Unik! Hiu Langka Menyerupai Sofa Butut Ditangkap di Perairan Skotlandia

1 Oct 2015 23:07 6081 Hits 3 Comments
Hiu Langka Menyerupai Sofa Bobrok Ditangkap di Perairan Skotlandia

Seekor hiu langka dengan panjang sekitar dua meter ditangkap di perairan Skotlandia. Hiu jenis ini sering dibandingkan dengan blobfish yang buruk rupa atau bahkan dengan sofa bobrok, tapi spesies langka ini sudah menjadi penghuni tetap di perairan dalam lepas pantai di Skotlandia.

Hiu kucing palsu, begitulah jenis hiu ini dikenal atau dalam bahasa ilmiah disebut juga sebagai Psuedoktrakias Microdon, menjadi bahan observasi oleh para ahli biologi kelautan sebagai dari bagian survey penandaaan binatang lau dekat kepulauan Isle of Barra di Outer Hebrides. Ini adalah ikan kedua yang ditangkap untuk dijadikan bahan penelitan, dan dikabarkan hiu yang bisa tumbuh hingga sepanjang tiga meter ini ditemukan di perairan Skotlandia.

Unik! Hiu Langka Menyerupai Sofa Bobrok Ditangkap di Perairan Skotlandia

Hiu ini hidup di kedalaman sekitar 1.400 meter, dan spesies ini bisa ditemukan di seluruh dunia, terbentang dari Benua Asia hingga Benua Amerika termasuk di bagian pantai lepas Kanada, Brasil, Portugal, Islandia, Selandia Baru, Hawaii dan Jepang.

Hiu ini sangat mudah dikenali karena memiliki ciri khas, yaitu dengan mata yang panjang serta sempit serta bentuk tubuh yang besar, hiu ini biasa berenang perlahan-lahan di sepajang dasar laut, dan seperti jenis hiu lainnya, hiu kucing palsu ini juga memangsa ikan-ikan sebagai makanannya, juga invertebrata serta sisa-sisa bangkai yang berada di dasar laut.

Makluk lambat ini juga dikenal dengan nama lain Microdon hal ini merujuk kepada gigi kecil yang berjejer di sepanjang mulut yang besar. Para ilmuwan yang bekerja untuk kelautan Skotlandia mencari makhluk ini di kepulauan Isle of Barra, dan banyak sekali ditemukan hiu jenis ini, yang dikenal juga sebagai elasmobranchs.

Seorang juru bicara untuk Scottish Shark Tagging Programme mengatakan panjang dari hiu aneh ini mencapai dua meter sedangkan bobotnya mencapai 60 kg, dan karena bentuknya yang aneh maka hiu ini dijuluki sebagai ‘hiu sofa’.

Unik! Hiu Langka Menyerupai Sofa Bobrok Ditangkap di Perairan Skotlandia

Dr Francis Neat, anggota tim marinir Skotlandia yang juga turun tangan dalam survey ini mengatakan:”Saya cukup terkejut ketika ikan ini berhasil diangkat ke perahu kami. Kami tidak pernah melihatnya dalam sepuluh tahun ini.” jelasnya seperti dilansir dari Daily Mail.

“Ini mungkin tidak aneh di Skotlandia, tapi pasti sangat menarik untuk melihatnya. Ini sangat besar dan sangat luas untuk mencarinya. Ini seperti sofa dibuang ketika melihatnya hanya terbaring di sana.

Para peneliti kemudian mengkur dengan cepat serta menimbang berat dari hiu ini sebelum akhirnya mengembalikan ke air.

Ini adalah kali kedua para peneliti menemukan jenis hiu ini, sebelumnya mereka menangkap hiu kucing palsu di perairan Skotlandia. Namun lebih kecil dengan panjang mencapai 1,8 meter dengan berat mencapai 25 kg tertangkap pada tahun 2000 sekitar 50 mil selatan Isle of Barra dekat dengan Vidal Bank.

Unik! Hiu Langka Menyerupai Sofa Bobrok Ditangkap di Perairan Skotlandia

Seorang juru bicara dari Scottish Shark Tagging Programme mengatakan bahwa mereka sekarang telah menambahkan hiu kucing palsu ke dalam hiu yang berada di perairan Inggris.

“Kami belum pernah melihat jenis ikan hiu di Skotlandia sebelum ini dan itu sangat bagus untuk menambahkannya ke daftar panjang kami untuk spesies ini di Skotlandia. Tidak lama lalu kami diberitahu bawha hanya ada 32 jenis hiu di perairan Skotlandia, tetapi dalam satu tahun terakhir kami telah belajar bahwa sebenarnya ada 72 spesies yang berbeda, banyak yang berada di perairan dalam.” jelasnya.

Tags

About The Author

Nana 45
Ordinary

Nana

Karena, menulis itu menyenangkan...

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel