Tokoh Penemu Teknologi di Dunia

17 Jul 2018 09:40 586 Hits 0 Comments
Wow, ternyata ini tokoh-tokoh penemu teknologi di dunia

Teknologi pada zaman sekarang ini berkembang sangat pesat dan cepat. Bagaimana tidak, banyak orang-orang pintar yang saling berlomba-lomba untuk mengembangkan teknologi agar menjadi lebih canggih lagi. Membahas mengenai perkembangannya tentutidak lepas dari para ilmuwan yang menemukan teknologi tersebut. Tahukan anda siapa saja ilmuwan yang menemukan teknologi tersebut? Mari kita bahas bersama-sama.

1. Guglielmo Marconi (Penemu Radio)

Guglielmo Marconi lahir di Bologna, Italia. Anak dari seorang pria Italia kaya raya dan Annie Jameson yang berdarah Irlandia. Beliau merupakan tokoh yang menciptakan transmisi jarak jauh. Ia juga memiliki ide mejadikan gelombang radio untuk tujuan komersial. Peraih hadiah Nobel ini juga berjasa karena radi tersebut dapat memonitoring tenggelamnya kapal titanic, dan menyelamatkan sejumlah awak kapal.

2. James watt (Mesin uap)

James Watt lahir di GreenockSkotlandia19 Januari 1736. James Watt tertarik dengan mesin uap karena memperhatikan mesih uap buatan Newcome yang kurang efisien. Setelah melakukan beberapa percobaan dan penelitian , ia berhasil menciptakan mesin uap pertama yang efisien . Dan mesin uap ini menjadi pendorong bagi terjadinya Revolusi industri. Namanya pun akhirnya digunakan sebagai nama satuan daya.

3. Benjamin Franklin (Penangkal petir)

Benjamin Franklin lahir di BostonMassachusettsAmerika Serikat17 Januari 1706. Ia adalah seorang wartawan, penerbit, pengarang, filantrofis, abolisionis, pelayan masyarakat(pejabat), ilmuwan, diplomat, dan penemu sekaligus. Ia juga sebagai salah seorang Revolusi Amerika, dan salah satu penandatanganan Deklarasi Kemerdekaan Amerika.Benjamin Franklin juga terkenal karena percobaanya mengenai listrik (penangkal petir)

4. Orville dan Wilbur (The Wright Brother)

Orville lahir di Dayton, Ohio pada 19 Agustus 1871. Sedangkan Wilbur lahir di Milville, Indiana pada 16 April 1867. Kedua bersaudara ini merupakan orang yang merancang pesawat terbang pertama dan membuat penerbangan terkendali. Pada bulan 17 Desember 1903 mereka menerbangkan pertama kalinya pesawat udara berkendali sejauh empat mil di North California.

5. John Logie Baird (Televisi Berwarna)

John Logie Baird lahir di HelensburghSkotlandia13 Agustus 1888. Beliau adalah tokoh yang menunjukan bahwa citra visual dapat ditransmisikan para televisi. John Logie juga dikenal sebagai pioner utama dalam sejarah penemuan televisi berwarna.

6. Archimedes (Katrol)

Archimedes lahir di Sirakusa, Italia pada 287 SM. Beliau merupakan seorang ahli matematika, juga seorang astronom,filsuf, fisikawan, dan insinyur. Selain berjasa pada bidang matematika, ia juga seorang penemu prinsip matematis tuas, yaitu katrol.

7. Leonardo da Vinci (Desain)

Leonardo da Vinci lahir di Vinci, Firenze, Italia pada 15 April 1452. Beliau merupakan pelukis dari lukisan terkenal Mona Lisa. Ia juga dikenal karena mendesain banyak ciptaan yang mengantisipasi teknologi modern . Contohnya helikopter, kalkulator, tenaga matahari, serta anatomi tubuh manusia. Ia berkontribusi pada perkembangan sains.

8. Nikola Tesla (Elektromekanik)

Nikola Tesla lahir di Smiljan, Kerajaan Austria pada 10 Juli 1856. Ia merupakan seorang perintis elektromekanik, tanpa kabel, dan daya listrik. Ia dianggap sebagai penemu terpenting dalam sejarah dan salah seorang teknisi terbesar pada akhir abad-19 dan abad ke-20.

9. Alexander Graham Bell (Telepon)

Beliau lahir di Edinburg, Skotlandia, Britania Raya pada 3 Maret 1847. Beliau merupakan seorang ilmuwan terkemuka, inventor, engineer, dan inovator yang dikenal luas menciptakan telepon praktis pertama. Graham Bell juga berhasil menghasilkan beberapa penemuan termasuk melakukan terobosan dibidang telekomunikasi optikal, hidrofoil, dan penerbangan.

10. Thomas Alva Edison (Bola Lampu)

Edison lahir di Ohio, Amerika pada 11 Februari 1847. Beliau terkenal karena penemuannya yaitu bola lampu. Fisikawan jenius ini menghasilkan berbagai inovasi termasuk fonograf. Bahkan saat usia senja, Edison tetap melakukan penemuan.

Wow, hebat-hebat bukan? semoga kita bisa terinspirasi ya.

Terima kasih.

Tags

About The Author

MutiaraRizkynaArlinda 26
Novice

MutiaraRizkynaArlinda

student of SMK WIKRAMA BOGOR

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel