Mengenal Lebih Jauh 6 Fitur Google yang Paling Sering Digunakan

25 Jun 2012 17:00 7255 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Setelah berjalan hampir 14 tahun, kini eksistensi Google sebagai mesin pencari masih tetap eksis. Tidak hanya itu, fungsi Google pun telah bertambah banyak, ada banyak sekali tambahan fitur Google.

Dewasa ini kita menyebutnya zaman modern, segala sesuatu dipermudah dengan teknologi modern yang sudah terbiasa kita temui dan kita gunakan.

Jika Anda melakukan komparasi dengan masa lalu di mana perusahaan bernama Google belum muncul, pastilah sangat jauh berbeda. Orang-orang pada masa itu tentunya masih merasa kesulitan dalam melakukan pencarian informasi-informasi yang dibutuhkan.

Kehadiran Google pada tahun 1998 membawa perubahan besar dalam dunia Internet. Saat itu pendiri Google Larry Page dan Sergey Brin memiliki sebuah ide untuk merancang mesin pencari, dan terbukti sudah ide tersebut berjalan dengan sangat baik yang hingga kini masih digunakan.

Apakah Anda masih membayangkan jika "mbah Google” sebutan yang lumrah terdengar ditelinga kita ini tidak ada sampai saat ini? Setelah berjalan hampir 14 tahun, kini eksistensi Google sebagai mesin pencari masih tetap eksis.

Tidak hanya itu, fungsi Google pun telah bertambah banyak, ada banyak sekali tambahan fitur Google. Kita mengenal berbagai macam produk Google misalnya Google Maps, Google Translate, Google Books dan masih banyak lagi.

Untuk itu, kali ini Paseban akan membahas fitur-fitur unggulan dari Google yang mungkin sering Anda pakai. Google Search Fungsi utama fitur ini mampu melakukan pencarian berbagai konten di Internet, dan semua orang menggunakannya hingga saat ini dan mengerti betul bagaimana cara menggunakannya. Google Search juga meliputi Google Image yang dapat memudahkan kita dalam mencari konten gambar di Internet. Google Maps Ini adalah layanan penting dari Google.

Sebuah peta elektronik yang bisa diakses di mana saja membuat orang lain tanpa merasa kesulitan dalam menemukan jalan kemana saja. Kehadiran Google Maps tentu menjadi primadona bagi para travelers, belum lagi kehadirannya yang telah terintegrasi dengan GPS perangkat mobile akan memudahkan penentuan arah.

Tak cukup sampai di situ, kini Google Maps telah memiliki fitur keren yaitu Google Latittude. Fitur tersebut memungkinkan kita untuk mengetahui posisi teman secara otomatis, namun teman-teman tersebut harus diregistrasikan ke dalam friendlist kita terlebih dahulu. Jika Anda tidak ingin dibuntuti, akan terdapat menu Sharing Option yang bisa mengatur peberitahuan lokasi Anda pada berbagai level.

Google Mail Fitur ini biasa disebut sebagai Gmail. Fitur Google yang memungkinkan untuk digunakan banyak orang terutama dari sektor pebisnis. Berbicara soal layanan email gratis, mungkin Gmail menjadi jagoannya. Pasalnya, layanan email Gmail diklaim lebih cepat untuk urusan load, tidak rentan spam dan kapasitas penyimpanan yang ekstra besar.

Alaman email dengan ekstension @gmail.com ini bisa diintegrasikan ke dalam jenis ponsel Android yang kemudian akan mendapatkan notifikasi email secara real time melalui layanan push email. Untuk perangkat desktop, layanan notifikasi langsung tersebut juga dapat dilakukan jika Anda menggunakan Google Chrome.

Google Drive Google Drive yang dulu lebih dikenal dengan Google Docs adalah sebuah cloud storage plus layanan editing document langsung di Internet.

Dengan merregistrasikan akun Google Anda, maka kapasitas penyimpanan 5GB akan diberikan secara gratis, bandingkan dengan Dropbox yang hanya memberikan kapasitas 2GB dalam versi gratisnya.

Google Translate Fitur ini termasuk fitur yang paling sering diakses. Bagaimana tidak, internet yang secara global berbahasa Inggris atau berbahasa dari negara lainnya kadang sedikit menyulitkan. Dengan bantuan Google Translate masalah tersebut dapat diatasi dengan mudah bahkan dalam hitungan detik.

Dukungan bahasa yang sangat banyak untuk seluruh Negara menjadikan Google Translate wajib Anda gunakan ketika menjelajah iternet.

Google Books Merupakan layanan buku digital yang ditawarkan oleh Google. Dalam Google Books Anda akan menemukan berbagai macam jenis buku yang dapat dibaca. Anda dapat membelinya atau membacanya secara gratis untuk judul-judul buku tertentu. Google Books juga dapat digunakan sebagai resensi buku yang ingin Anda beli dikemudian hari, karena pada beberapa buku berbayar juga terdapat beberapa halaman pra tinjau yang disediakan secara gratis.

6 fitur Google di atas sejatinya bukanlah keseluruhan fitur yang tersedia pada raksasa internet tersebut. Masih banyak beragam fitur lainnya seperti Google Calendar, Google Task, Google Apps dan bahkan Google Analytics. [IQ]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel