Tips Trik Ubuntu: Bagaimana Mengubah Boot Screen Pada Ubuntu

23 Jun 2012 14:00 7152 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Salah satu sistem operasi yang dikenal memiliki GUI atau tampilan antar muka terbaik selain Apple adalah Ubuntu. Ubuntu memiliki tampilan yang tak kalah atraktif dengan sistem operasi yang lainnya yang juga mengandalkan GUI. Meskipun tampilan dari Ubuntu sendiri tak kalah atraktif, namun pasti juga Anda makin lama makin bosan ketika ...

Salah satu sistem operasi yang dikenal memiliki GUI atau tampilan antar muka terbaik selain Apple adalah Ubuntu. Ubuntu memiliki tampilan yang tak kalah atraktif dengan sistem operasi yang lainnya yang juga mengandalkan GUI. Meskipun tampilan dari Ubuntu sendiri tak kalah atraktif, namun pasti juga Anda makin lama makin bosan ketika Anda sering melihat tampilan boot screen pada Ubuntu.

Untuk mengatasi kebosanan Anda terhadap boot screen pada Ubuntu, Paseban memiliki tips trik Ubuntu untuk mengubah tampilan layar pada boot screen Ubuntu agar Anda tidak merasa bosan atau jenuh dengan ciri khas warna yang kalem yang ditampilkan oleh Ubuntu.

Semenjak Linux sangat mudah untuk dilakukan kustomisasi, maka hal ini juga berlaku pada Ubuntu. Anda bisa mengubah tampilan dari Ubuntu sesuai dengan tampilan yang Anda inginkan asalkan Anda tahu instruksi atau cara bagaimana cara mengganti atau melakukan kustomisasi pada sistem operasi Linux Anda. Tips trik Ubuntu yang Paseban akan papar disini adalah instruksi bagaimana cara agar Anda bisa mengganti boot screen pada sistem operasi Ubuntu Anda agar terlihat lebih menarik dan tidak membosankan.

Kebanyakan para pengguna menggunakan Plymouth sebagai boot screen-nya.

Apa itu Plymouth? Plymouth sendiri merupakan boot screen yang dipilih sendiri untuk sebagian distribusi dari sistem Linux. Plymouth sendiri sudah digunakan oleh Fedora sejak tahun 2008, sementara Ubuntu beralih ke Plymouth pada tahun 2010. Sebelum menggunakan Plymouth, Ubuntu sempat menggunakan boot screen lain yang disebut dengan xplash.

Perubahan pada Ubuntu ini dipandang perlu karena xplash tidak memberikan pengalaman bebas, cepat dan halus. Ini juga tidak membutuhkan server grafis X untuk berjalan sebelum dapat menampilkan boot screen, sehingga layar bisa muncul sebelum sistem benar-benar harus memuat sisa dari sistem operasi.

Oleh karena itu, ini adalah sebuah proyek yang berbeda, dan membutuhkan instruksi yang sama sekali berbeda untuk mengubah tampilan layar.

Cari Tema dan Pasang Sebelum Anda dapat mengubah tema Anda, Anda sebelumnya harus mencari tema yang Anda inginkan. Tema untuk Plymouth sendiri tersedia melimpah di internet dan bisa Anda unduh secara gratis atau mungkin Anda bisa membuat tema Anda sendiri.

Selain tersedia di internet, Anda juga bisa menemukan tema lainnya yang disertakan pada sistem operasi Anda sendiri, seperti contoh pada Fedora, Anda bisa mencarinya dengan mengetikkan "plymouth-theme” dan seketika Anda akan menemukan daftar dari puluhan tema yang disediakan oleh Fedora muncul dan Anda hanya tinggal memilih salah satu tema yang Anda inginkan dan menginstallnya.

Instalasi tema ini sangat mudah untuk dilakukan, Anda hanya tinggal memilih tema tersebut dan Anda tinggal mengklik tombol apply yang terdapat pada bagian kanan bawah. Namun jika Anda menemukan atau mengunduh tema lain dari internet, Anda harus mencocokkan jenis file tema tersebut yang biasanya jenis file tema dari boot screen ini memiliki format .deb atau .rpm Pasang Tema Dengan asumsi instalasi tema berjalan dengan lancar, Anda sekarang memiliki tema yang telah terinstal, namun masih belum diaktifkan.

Hal ini dapat dengan mudah dilakukan hanya dengan memasukkan beberapa perintah. Untuk melihat tema apa saja yang tersedia untuk Anda, jalankan sudo plymouth-set-default-theme –list. Setelah menjalankan perintah tersebut, maka Anda sekarang akan mendapatkan daftar berbagai macam tema yang berbeda yang bisa Anda pilih, dan jika Anda ingin menjalankan satu tema yang Anda pilih, maka Anda bisa menjalankan perintah plymouth-set-deafult theme --rebulid-initrd.

Jadi jika dalam contoh ini tema yang akan Anda gunakan bernama "hot-dog”, maka perintah yang Anda masukkan akan seperti ini plymouth-set-deafult theme hot-dog --rebulid-initrd. Jika Anda melihat tag terakhir yang bertuliskan –rebuild-initrd, hal ini diperlukan karena reconfigure proses boot untuk menyertakan tema baru, bukan hanya mengubah file konfigurasi.

Dengan kata lain adalah memfinalisasi proses.

Final Berikan perintah yang hanya memakan waktu beberapa detik untuk menjalankan tema tersebut dan setelah selesai, Anda dapat melakukan reboot sistem Anda. Setelah Anda melakukan reboot maka Anda akan melihat bahwa boot screen Anda akan berubah sesuai dengan tema yang Anda pilih. Apakah layar boot Anda menjadi layar-layar boot yang terbaik yang pernah Anda lihat? Beritahu kami pada box comment di bawah. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel