Rilis Tanggal 16 Juni 2016, Inilah Sedikit Informasi Tentang Bluetooth 5

13 Jun 2016 14:09 1197 Hits 0 Comments
Bluetooth 5 mendapatkan peningkatan drastis dari kecepatan transfer dan jangkauan area.

SIG (Special Interest Group) khusus bluetooth bernama Mark Powell beberapa hari yang lalu telah mengumumkan sebuah informasi yang cukup menarik perhatian. Yakni tentang perilisan bluetooth generasi ke-5 yang akan dilakukan pada tanggal 16 Juni 2016 mendatang.

Bluetooth 5 dipercaya akan dapat memberikan jarak jangkauan yang lebih jauh serta transfer data yang lebih cepat dibandingkan dengan pendahulunya.

Jangkauannya sendiri diklaim meluas sebesar dua kali lipat dari jangkauan bluetooth generasi ke-4; sedangkan kecepatan data yang dapat ditransfer pun lebih cepat empat kali lipat dibandingkan generasi bluetooth pendahulunya.

Dari peningkatan-peningkatan tersebut, dapat diartikan bahwa performa bluetooth generasi ke-5 ini adalah sebuah major leap atau peningkatan drastis yang terjadi pada peralihan generasi bluetooth.

Fitur yang menarik dari yang hadir pada blueetooth generasi ke-5 ini adalah sebuah fitur yang memungkinkan penggunanya nanti untuk mengirim “advertising packets.”

Menurut SIG yang sudah disebutkan di atas, sebuah advertising packet memiliki kemampuan untuk mengirim suatu informasi ke sebuah perangkat dari perangkat lainnya walaupun kedua perangkat tersebut tidak terhubung (paired).

Bermanfaatkah? Mungkin awalnya orang menduga-duga tidak begitu bermanfaat dan malah bisa disalahgunakan. Akan tetapi, dari segi penggunaannya, banyak hal positif yang dapat dimanfaatkan dari fitur ini.

Contohnya seperti ketika Anda membeli sebuah speaker wireless, pada bluetooth generasi ke-4, mungkin sebelum dapat menggunakan wireless speaker tersebut, Anda harus melakukan pairing terlebih dahulu antara perangkat smartphone Anda dengan perangkat speaker.

Namun, dengan fitur advertising packets ini, Anda tidak perlu membuang-buang waktu untuk melakukan pairing terlebih dahulu, apalagi kalau pairing-nya itu dengan banyak perangkat.

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 59
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel