4 Pilar Penting Azulgrana di Kancah Eropa

20 Feb 2018 12:23 1453 Hits 0 Comments
Kesuksesan Barcelona musim ini di kancah Eropa bisa jadi berada di bawah kendali beberapa pemain ini.

Klub selalu memiliki pahlawan, dan sebagian besar dari mereka  mungkin tidak terekspos. Pilar pertahanan menjadi bagian penting kesuksesan sebuah tim,  namun nama mereka biasanya tak semelejit para juru gedor tim. Di Barcelona,  beberapa pemain ini selalu menjadi faktor kunci saat tim mengalami kebuntuan, serta menjadi pilar penting kesuksesan Azulgrana.

Barcelona merupakan penguasa singgahsana La Liga, meregang jarak 17 poin dengan rival   abadi mereka Real Madrid, namun cerita yang berbeda ketika beranjak ke kancah Eropa, klub Catalan tersebut secara berturut-turut selama dua musim terakhir harus mengakui superior klub ibukota dan menyerahkan gelar kepada mereka.

Dan kini, mampukan anak didik Ernesto Valverde memegang kendali di Liga Champions dan  mengamankan gelar di kancah Eropa untuk mengakhiri dominasi Madrid yang terlihat jumawa  dengan koleksi gelar yang mereka dapatkan dalam beberapa musim terakhir di level tertinggi sepakbola benua biru.

Persoalan Barca semakin pelik, tatkala mereka harus kehilangan Neymar setelah penyokong  dana di PSG berhasil memboyongnya ke Parc des Princes. Tak tanggung tanggung, dana sebesar 222 juta euro dikucurkan klub, rekor belanja yang akhirnya memecahkan rekor trasfer dunia yang sebelumnya dipegang oleh Paul Pogba dengan nilai 105 juta euro, kehilangan Neymar membuat manajemen harus segera mendatangkan pemain mentereng untuk mengisi kekosongan di pos lini depan.

Philippe Coutiho dan Ousmane Dembele kemudian di daulat untuk tampil bersama dengan mega  bintang yang berada di Camp Nou, termasuk dengan Lionel Messi dan Luis Suarez di lini  depan, dan pemain kunci Andres Iniesta di lini tengah.

Namun, Countinho yang datang di Januari ini tidak akan bisa membela Blaugrana di level  Liga Champions, mengingat ia telah tampil bersama dengan liverpool, dia tidak memenuhi syarat untuk masuk ke dalam skuat Velverde, sementara itu Dembele mengalami cedera hamstring pada debut pertamanya di liga pada bulan September lalu, yang membuat pemain asal Perancis tersebut harus masuk ruang rehabilitasi hingga akhir bulan lalu.

Kondisi itu memaksa Valverde harus mencari pemain lain untuk mengisi kekosongan tersebut, dan tak main-main, lawan mereka yang akan dihadapi adalah Chelsea dengan Antonio Conte yang telah memiliki pengalaman membedah filosofi permainan Barca, terlebih sejarah mengatakan bahwa di perempat final tahun lalu klub asal Spanyol tersebut tersungkur di tangan raksasa Turin, Juventus dengan skor 3-0. Dan kini raksasa Catalan memiliki peluang untuk memperbaiki kesalahan musim lalu, dengan Varvede membidik treble Winners di musim ini.

Namun, terlepas dari itu semua sebuah tim selalu memiliki pahlawan tanpa tanda jasa, yang dalam beberapa musim terakhir membuktikan bahwa kehadiran mereka mampu menjadi pembeda, dan sepertinya musim ini beberapa pemain ini berpotensi untuk bisa megentaskan masalah Barca dan mengantarkan klub meraih kejayaan di Eropa, berikut ulasannya seperti dilansir dari squawka.com.

Marc-Andre ter Stegen
Posisi:  Kiper
Penampilan Gemilang : Ter Stegen membuat empat clean sheet dan hanya kebobolan satu gol  
di Liga Champions musim ini.

Kiper asal Jerman tersebut mengalami awal yang kurang baik saat berkarir di Camp Nou, saat Luis Enrique lebih memilih kiper berpengalaman asal Chile, Claudio Bravo untuk mengamankan gawang. Dan meskipun ia hanya digunakan secara sporadis dalam kompetisi domestik di dua musim pertamanya, mantan kiper pertama Borussia Monchengladbach tampil hebat di panggung Eropa.

Dan sejak saat itu, ia telah menjadi komponen tanggung Barca, menjadi pemain utama yang tak tergantikan. Pemain berusia 25 tahun tersebut menjadi salah satu aset penting bagi tim. Di Liga Champions musim ini, Ter Stegen memiliki rata-rata 2,60 penyelamatan dalam lima penampilannya, sementara penyelamatan gemilang yang berhasil dilakukannya rata-rata 80%, karena ia hanya kebobolan satu kali di kompetisi ini.

 

Samuel Umtiti
Posisi: Bek Tengah
Penampilan Gemilang:  Umtiti memiliki akurasi umpan 92% untuk Barcelona di La Liga musim  
ini, akurasi passing tersebut lebih tinggi dari playmaker top La Liga, bahkan bintang Real Madrid Toni Kroos, masih berada di bawahnya.

Pemain asal Perancis tersebut tiba di Camp Nou dengan harapan tinggi setelah menjadi tembok tangguh di jantung pertahanan Lyon. Dengan tubuh gempal dan distribusi bola yang apik, bek kelahiran Kamerun ini membuat pertahanan yang solid di bawah kemudi Velverde, bersama dengan Gerrad Pique di jantung pertahanan Barca.

Setelah memenangkan Copa Del Rey di musim pertamanya bersama klub Catalan, Umtiti dengan cepat membuktikan dirinya sebagai pemain inti di lini belakang Barca. Dan itulah alasan mengapa Manchester United dan PSG dikatikan dengan langkah untuk mendatangkannya di musim panas, dengan kehadirannya, pertahanan akan semakin solid.

Sejauh ini, di Liga Champions bek tersebut mempertahankan empat clean sheet termasuk saat melawan Juventus, dan akurasi sebesar 93% di kompetisi domestik juga menjadi catatan plus, terlebih ia juga piawai mengontrol emosinya, terbukti ia belum mengantongi satu kartu pun dari wasit.

 

Sergio Roberto
Posisi : Gelandang / Full Back
Penampilan Gemilang : Sergio Roberto menjadi Man of The Match saat mengalahkan 1-0  
Sporting Lisbon.

Ia merupakan produk dari La Masia, akademi dengan kredibiltas yang tak perlu diragukan lagi, dan ia begitu dipuja atas komitmen serta pengabdiannya untuk klub Catalan. Pemain tengah tersebut sering kali bermain untuk beberapa posisi, dan pemain berusia 26 tahun tersebut memiliki fleksibilitas yang tidak perlu diragukan lagi.

Roberto menjadi pahlawan Barca untuk musim lalu, karena raksasa La Liga tersebut mengalahkan defisit empat gol di Liga Champions dengan mengalahkan PSG 6-1 (agg 6-5)  mencetak gol di detik-detik akhir untuk mengantarkan timnya melenggang ke fase berikutnya.

Ini adalah salah satu dari beberapa kalinya ia berhasil menjadi sorotan di Barca, mengingat ia memiliki bakat luar biasa di masa depan. Namun satu hal yang membuat fans Barca sangat mencintainya adalah, karena ia konsistensi dan etos kerjanya yang sangat baik, ia selalu bersedia ditempatkan di manapun untuk bermain dengan klub yang sudah di bela sejak remaja.


Nelson Semedo
Posisi : Bek Kanan
Penampilan Gemilang :  Tidak ada bek yang berhasil melakukan 5 take on seperti yang ia lakukan untuk menjaga area kekuasannya, ditambah ia juga piawai menciptakan banyak peluang di Liga Champions untuk Barcelona musim ini.

Samedo berbagung dari raksasa Portugal, Benfica pada musim panas dan sejak saat itu ia menjadi headline di Camp Nou, namun itu tidak sebanding dengan penampilannya di lapangan. Terlebih ia terlihat bentrok dengan Nyamar saat sesi latihan, ini bisa menjadi misi singkatnya di Barca jika berlanjut.

Namun sejak saat itu, perlahan ia membuktikan dirinya di pentas Eropa, memainkan banyak pertandingan di babak penyisihan grup saat Barca tampil mendominasi. Ia tampil mengesankan saat tinya mengandaskan raksasa Italia, Juventus dengan skor 3-0 pada bulan September lalu, ia juga memiliki andil besar untuk menjaga rekor empat clean sheet yang di torehkan lini belakang Blaugrana.

 

sumber: goal.com, squawka.com

About The Author

Nana 42
Ordinary

Nana

Karena, menulis itu menyenangkan...

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel