Berkreasi Mengubah File Mp3 Menjadi Karaoke Secara Sederhana

30 Jun 2012 10:00 44401 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Tingginya animo masyarakat terhadap hiburan karaoke ini membuat berbagai outlet karaoke mudah ditemukan. Harganya pun beragam, menyesuaikan fasilitas dan karakter masing-masing brand outlet karaoke. Dari harga yang relatif murah hingga harga yang relatif mahal. Tapi pernahkah anda mencoba untuk berkaraoke di rumah anda sendiri?

Apa yang anda lakukan ketika anda merasa jenuh dengan padatnya aktivitas harian anda? Banyak cara untuk menjernihkan pikiran dan membuang jauh-jauh stress anda karena berbagai hal. Banyak orang memilih untuk pergi jalan-jalan atau tamasya bersama orang-orang yang disayang. Banyak pula yang memilih kumpul bersama keluarga di rumah. Beberapa orang juga sering pergi karaoke untuk mengusir penat mereka.

Berkaraoke rupanya menjadi hiburan alternative yang kian hari kian populer. Bisnis karaoke saat ini juga menjadi bisnis hiburan yang menjanjikan. Pasalnya, banyak yang mengatakan bahwa pergi karaoke sebenarnya bukan hanya karena ingin melatih vocal, tapi untuk membuang penat dengan mengeluarkan suara selepas-lepasnya. Tak peduli suara bagus atau fals, yang penting semua senang.

Tingginya animo masyarakat terhadap hiburan karaoke ini membuat berbagai outlet karaoke mudah ditemukan. Harganya pun beragam, menyesuaikan fasilitas dan karakter masing-masing brand outlet karaoke. Dari harga yang relatif murah hingga harga yang relatif mahal. Tapi pernahkah anda mencoba untuk berkaraoke di rumah anda sendiri?

Saat ini pun sudah banyak diperjualbelikan kaset-kaset mp3 dengan format karaoke. Hanya dengan satu keping kaset VCD maupun DVD saja, kita bisa berkaraoke di rumah. Alatnya pun sebagaimana biasa, cukup DVD player dan mikrofon anda. Namun lagi-lagi lagu favorit anda tak semuanya tersedia di dalam satu kaset saja. Bahkan, sering kali banyak lagu yang tidak ada dan sulit didapatkan.

Apakah ada cara untuk menyiasatinya? Tentu. Selalu ada cara untuk berkreasi sendiri. Membuat lagu-lagu dengan jenis file mp3 to karaoke dapat anda lakukan sendiri. Sebagai orang awam yang belum mengerti komposisi sebuah lagu beserta musiknya, beberapa software pengubah mp3 to karaoke bisa membantu anda.

Software mp3 to karaoke yang paling banyak digunakan adalah Audacity. Software ini adalah software gratis yang bisa diunduh di sini atau di tempat lain dengan cara mencari lewat mesin pencari, Google. Setelah anda mengunduh dan menginstalnya, maka anda akan memulai untuk mengubah file mp3 to karaoke.

Buka software Audacity lalu pilih File dan klik Open. Di sini anda diminta untuk memilih lagu dengan format mp3 yang anda inginkan. Jika sudah maka biarkan Audacity memuat lagu anda. Lagu yang ada pada tampilan Audacity merupakan lagu asli yang biasa anda dengarkan. Untuk mengubahnya dari file mp3 to karaoke anda harus memastikan bahwa file mp3 anda merupakan stereo. Keterangannya ada pada sebelah kiri preview dari detil mp3 anda. Selanjutnya, klik menu effect. Pada menu effect, terdapat banyak pilihan untuk mengkreasikan file mp3 anda. Akan tetapi, yang kita butuhkan saat ini adalah membuang vocal utama untuk bisa mendapatkan instrument dari lagu tersebut.

Sebelumnya, mari kita ketahui isi dari sebuah file audio. File audio biasa memiliki dua channel, yaitu Channel L dan Channel R. Pada Channel L berisikan vocal utama, instrumental, dan background vocal. Begitu pula pada Channel R. Tiga komponen tersebut; vocal utama, instrumental, dan background vocal berada pada channel keduanya. Berbeda dengan file jenis karaoke. Salah satu dari tiga komponen tersebut dihilangkan, yaitu vocal utama. Sehingga, file audio karaoke, walaupun memiliki dua channel, Channel L dan Channel R, satu dari mereka memiliki tiga komponen. Channel lainnya hanya memiliki instrumental dan background vocal saja.

Dengan Audacity, kita akan mengubah file mp3 to karaoke secara sederhana. Membuang vocal utama dan hanya menyisakan instrumental dan background vocal saja. Setelah mengklik menu effect, pilih Vocal Remover (for centered-panned vocals). Anda akan mendapat menu lain untuk mengubah pengaturan audio.

Jika anda tidak mengerti banyak soal musik, maka anda bisa menggunakan pengaturan default. Pada bar Remove vocals or view help, anda pilih remove vocals. Lalu pada bar Removal choice, silakan pilih Simple (entire spectrum). Jika sudah semua, anda bisa mengklik Ok dan tunggu proses hingga selesai, lalu Anda bisa mencoba untuk memutarnya.

Vocal utama memang akan meredam, namun tidak hilang sepenuhnya. Akan tetapi, ini bisa cukup membantu anda untuk bisa berkaraoke ria. Untuk memberi sentuhan lain, klik effect lalu pilih Amplify. Anda bisa mengatur dan berkreasi dengan file mp3 to karaoke anda yang baru. Ada banyak software serupa untuk mengubah file mp3 to karaoke, bahkan anda juga bisa mengubahnya agar bisa dimainkan di DVD player dan mengubah channel L dan R, yang mana satu channel memiliki vocal utama dan lainnya tidak secara bergantian. Tunggu tutorial berikutnya, hanya di Plimbi. [ZH]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel