah menimpa Anda adalah melakukan sharing berbagai hal, seperti melakukan sharing setiap video Youtube yang Anda tonton, foto instagram yang Anda lihat, dan juga artikel yang Anda baca. Sehingga wall Facebook maupun timeline Twitter Anda akan dipenuhi oleh hal-hal tersebut.

Tanda 8: Melakukan Check-in di Rumah

Jika Anda sering melakukan check-in Facebook ataupun Foursquare di tempat umum seperti restoran ataupun Mall mungkin hal tersebut tidak menjadi masalah. Namun jika Anda melakukan check-in di rumah Anda sendiri, maka Anda adalah orang terbodoh yang ada di dunia ini. Pasalnya, hal tersebut akan memperbesar peluang terjadinya perampokan dan tindakan kriminal lainnya di rumah Anda. Nah, itulah tanda-tanda kecanduan sosial media yang harus Anda hindari. Jika Anda sudah terlanjur menderitanya, maka sekaranglah waktu yang tepat untuk mengatasinya.[GAN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel