Inilah Teknologi Google yang Mengejutkan Dan Berdampak Pada Kehidupan

10 Mar 2015 16:30 6193 Hits 2 Comments Approved by Plimbi

Sebenarnya teknologi-teknologi Google terbaru ini mungkin sudah pernah kita lihat atau mengetahuinya, tetapi menggunakannya dan implikasinya di kehidupan nyata belum begitu jelas kita lihat.

http://www.plimbi.com - Pernah mendengar Google X? Ini adalah laboratorium rahasia yang terletak di sekitar kantor pusat Google, tempat di mana tim khusus yang terdiri dari ilmuwan dan pengusaha untuk membuat kemajuan di bidang teknologi.  Itu harapannya. Pada kenyataannya, Google memang memiliki karyawan yang cemerlang, kreatif dan inovatif untuk soal teknologi. Ini yang membuat Google terbaru terus muncul dan berusaha memecahkan permasalahan anda.

Sebenarnya teknologi-teknologi Google terbaru ini mungkin sudah pernah kita lihat atau mengetahuinya, tetapi menggunakannya dan implikasinya di kehidupan nyata belum begitu jelas kita lihat. Inilah yang ingin Google berikan, menjadikan teknologi sebagai tangan perpanjangan manusia yang mempermudah pekerjaan manusia.

 

Teknologi Google

Google tak henti-hentinya terus membuat perkembangan di dunia teknologi. Mereka berusaha untuk menjadi teknologi benar-benar merupakan perpanjangan tangan manusia. Mungkin anda pernah mendengar Google membeli robot, membeli perusahaan obat, aplikasi dan lainnya yang kita rasa tidak ada hubungannya dengan Google.

Inilah guna pembelian yang kita rasa ‘tidak ada hubungan dengan Google’. Mereka mengembangkan hal tersebut dan menciptakan hal baru dari apa yang mereka beli. Google menggabungkan sistem software ke hardware dan mengimplikasikannya ke kehidupan sehari-hari.

 

Paket pengiriman

Drone merupakan teknologi paling terdepan saat ini. Mereka begitu fleksibel dan efektif dan berhasil mengubah industri dunia. Salah satu kemampuan yang praktis untuk drone adalah kemampuan pengiriman barang. Dari pada menunggu pesawat kargo, perusahaan bisa memanfaatkan drone untuk pengiriman barang.

Amazon telah memikirkan hal tersebut dan sedang mengembangkan Prime Air project. Google juga sudah memiliki proyeknya yang disebut Project Wing. Apa Google mencontek Amazon? Tidak, ini sudah dikembangkan Google satu tahun sebelum debut Prime Air project.

Pengujiannya di Australia. Cara kerjanya, drone terus berada di udara sepanjang pengiriman, tidak pernah turun karena memperhatikan keamanan. Paket diturunkan menggunakan tali kemudian melepasnya ketika menyentuh tanah. Setelah berhasil, drone pulang.

Tujuan pengiriman melalui drone adalah agar barang bisa dikirim ke kota lainnya dalam waktu menit saja. Untuk lintas negara sepertinya belum karena jangkauan drone yang terbatas, tetapi siapa tau nanti drone bisa menjangkau jarak yang lebih jauh.

 

Hardware Handphone Bisa digonta-ganti

Google berencana membuat smartphone benar-benar bisa seperti komputer. Mereka berencana untuk menciptakan smartphone yang hardwarenya bisa di gonta-ganti seperti RAM, VGA atau hardware lainnya. Proyek ini disebut Project Ara, pengembangan smartphone yang modular yang terjangkau dan bisa diakses orang awam.

Desainnya seperti yang anda harapkan. Ponsel tersebut merupakan frame terstruktur atau yang dikenal dengan endoskeleton yang terdiri dari beberapa modul yang bisa dibongkar-pasang. Jadi ketika ingin mengupgrade, Anda tidak perlu beli ponsel baru lagi.

Menurut Time, perangkat Ara siap di pasarkan pada kuartal pertama 2015. Model yang termurah disebut “grayphone” yang diperkirakan harganya 50 USD.

 

Mobil yang menyetir sendiri

Ini mungkin tidak asing lagi, tetapi implikasinya di kehidupan sehari-hari belum terlihat. Paling terdepan saat ini adalah mobil yang bisa memarkir sendiri. Untuk yang satu ini, teknologinya sudah tersedia, masalahnya, karena saat ini mobil masih manual, faktor keselamatan menjadi hal paling penting. Untuk di area kantor yang besar seperti Google, kendaraan ini sudah digunakan.

Bila ini terlaksana, anda tidak akan pernah kesasar, tingkat kecelakaan akan semakin rendah atau bahkan tidak ada lagi ketika semua orang menggunakan mobil seperti ini. Setiap mobil berkomunikasi dengan mobil yang lain sehingga bisa menghindari kecelakaan.

 

Healthcare

Tahun ini Google mengumumkan kalau mereka sedang mengembangkan perusahaan baru yang bernama Calico. Perusahaan ini didedikasikan untuk pengembangan dan penelitian biotek. Perusahaan ini memiliki impian yang besar. Saat ini Calico bekerja sama dengan Big Pharma untuk menghasilkan obat baru kanker, Alzheimer, dan banyak lagi.

Google berusaha untuk ambil andil dalam penyembuhan penyakit. Anda ingat Google Glass? Ini mungkin tidak direspon baik oleh konsumen, tetapi tidak untuk dokter.

SAP AG, sebuah perusahaan software Jerman sudah mengembangkan aplikasi yang dapat menghubungkan Google Glass ke sistem informasi rumah sakit. Ini memungkinkan dokter dengan mudah melihat riwayat medis pasien. Manfaat utama Google Glass adalah hands-free, portable dan suara, ini penting untuk dokter yang sibuk.  [RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel