Tips Cara Konfigurasi Windows Phone Marketplace Agar Bisa Mengakses Windows Phone Market Place Indonesia

26 Jun 2012 08:00 14072 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Jika Anda menemui terkendala untuk dapat mengakses Windows Phone Marketplace Indonesia di Windows Phone Anda, Berikut ini adalah cara-caranya:

Smartphone Windows Phone pertama kali diperkenalkan oleh Microsoft pada tanggal 15 Februari 2010 di ajang terkenal Mobile World Congress (MWC) di kota Barcelona Spanyol, sedangkan sistem operasi Windows Phone sendiri pertama dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 8 November 2010. Sebenarnya nama Windows Phone adalah Windows Phone 7, namun seiring dengan perkembangan teknologi dan juga Microsoft ingin memperbaharui secara berkala maka namanya pun sekarang lebih dikenal dengan Windows Phone.

Windows Phone menambah ketat persaingan ponsel pintar diseluruh dunia, Windows Phone saat ini telah mendukung sampai 25 bahasa, Jika Apple memiliki Apple Store, Blackberry memiliki App World dan juga Google Play terkenal dengan Google Play Store nya, Windows Phone pun tidak mau kalah dengan menyediakan Windows Phone Marketplace.

Marketplace ini merupakan tempat untuk membeli ataupun mengunduh secara gratis berbagai aplikasi khusus bagi pengguna Windows Phone, kini Windows Phone Marketplace telah dapat diakses di 35 negara termasuk Indonesia. Windows Phone Marketplace Indonesia ini diluncurkan secara resmi oleh Microsoft pada bulan Februari 2012 lalu bertepatan dengan peluncuran smartphone Nokia Lumia.

Jika Anda menemui terkendala untuk dapat mengakses Windows Phone Marketplace Indonesia di Windows Phone Anda, Berikut ini adalah cara-caranya:

Cara Pertama: Memasukkan Akun Windows Live ID setelah Out of Box Experience

  1. . Silahkan Hard reset device Anda.
  2. . Ikuti proses OOBE nya dan pilih "Not now” ketika diminta untuk memasukkan akun Windows Live ID (akun Hotmail/Windows Live) Anda.
  3. . Setelah proses OOBE selesai, lalu silahkan masukkan akun Live ID Anda, dari menu Setting –> email+accounts.
  4. . Setelah itu, bukalah aplikasi Marketplace. Biarkan aplikasi me-refresh data nya sebentar.
  5. . Tutup kembali aplikasi Marketplace, silahkan tunggu proses sekitar 1-2 menit dan buka aplikasi Marketplace kembali.
  6. . Sekarang Marketplace sudah terhubung ke Marketplace Indonesia Cara Kedua: Membuka Marketplace lalu memasukkan akun Live ID 

1. Hard reset device Anda.

2. Ikuti proses OOBE dan pilih "Not now” saat Anda diminta konfirmasi untuk memasukkan akun Windows Live ID.

3. Setelah OOBE, silahkan buka aplikasi Marketplace, pada saat ini Marketplace anda belum terhubung ke Marketplace Indonesia.

4. Silahkan Anda pilih salah satu aplikasi, misalnya Toresto for Windows Phone , dan aplikasi tersebut akan meminta Anda untuk melakukan Sign In.

5. Setelah memasukkan akun Live ID, Anda akan diminta untuk melakukan restart device Anda (Anda boleh melakukan restart, atau menutup aplikasi Marketplace

6. Buka aplikasi Marketplace, dan device Anda sekarang akan terhubung dengan Windows Phone Marketplace Indonesia.

Cara Ketiga: Hard reset device Anda

  1. . Setelah proses OOBE, pilih menu "Create a new Live ID”. 2
  2. . Setelah proses OOBE selesai, silahkan Anda buka aplikasi Marketplace, Perlu diingat pada saat ini Marketplace belum terhubung dengan Marketplace Indonesia.
  3. . Pilih salah satu aplikasi, misalnya Toresto for Windows Phone , aplikasi Marketplace akan meminta Anda untuk memasukkan informasi Negara (pilih Indonesia) dan tanggal ulang tahun Anda.
  4. . Setelah informasi Anda telah dimasukkan, Anda akan diminta untuk me-restart device (Anda boleh memilih untuk tidak me-restart device, Anda cukup menutup aplikasi Marketplace-nya saja).
  5. . Buka aplikasi Marketplace, dan sekarang Marketplace akan terhubung ke Marketplace Indonesia. Ketiga trik di atas tersebut sudah dicoba oleh beberapa pengguna Windows Phone dan telah berhasil, Trik ini bukanlah informasi resmi (baik dari Microsoft maupun Nokia) sehingga jika setelah ketiga proses tersebut masih tidak berhasil, sebaiknya Anda coba menghubungi customer care terdekat.

Sebagai catatan, untuk semua skenario di atas berlaku jika pada proses Out of box experience dan wizard startup, ketika diminta memasukkan Windows Live ID, memilih "Not now” , bukan "Sign in”.

Salah satu perbedaan Marketplace Amerika (bahasa Inggris) dan juga Marketplace Indonesia adalah dari segi bahasa selain itu berbeda pula daftar aplikasi populer yang sering diunduh pada masing-masing negara, Jika Anda kurang begitu paham mengenai bahasa Inggris, ada baiknya Anda mengkonfigurasikan Windows Phone Marketplace Anda dengan menggunakan Bahasa Indonesia. [AG]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel