Perkembangan Teknologi & Desain Telepon

5 Sep 2011 14:00 7209 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Selama ini kita hanya tahu bahwa penemu telepon adalah Alexander Graham Bell, hanya sebatas itu. Kita masih awam bagaimana sejarah perkembangan telepon, dari telepon kaleng hingga smartphone seperti sekarang. Berikut ini adalahsejarah perkembangan telepon.

Alexander Graham Bell pasti tidak menyangka paten miliknya "the method of, and apparatus for, transmitting vocal or other sounds telegraphically"Â akan melahirkan smartphone yang sedang booming saat ini.

Butuh petunjuk jalan? There's an app for that. Sedang berada di luar negeri dan butuh penerjemah bahasa? There's an app for that. Ingin mengetahui berita lokal dan mancanegara? There's an app for that. Smartphone menyediakan aplikasi hampir untuk semua hal, dan memberikan penggunanya definisi harfiah power user.

Paseban ingin kali ini ingin melakukan "time-travel"Â untuk melihat perkembangan teknologi dan desain telepon dari telepon kaleng hingga smartphone dan sampai pada "kegilaan"Â, "ketergantungan"Â, "pemujaan"Â terhadap transformasi dari telepon ini.

Tin Can Telephone: Diciptakan tahun 1664

Tin Can Telephone

Robert Hooke, ilmuwan penting pada abad ke-17, adalah penemu "mainan masa TK"Â ini. Hooke menemukan cara untuk mendengarkan suara orang lain yang berada dibalik tembok tebal dan jarak cukup jauh dengan bantuan bentangan kawat.

Electrical Speech Machine: Diciptakan tahun 1876

electrical speech machine

Pada 7 Maret 1876, Alexander Graham Bell mendapatkan paten untuk Electrical Speech Machine, yang ia sebut telepon. Setelah menunjukkan instrumen ini pada Pameran American Centennial Amerika di Philadelphia, berita penemuan Bell menyebar ke seluruh Eropa. Ia kemudian diminta untuk menunjukkan penemuannya tersebut pada Ratu Victoria (1819-1901) ditempat tinggalnya, Osborne House, di kepulauan kecil Wight bagian selatan Inggris. Pada malam 14 Januari 1878 kontak berhasil dilakukan antara Osborne House dengan Osborne Cottage terdekat, dan juga dengan terminal di Southampton dan London.

Butterstamp receiver: Diciptakan tahun 1877

Butterstamp Receiver

Pada 1877, Alexander Graham Bell, calon mertuanya Gardiner Greene Hubbary, dan Thomas Sanders membentuk apa yang kemudian dikenal sebagai Bell Telephone Company. Setahun kemudian perusahaan ini menemukan Butterstamp receiver. Butterstamp ini kemudian menjadi dasar dari telephone receiver hingga saat ini. Tidak seperti perangkat sekarang dimana untuk berbicara dan mendengar adalah dua ujung yang berbeda, Butterstamp hanya memiliki satu ujung untuk berbicara dan mendengar.

Wilhelm Candlestick: Diciptakan tahun 1896

Wilhelm Candlestick

Telephone ciptaan Walter Wilhelm ini mulai menggunakan dua Butterstamp receiver, satu untuk berbicara satu untuk mendengar.

Rotary Phone: Diciptakan tahun 1904 (rotary dial) dan 1919 (first rotary phone)

Rotary Phone

Penerapan Rotary Dial pertama adalah dengan menambahkannya pada model telepon Candlestick.

First Radio Car Phone: Diciptakan tahun 1946

car phone

AT&T mencatat sejarah panggilan mobile telephone pertama terjadi pada 1946 oleh seorang supir truk di St. Louis. Dan pada 1948, telepon nirkabel telah digunakan di lebih dari 100 kota.

Ericsson Mobile Telephone System A (MTA): Diciptakan tahun 1956

MTA

Apple's iPhone 3GS memiliki berat kurang dari 0.3 pon. Mobile phone pertama ini memiliki berat 88 pon, sama dengan berat 300 iPhone!

Western Electric Model 1500: Diciptakan tahun 1963

WE 1500

Western Electrical Model 1500 adalah awal dari transisi rotary dial menjadi touch tone.

Motorola DynaTAC

dynatac

Prototype DynaTAC berhasil dibuat Motorola pada 1973, namun masih jauh dari versi mobile phone yang siap untuk dipasarkan. 10 tahun kemudian, 1983, barulah Motorola merilis mobile phone dipasaran DynaTAC 8000X dengan harga sekitar $ 4000.

Motorola MicroTAC: Diciptakan tahun 1989

microtac

Pada 1989, Motorola kembali merilis mobile phone yang tercatat sebagai flip phone pertama di dunia, MicroTAC. Perangkat ini memiliki harga kisaran $ 2500 hingga $ 3500.

Motorola StarTAC: Diciptakan tahun 1996

startac

Setelah sempat berhenti selama beberapa tahun, Motorola kemudian merilis produk hasil pengembangan dari MicroTAC, StarTAC. Produk Motorola ini masih sangat mahal dengan harga sekitar $ 1000.

BlackBerry: Diciptakan tahun 1998

blackberry

Sebelum menjadi produsen smartphone BlackBerry yang populer saat ini, RIM mengawali langkahnya sebagai produsen pager. Pada 1998, RIM menciptakan two-way pager bernama RIM 850/950. Perangkat ini memiliki fitur Email, Contacts, dan Calendar.

Motorola iDEN i1000 plus: Diciptakan tahun 1999

iden i100

Pada 1999, Motorola merilis smartphone pertama di dunia dengan kemampuan web browsing dan email, iDEN i1000 plus.
Diawali dengan penemuan smartphone pertama ini, perkembangan berlanjut menuju ke iPhone pertama pada 2007, HTC Dream sebagai smartphone Android pertama pada tahun 2008, dan kemudian era smartphone dimulai. RY

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel