Cara Format Memory Card Pada Komputer Windows

2 Jul 2012 18:30 7666 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Proses format adalah cara untuk menyiapkan perangkat seperti memory card agar bisa digunakan sebagai media penyimpanan. Cara format memory card sekarang menjadi semakin mudah karena detilnya disembunyikan dari pengguna dan diganti dengan antarmuka yang menggunakan mouse untuk melakukan proses format.

Proses format adalah cara untuk menyiapkan perangkat seperti memory card agar bisa digunakan sebagai media penyimpanan. Cara format memory card sekarang menjadi semakin mudah karena detilnya disembunyikan dari pengguna dan diganti dengan antarmuka yang menggunakan mouse untuk melakukan proses format. Padahal dibalik layar sebenarnya ada dua proses yang dilakukan pada saat format, yaitu low-level formatting dan high-level formatting. Low-level formatting melibatkan proses persiapan dasar agar memory card bisa ditaruh file sistem. Sementara high-level formatting merujuk kepada proses pembuatan file sistem dalam memory card atau media penyimpanan itu sendiri.

File sistem adalah cara untuk mengelola data yang ditaruh pada media penyimpanan dengan menyediakan prosedur untuk menyimpan, mengambil, dan memperbaharui data. Begitu juga prosedur untuk mengelola ruang pada media penyimpanan yang menampung data. File sistem mengelola data dengan cara yang efisien dan disesuaikan dengan karakteristik spesifik dari media penyimpanan. Biasanya terdapat hubungan yang erat antara sistem operasi dengan file sistem yang didukungnya. Untuk sistem operasi Windows file sistem tersebut adalah FAT dan NTFS.

File Allocation Table (FAT) adalah file sistem yang pertama kali didesain pada akhir tahun 70-an untuk floppy disk. Seandainya Anda saat ini masih sangat muda dan tidak pernah menyentuh floppy disk sama sekali, pada dasarnya floppy disk mempunyai fungsi yang sama dengan memory card. Fungsinya sebagai media penyimpanan portable, namun bukannya disimpan dalam sebuah chip memory, data pada floppy disimpan dalam media penyimpanan berupa magnetic disk terbuat dari plastik yang fleksibel. Magnetic disk ini disimpan dalam casing plastik kaku yang bisa melindungi magnetic disk dari debu.

Meskipun FAT sudah ada semenjak akhir tahun 70-an, namun file sistem ini masih sering digunakan pada memory card. Sebagian besar memory card tidak mempunyai ruang penyimpanan sebesar hard disk. Oleh karena itu file sistem sederhana seperti FAT sangat cocok untuk digunakan memory card. Dengan seiring bertambahnya ukuran memory card, penggunaan cluster untuk memory card pun akhirnya semakin bertambah. Oleh karena itu jumlah penomoran yang digunakan untuk mengidentifikasi setiap cluster yang digunakan dalam memory card juga semakin besar. Oleh karena itu penggunaan FAT dengan dukungan jumlah cluster yang lebih besar juga semakin sering digunakan. Jenis format FAT yang sering digunakan sekarang adalah FAT16 dan FAT32. Beberapa memory card berukuran sangat besar sehingga memory card ini akan memperoleh manfaat lebih banyak apabila menggunakan file sistem NTFS.

New Technology File Sistem (NTFS) adalah penerus FAT pada sistem operasi Windows. NTFS mempunyai beberapa peningkatan dari FAT seperti dukungan penggunaan metadata, di mana setiap potong data yang tersimpan dapat dilacak informasinya menggunakan meta data. Lalu ada peningkatan performa, kehandalan, cara penggunaan ruang penyimpanan, dan beberapa ekstensi seperti ACL dan journaling. Access Control List (ACL) memungkinkan sistem operasi untuk membatasi akses suatu berkas yang disimpan menggunakan NTFS pada user tertentu. Sementara dengan journaling setiap perubahan yang terjadi pada data yang disimpan dapat dilacak dalam jurnal. Apabila sistem operasi kehilangan power secara tiba-tiba atau mengalami crash, maka ketika dinyalakan kembali sistem operasi dapat merujuk ke jurnal untuk memperbaiki data yang mungkin rusak.

Untuk cara format memory card pada komputer Windows, buka saja Start Menu. Klik Computer untuk membuka daftar media penyimpanan yang terhubung ke komputer. Pada Computer cari memory card yang sudah terdeteksi oleh Windows. Jika belum ada, pastikan bahwa Anda telah memasukkan card reader yang berisi memory card ke komputer. Jika sudah, klik kanan memory card dan dari menu yang muncul pilih format. Windows akan menampilkan jendela dialog format.

Pada jendela dialog ini terdapat beberapa pilihan yang bisa Anda tentukan. Mungkin yang paling penting adalah tipe file sistem yang ingin Anda gunakan pada memory card. Sebagian besar waktu mungkin Anda ingin memilih FAT32 sebagai file sistem. Kecuali jika Anda mempunyai memory card yang berukuran sangat besar baru NTFS akan terasa manfaatnya. Kotak Volume label pada jendela dialog adalah tempat dimana Anda bisa memberikan nama untuk memory card. Pada jendela dialog ini ada bagian bernama Format options yang berisi pilihan Quick Format. Jika sebelumnya memory card sudah diformat, maka Anda bisa memberi tanda centang pada pilihan ini. Jika semua sudah siap maka tekan tombol Start untuk memulai proses format. Jika sudah selesai Windows akan memberikan laporannya. [PN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel