1

Maria Sharapova Tersangkut Kasus Doping

9 Mar 2016 11:19 1991 Hits 0 Comments
Petenis asal Rusia, Maria Sharapova hadapi kasus doping.

Maria Sharapova Tersangkut Kasus Doping

(Maria Sharapova hadapi kasus doping, foto: AFP/Robyn Beck)

Kabar mengejutkan datang dari dunia olahraga raket, petenis asal Rusia, Maria Sharapova tersangkut kasus penggunaan obat doping. Selain kabar penggunaan doping oleh petenis cantik tersebut, juga beredar kabar jika Maria Sharapova akan gantung raket alias pensiun dari dunia tenis yang telah membesarkan namanya.

“Selama sepuluh tahun terakhir, saya telah mengonsumsi obat yang disebut Mildronate. Obat tersebut diberikan oleh dokter keluarga kami dan beberapa hari lalu saya baru menerima surat dari ITF (Federasi Tenis Internasional) bahwa obat tersebut adalah nama lain dari Meldonium. Saya sungguh tidak tahu,” ujar Maria Sharapova seperti dikuti WTA.

“Selama saya menjadi petenis professional saya selalu bersikap terbuka dan jujur mengenai banyak hal. Saya membiarkan penggemar saya tahu mengenai keadaan saya dan ini adalah dunia saya sejak saya kecil. Saya sangat mencintai dunia tenis,”  Sharapova melanjutkan.

“Saya akan hadapi konsekuensi yang ada dan saya tidak ingin mengakhiri karier saya. Saya sangat berharap saya diberikan kesempatan untuk tetap bermain,” tegas Sharapova dengan nada optimis.

Sementara menyikati kasus dugaan doping dari Maria Sharapova, ITF alias Federasi Tenis Internasional memberikan pernyataannya,

“Berdasarkan tes yang telah dilakukan sebelumnya, Sharapova akan dikenai Peraturan Pelanggaran Anti-Doping. Sharapova telah terdeteksi menggunakan Meldonium dari tes medis yang digelar pada 26 Januari,” pernyataan ITF melalui Sportsmole.

“Melodonium termasuk dalam daftar zat dan metode terlarang. Sharapova akan dikenai hukuman sementara sejak 12 Maret dan menunggu tindak lanjut dari kasus tersebut,” lanjut federasi tenis internasional tersebut.

Menurut WADA (world anti-doping agency), alias badan antidoping dunia, meldonium dikelompokkan sebagai metabolik modulator. Dari hasil riset, konsumsi meldonium dapat menunjukkan peningkatan performa ketahanan atlet, meningkatkan rehabilitasi setelah olahraga, melawan stress dan meningkatkan fungsi sistem saraf pusat.

Meldonium biasanya juga dipakai untuk masalah berkaitan dengan penyakit jantung, seperti penyakit sumbatan darah ke jantung, gagal jantung hingga stroke. Maria Sharapova berujar, penggunaan Meldonium tersebut karena dirinya memiliki masalah irama jantung tidak teratur dan riwayat keluarganya yang diabetes.

“Saya gagal dalam tes doping dan siap bertanggung jawab sepenuhnya,”  ujar Sharapova menghadapi kasus doping yang saat ini sedang membelitnya.

Tags olahraga

About The Author

wan 66
Expert

wan

Mencoba Hobi tulis menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel