1

Seru!! Pak Ganjar Pranowo Ikut Ketoprak

7 Mar 2018 18:18 1497 Hits 0 Comments

Malam itu, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, turut berperan didalam pementasan seni ketoprak yang merupakan urutan Pesta Rakyat HUT ke-66 Jawa Tengah.

Ada yang tidak serupa dari pertunjukan ketoprak di Gedung Tri Bhakti, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (27/8/2016) malam.

Malam itu, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, turut berperan didalam pementasan seni ketoprak yang merupakan urutan Pesta Rakyat HUT ke-66 Jawa Tengah.

Nah, asal tahu saja, ketoprak atau kethoprak merupakan seni pentas drama tradisional yang berasal dari Surakarta dan berkembang pesat di Yogyakarta.

Seni ketoprak berisi cerita legenda atau peristiwa Jawa yang diiringi dengan nada gamelan. Karena cukup rumit, ketoprak biasanya diperankan oleh seniman. Dalam pementasan tersebut, melukiskan peristiwa kerajaan Buddha dan kerajaan Hindu yang berseteru pada era sebelum saat pembangunan Candi Borobudur.

Dengan tampilan yang totalitas, Ganjar berperan sebagai putra kerajaan Hindu yakni Pangeran Pancapana. Seorang raja dari kerajaan Buddha, Raja Samaratungga berkeinginan untuk menyatukan dua kerajaan dengan menikahkan putrinya dengan putra raja kerajaan Hindu. Sebelum pernikahan, berlangsung serangan dari kerajaan Hindu yang membawa dampak sang putri hilang.

Raja Samaratungga selanjutnya membawa dampak sayembara melacak putrinya, yang kemudian dimenangkan oleh Pangeran Pancapana. Putri Raja Samaratungga kemudian meminta Pangeran Pancapana untuk membangun Candi Borobudur.

Lalu berkunjung tokoh jahat, Durga Gamakala yang mengakibatkan kerusakan semuanya.

Namun berkat kegigihan Pangeran Pancapana dan Raja Samaratungga, Candi Borobudur pada akhirnya berhasil dibangun.

Dilansir dari Kompas.com, Ganjar mengaku hanya berlatih sebentar.

"Latihan hanya satu jam. Salira aja nyepelekke (Anda jangan menyepelekan)," ujar Ganjar dengan mimik dan nada sama lakon ketoprak.

Kegiatan ini mengingatkan Ganjar untuk menjadi pemimpin yang turut berpartisipasi melestarikan seni dan budaya. 

Tags

About The Author

Adnan Tri 19
Novice
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel