Perempat Final UCL 1st Leg: Para Raksasa Masih Berjaya di Arena Laga

8 Apr 2018 09:01 2057 Hits 0 Comments
Tim-tim besar Eropa semakin mengukuhkan dominasinya babak Perempat Final Liga Champions Leg 1.

Liga Champions sudah memasuki babak perempat final, beberapa tim besar Eropa sudah menjadi korban kerasnya arena laga di level tertinggi kompetisi antar klub di Eropa. Dari laga yang digelar pertengahan pekan ini, tercipta pertandingan yang sangat menakjubkan, produktivitas gol dari setiap laga sangat baik, mengingat tim-tim yang bertarung di fase ini mengusung gaya bermain menyerang, total 14 gol tercipta di fase ini.

Di babak ini ada delapan tim yang berlaga, dari Spanyol dua raksasa yang mendominasi liga Real Madrid dan Barcelona, ditambah Sevilla sebagai kuda hitam yang tampil mengejutkan bisa menembus fase ini, tim dari Spanyol masih berusaha menancapkan dominasi mereka di Eropa, sementara itu dari Serie A diwakili oleh Juventus dan AS Roma, dari Inggris mengirimkan dua wakil yaitu Manchester City serta Liverpool yang sempat Berjaya di era Rafael Benitez kembali berusaha meraih kejayaan yang sempat hilang.

Dan hasilnya mungkin tidak terlalu mengejutkan, dimana para raksasa Eropa masih mendominasi dan berpotensi untuk bisa melenggang ke semi final berkat hasil memusakan di leg pertama ini. Berikut kami sajikan ulasan dari empat pertandingan tersebut.

 

Juventus 0-3 Real Madrid

image source the guardian

Laga digelar di Juventus Stadium pada Rabu (4/4) dini hari WIB, baik tuan rumah atau tim tamu menyiapkan skuat terbaik mereka untuk memetic hasil memuaskan di laga ini. Massimiliano Allegri menurunkan Paulo Dybala dan Gonzalo Higuain di lini serang, di dukung oleh Douglas Costa dan Alex Sandro di sisi sayap, berharap bisa menggempur pertahanan Madrid yang dikomandoi oleh Sergio Ramos cs.

Namun harapan manis Bianconeri menjadi mimpi buruk setelah tim tamu berhasil menggebuk dengan skor telak 0-3, adalah Cristiano Ronaldo yang menjadi bintang di laga ini dengan dua gol serta satu assist bagi Marcello, Gianluigi Buffon hanya bisa pasrah melihat gawangnya di bobol tiga kali oleh tim ibukota Spanyol.

Tak membutuhkan waktu lama bagi Madrid untuk bisa mencetak skor, di menit ke-3 Ronaldo berhasil membobol gawang Buffon, lini pertahanan Juve porak poranda, dan hal tersebut dimanfaatkan dengan baik oleh Isco yang memberikan umpan tarik kepada mantan pemain Manchester United tersebut.

Pertandingan berjalan alot, Juventus beberapa kali sempat membahayakan gawang Navas melalui Dybala dan Higuain, hingga turun minum skor masih 0-1 untuk keunggulan tim tamu. Di babak kedua, malapetaka kembali terjadi, lagi-lagi Ronaldo menjadi maestro di laga ini, pemain internasional Portugal tersebut membuat gol akrobatik spektakuler.

Naas bagi Juve karena harus kehilangan Dybala usai mendapatkan kartu kuning kedua, bermain dengan 10 orang membuat keseimbangan permainan Bianconeri terganggu, dan Madrid berhasil memperbesar keunggulan di menit ke-72  lewat gol Marcelo. Kelahan Buffon cs tentu memperkecil kans mereka untuk bisa melanjutkan langkah ke fase berikutnya, mengingat leg kedua akan digelar di Santiago Bernabeu.

 

Barcelona 4-1 AS Roma

image source mirror

Naas bagi AS Roma setelah dihajar Barcelona dengan skor mencolok dalam perhelatan babak perempat final Liga Champions pada pertengahan pekan lalu. Pada laga yang digelar di Nou Camp, Rabu (4/4) berakhir dengan skor 4-1 untuk kemenangan tuan rumah.

Ironis bagi Roma lantaran dua gol tambahan kemenangan Barca dicetak dari gol bunuh diri Daniele De Rossi dan Costas Manolas, sementara dua gol tambahan lainnya dicetak oleh Gerard Pique dan Luis Suarez, sementara Roma hanya berhasil membalas satu gol melalui Edin Dzeko.

Di laga tersebut Barcelona memang menguasai jalannya pertandingan, tim besutan Ernesto Valverde berhasil menguasai bola sebanyak 57% dengan 19 peluang dan empat lainnya tepat sasaran, sementara Roma memiliki 13 kesempatan dan tiga on target.

Barcelona mengambil inisiatif menyerang sejak awal pertandingan, beberapa kali Lionel Messi mendapatkan kesempatan untuk bisa mencetak gol, namun konsentrasi lini pertahanan tim tamu masih terjaga, namun digempur terus menerus membuat mereka lengah, akhirnya De Rossi menceploskan bola ke gawangnya sendiri, diikuti dengan Kostas Manolas yang melakukan hal serupa. Ironisnya, keunggulan tuan rumah bertambah melalui Pique di menit 59’, Dzeko sempat membuka asa setelah mencetak gol di menit ke 80, namun Suarez membungkan euphoria tim tamu setelah mencetak gol keempat untuk timnya tiga menit jelang waktu berakhir.

 

Sevilla 1-2 Bayern Munich

image source daily mail

Bayern Munich membuka asa untuk melenggang ke fase semi final usai menang di kandang Sevilla dengan skor 1-2 pada pertengahan pekan ini, Rabu (4/4) dini hari WIB. Meski sempat tertinggal lebih dulu berkat aksi Pablol Sariba, Die Roten berhasil meraih kemenangan dengan mencetak dua gol,masing dari gol bunuh diri Jesus Navas dan Thiago Alcantara.

Munich sudah tampil mendominasi di menit-menit awal, namun peluang yang di dapatkan belum bisa di konversi menjadi gol. Sevilla yang tertekan mencoba untuk keluar menyereang, tim tuan rumah berhasil mendapatkan peluang, namun masih juga belum berhasil mengubah keadaan.

Sarabia akhirnya mencetak gol di menit 32 setelah mendapatkan umpan manis dari Sergio Escudero, gawang Munich bergertar, tuan ruman memimpin keadaan. Namun hal tersebut tidak bertahan lama, sebab Die Rotten berhasil menyamakan kedudukan berkat gol bunuh diri Navas, David Soria yang berdiri di bawah mistar gawang tak bisa berbuat banyak.

Di babak kedua kedua tim tampil terbuka, kedua tim saling mengintervensi ke garis pertahanan masing-masing. Meski keduanya tampil terbuka tidak ada peluang berarti, namun di menit 68 kedudukan berbalik, tim tamu berhasil menggandakan keunggulan melalui Thiago yang berhasil meneruskan umpan Ribery.



Liverpool 3-0 Man City

image source the guardian

Laga perempat final dua wakil Inggris harus saling tikam untuk mendapatkan satu tempat di babak semi final. Liverpool yang di leg pertama bertindak sebagai tuan rumah menjamu City, pada malam itu Anfield kembali bergetar, harapan untuk kembali meraih gelar di Eropa kembali membucah saat tim besutan Jurgen Klopp berhasil meraih kemenangan telak 3-0 atas tamunya.

Masing-masing gol kemenangan The Reds dicetak oleh Mohamed Salah Alex Oxlade Chamberlain dan Sadio Mane. Dalam laga tersebut tuan rumah mengambil inisiatif untuk tampil menyerang, sementara bebereapa percobaan yang coba dilancarkan City tak terlalu mengguncang pertahanan anak didik Klopp.

Benar saja, pertandingan berjalan 12 menit tim tuan rumah berhasil membuka kran gol mereka melalui Salah yang menjadi actor di Anfield malam tersebut. Keunggulan The Reds bertambah di menit 20, Oxlade Chamberlain melepaskan tendangan jarak jauh yang gagal di antisipasi oleh Ederson.

Permainan Liverpool benar-benar membuat lini pertahanan City kacau, di menit 31 Mane menambah keunggulan timnya usai melalui sundulannya setelah menerima umpan dari Salah. Hingga turun minum skor tidak berubah.

Di babak kedua City ingin membalikkan keadaan, mereka menambah intensitas dalam menyerang, naas bagi Liverpool karena harus kehilangan Salah di menit 53 setelah mendapatkan cidera. Rangkaian peluang yang dibuat tim tamu memang beberapa kali mengancam pertahanan tuan rumah, namun hingga wasit meniup peluit akhir pertandinga, skor tidak berubah. Kemenangan 3-0 untuk tuan rumah bisa menjadi bekal yang cukup baik di leg kedua nanti.

 

About The Author

Nana 42
Ordinary

Nana

Karena, menulis itu menyenangkan...

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel