Tutorial WordPress Blog: 6 Cara Mengamankan WordPress Anda dari Serangan Hacker

22 Jun 2012 11:30 4125 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Menjalankan WordPress yang notabene berbasis website merupakan hal yang menyenangkan, yang memungkinkan Anda untuk fokus terhadap konten dan membangun hubungan dengan pembaca dan website yang lain. Bagaimanapun, tidak semua pengguna internet memiliki sifat yang ramah seperti Anda. Di luar sana mungkin Anda seseorang yang menunggu untuk ...

Menjalankan WordPress yang notabene berbasis website merupakan hal yang menyenangkan, yang memungkinkan Anda untuk fokus terhadap konten dan membangun hubungan dengan pembaca dan website yang lain. Bagaimanapun, tidak semua pengguna internet memiliki sifat yang ramah seperti Anda. Di luar sana mungkin Anda seseorang yang menunggu untuk menjadikan blog Anda sebagai sasaran hacking berikutnya dan mencoba berbagai taktik untuk mencoba masuk ke dalam blog Anda.

Mungkin memiliki tujuan untuk menginfeksi Anda dengan malware jahat dan menginfeksi pengunjung lain. Untuk menghindari hal tersebut, Paseban akan memberikan tutorial WordPress blog untuk mengamankan blog Anda dari serangan para hacker.

Ada 6 cara pada tutorial WordPress blog untuk mengamankan blog Anda dan tentunya cara yang diulas disini merupakan cara yang mudah untuk Anda lakukan.

Buat Pembaharuan WordPress Secara Berkala Salah satu cara paling ampuh untuk menghindarkan kita dari ancaman hacker adalah sering melakukan update materi kita secara berkala.

Namun jelas ada penurunan performa disini, ketika Anda memperbaharui blog Anda, mungkin beberapa plugin Anda akan berhenti bekerja jika WordPress sedang diperbaharui, namun pada saat itu juga bisa Anda jadikan kesempatan untuk menyegarkan plugin Anda.

Anda bisa mencari plugin Anda yang baru atau mencari pengganti plugin yang sebelumnya. Memasang plugin yang Anda ditemukan di direktori WordPress adalah juga cara yang baik untuk menjaga semuanya di bawah kontrol Anda.

Buat Jadwal Backup Reguler Prosedur penting untuk para pengguna WordPress adalah untuk memastikan bahwa backup dilakukan secara teratur dan mudah untuk dilakukan restore ketika suatu hal buruk yang tidak diinginkan terjadi.

Solusi untuk melakukan back up ini banyak tersedia di luar sana, namun Cloudsafe365 adalah salah satu yang sangat mumpuni, menggabungkan antara cloud backup yang dimana Dropboz bisa digunakan dengan berbagai alat perlindungan yang aman terhadap teknik seperti lintas situs scripting, SQL Injection dan bahkan memonitor pencurian konten.

Cloudsafe365 tersedia pada situs plugin WordPress yang cocok untuk melindungi blog Anda. Untuk mengakses Cloudsaf365 Anda bisa langsung menuju ke link ini.

Install Encrypted Login Plugin Selain melakukan back up pada data-data blog Anda, salah satu keamanan yang tidak kalah penting adalah dengan memasang sebuah plugin login yang terenkripsi, sebagai website software plugin seperti ini tidak tersedia sebagai fasilitas default.

Mungkin solusi terbaik untuk ini adalah dengan menggunakan Chap Secure Login yang menggunakan algoritma SHA-256 untuk melindungi nama dan kata sandi Anda. Anda bisa mengakses ini di sini. Proteksi untuk sarana login lainnya adalah menginstal sebuah plugin CAPTCHA yang kuat.

Sembunyikan Logo "Powered by WordPress” Hacker memiliki taktik lain untuk setiap jenis website software yang digunakan, namun Anda bisa mempertegas mereka dengan tidak mengiklankan fakta bahwa website Anda adalah "Powered by WordPress”.

Secara umumnya informasi ini dapat Anda temukan di file footer.php, yang bisa Anda dapatkan dengan cara memasuki Dashboard blog Anda dengan memilih Appearance > Editor untuk melakukan editing dalam jendela browser.

Tema yang berbeda dibutuhkan untuk menghapus logo ini, jadi Anda harus melakukan pengecekan secara online untuk menemukan yang terbaik.

Ubah Nama Admin Salah satu cara dimana hacker dapat menemukan jalan masuk ke dalam akun Anda adalah dengan menggunakan software jahat yang akan mencoba beberapa login yang menggunakan kata-kata umum dan frase sebagai password, ditambah dengan username yang jelas. Nama Username administrator pada WordPress dapat Anda pilih ketika Anda melakukan setup.

Karena Anda terburu-buru atau mungkin saja malas untuk mengisi nama username, maka Anda akan berhenti pada nama "admin”.

Dan nama seperti ini merupakan nama yang umum, maka dari itu mengapa perlu untuk melakukan perubahan. Pindahkan File wp-config Masalah keamanan yang mencolok dengan WordPress adalah bahwa rincian dari keamanan kunci blog Anda tersimpan dalam satu data tunggal, tidak terenkripsi dan rentan untuk mendapatkan serangan dari hacker.

File ini bernama File wp-config.php yang berisi rincian login admin serta username dan password untuk database MySQL. Satu hal yang tidak boleh Anda lakukan adalah menghapus file ini, hal ini akan mengakibatkan situs Anda tidak bisa digunakan. Lalu bagaimana untuk melindungi file ini? Sejak rilisnya WordPress 2.8, pemilik blog memiliki kemampuan untuk memindahkan file ke root direktori web pada server. Jadi file wp-config.php ini bisa Anda naikkan tingkatnya ke direktori mysite. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel