1

Perjalanan Sistem Operasi Symbian ^3

8 Dec 2011 19:00 5226 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Symbian ^3 pertama kali diperkenalkan di Mobile World Congress 2010 pada tanggal 15 Februari 2010. Symbian ^3 merupakan versi ketiga dari sistem operasi Symbian, yang membawa banyak perangkat tambahan yang dibutuhkan dan perbaikan di tiga bidang utama.

Symbian ^3 pertama kali diperkenalkan di Mobile World Congress 2010 pada tanggal 15 Februari 2010. Symbian ^3 merupakan versi ketiga dari sistem operasi Symbian, yang membawa banyak perangkat tambahan yang dibutuhkan dan perbaikan di tiga bidang utama yakni; Graphical User Interface, Multimedia dan Kinerja. Sistem operasi dirancang untuk menjadi generasi mendatang dari platform Smartphone.

Symbian ^3 Software Development Kit (SDK) telah dirilis pada bulan September 2010. Symbian ^3 dibangun pada Symbian OS 9.5 dan Nokia N8 adalah ponsel pertama yang berjalan pada sistem operasi ini. Selain itu ada pula Nokia C6-01, Nokia E7, Nokia C7, Nokia E6, Nokia X7, dan Nokia model terbaru termasuk 500, 600, 603, 700, dan 701.

Symbian ^3 adalah sistem operasi sederhana, lebih baik dan lebih cepat. Ia menampilkan arsitektur grafis 3D baru dan dukungan display eksternal melalui port HDMI. Symbian ^3 juga memiliki tiga layar home dengan widget manajer dan menu tekan. Dengan 3 home screen yang dapat berubah, ini membuat pengguna dapat menyesuaikan home screen sesuai dengan yang mereka sukai.

Terdapat pula dukungan gerakan multi-touch seperti menjentikkan untuk menggulir dan mencubit untuk memperbesar, membuat ponsel Symbian dapat digunakan lebih mudah lagi.
Pada bulan April 2011, perusahaan merilis update dari Symbian 3 bernama Symbian Anna bersama-sama dengan dirilisnya Nokia E6 dan X7. Upgrade ini datang dengan beberapa perangkat tambahan seperti browser web mobile merek baru, ikon segar, dan home screen yang dapat beralih. Upgrade ini juga tersedia untuk download untuk handset Nokia lainnya seperti N8, E7 C7 dan C6-01 melalui update Over the Air (OTA) atau melalui Nokia Ovi Suite / Software updater.

Pada bulan Agustus 24, 2011, Symbian Belle resmi dirilis sebagai update untuk Anna. Nokia tetap menjadi vendor pertama yang meluncurkan produk yang pre-loaded dengan update yaitu Nokia 600, 603, 700 dan model 701. Perbaikan utama yang telah ditambahkan ke update ini diantaranya adalah adanya integrasi fitur Near Field Communication (NFC), 6 modifikasi home screen, dan widget baru yang menarik. update akan tersedia pada smartphone baru dan juga akan disediakan update gratis untuk pengguna Symbian Anna.

Perbaikan untuk versi Symbian adalah langkah besar ke depan untuk produsen ponsel terutama Nokia. Fitur mengesankan lainnya dari OS ini adalah fitur Web TV, real multitasking, beberapa home screen dan semakin finger friendly dan responsif ketika memasukkan data dibandingkan dengan versi sebelumnya.

Ia juga sekarang memiliki fitur USB On The Go yang memungkinkan pengguna dapat mengakses langsung ke file yang tersimpan pada eksternal USB hard disk, USB Flash Drive (UFD), atau smartphone lainnya (yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan).

Namun, navigasi menu dari Symbian ^3 sebetulnya kurang praktis dan sering membingungkan karena OS ini hanya menyediakan panduan navigasi minimum dan nama-nama menu yang disingkat. Interface masih kurang unggul bila dibandingkan dengan desain iOS dan Windows Phone 7. [ND]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel