Cara Bikin Blog dan Menulis Posting Melalui Ponsel di Tumblr

28 Jun 2012 11:30 8270 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Sejak awal Tumblr sudah dioptimisasi untuk menulis blog dari aplikasi email seperti Microsoft Outlook. Namun semenjak peningkatan penggunaan smartphone yang biasanya dilengkapi dengan aplikasi email, Tumblr justru lebih menyenangkan untuk aktifitas menulis melalui ponsel. Karena semakin banyak pengguna yang menggunakan ...

Tumblr adalah platform blogging yang memudahkan Anda untuk menulis blog dari mana saja. Menulis blog tidak harus lagi menggunakan laptop yang cukup mengganggu bila Anda ingin pergi ke pusat keramaian seperti tempat hiburan. Meskipun portable, namun untuk kegiatan tertentu laptop bisa menghambat ruang gerak Anda karena ukurannya yang tidak muat di saku. Belum lagi beratnya yang bisa mencapai beberapa kilo bisa mengganggu ketika Anda sedang jalan-jalan bersama keluarga di luar rumah. Gunakan saja aplikasi email yang ada di ponsel untuk menulis blog dan kirimkan ke Tumblr. Tumblr akan mengenali mengidentifikasi email tersebut dan langsung memformat email yang dikirimkan agar bisa tampil cantik di halaman blog milik Anda.

Sejak awal Tumblr sudah dioptimisasi untuk menulis blog dari aplikasi email seperti Microsoft Outlook. Namun semenjak peningkatan penggunaan smartphone yang biasanya dilengkapi dengan aplikasi email, Tumblr justru lebih menyenangkan untuk aktifitas menulis melalui ponsel. Karena semakin banyak pengguna yang menggunakan ponsel untuk aktifitas blogging mereka, Tumblr lebih condong ke arah microblogging. Dimana kontennya lebih banyak berupa berkas multimedia yang diambil menggunakan ponsel, misalnya foto atau video. Dengan konten teks yang relatif lebih sedikit dari blog tradisional.

Cara bikin blog di Tumblr pertama-tama adalah mendaftar. Gunakan email Anda untuk mendaftar ke Tumblr. Beri kata sandi berikut dengan nama yang ingin Anda tampilkan sebagai penulis. Email dan password ini nanti digunakan untuk masuk ke Tumblr dan mengelola berbagai konfigurasi. Pada proses pendaftaran, Tumblr akan meminta informasi mengenai diri Anda. Informasi yang perlu hanyalah umur. Sementara informasi yang lain bisa Anda lewatkan pada saat pendaftaran. Jangan lupa untuk memberikan nama blog Anda pada saat pendaftaran agar bisa dibedakan dengan blog lainnya di Tumblr.

Agar bisa menulis blog dan mengirimkannya melalui email dari ponsel, Anda terlebih dahulu harus mengetahui private email address. Ini adalah alamat email rahasia yang bisa Anda gunakan sebagai alamat tujuan pengiriman. Private email address berfungsi seperti kata sandi. Jadi simpan alamat email ini, karena siapa saja yang mengetahuinya bisa menulis ke blog Anda dengan mengirimkan email ke alamat tersebut. Private email address untuk blog Anda bisa dilihat dengan mengklik nama blog Anda di kanan atas halaman dashboard dari Tumblr. Setelah blog Anda terbuka, cari menu Blog Settings di sidebar. Pada halaman settings, lihatlah pada bagian Post by Email. Pada bagian itulah tercantum alamat email tujuan untuk menulis blog melalui aplikasi email yang ada di ponsel. Private email address ini biasanya berupa karakter acak yang diikuti dengan akhiran @tumblr.com. Alamat email rahasia ini bisa diperbaharui dengan menekan tombol Reset pada bagian Post by Email di halaman settings.

Itu saja cara bikin blog di Tumblr. Sekarang saatnya untuk membuat posting blog pertama melalui ponsel. Ambil gambar menggunakan kamera ponsel lalu masukkan ke email di lampiran. Beri judul email dan tambahkan sedikit komentar mengenai gambar yang Anda lampirkan. Judul email akan menjadi judul posting, sementara gambar yang Anda lampirkan akan diformat oleh Tumblr untuk ditampilkan di blog Anda. Sementara teks dibawah judul email akan menjadi konten posting blog tepat dibawah gambar. Selain foto, Tumblr juga mendukung konten multimedia lain, seperti musik dan video.

Anda juga bisa berbagi tautan Internet yang menurut Anda bermanfaat dan cocok untuk ditampilkan di blog. Anda tidak perlu khawatir tentang bagaimana cara memformat tampilkan konten yang ada tulis melalui email. Gunakan saja lampiran untuk berkas multimedia dan beri judul dan sedikit komentar mengenai berkas multimedia yang ada di lampiran. Tumblr akan menangani semuanya termasuk bagaimana memformat gambar, musik, video, teks, dll agar tampil cantik di blog Anda. Semua ini untuk memudahkan menulis blog melalui ponsel yang biasanya tidak mempunyai fitur selengkap dan secanggih PC. Tulis saja dengan email biasa dan serahkan saja pada Tumblr mengenai urusan format konten untuk blog Anda. [PN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel