Perbandingan Data Back Up Service All Operator Indonesia

20 Oct 2011 08:00 4989 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Hampir semua operator memiliki layanan pelindung data yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan tindakan pencegahan sebelum terjadinya peristiwa kehilangan data-data ponsel yang dimilikinya, seperti data kontak telepon penting, SMS dan lain sebagainya. Layanan ini biasanya dikenal dengan layanan Data Back Up.

Hampir semua operator memiliki layanan pelindung data yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan tindakan pencegahan sebelum terjadinya peristiwa kehilangan data-data ponsel yang dimilikinya, seperti data kontak telepon penting, SMS dan lain sebagainya. Layanan ini biasanya dikenal dengan layanan Data Back Up.

Sebelumnya Paseban pernah me-review layanan Data Back Up dari masing-masing operator beberapa waktu yang lalu, dan kali ini Paseban akan menginformasikan mengenai perbandingan harga Data Back Up dari semua operator tersebut.

Simak ulasannya berikut ini.

Telkomsel

Salah satu layanan Data Back Up yang dimiliki Telkomsel adalah Telkomsel Pelindung DataKu. Layanan ini menyediakan fasilitas back up bagi phonebook, SMS dan kalender ponsel Anda dengan memanfaatkan jaringan 3G, GPRS dan SMS. Harga atau tarif yang dibebankan kepada pelanggan Telkomsel berkisar sekitar Rp 5.000,- per bulannya. Biaya per bulan ini tidak termasuk ke dalam biaya untuk sinkronisasi, penyimpanan maupun pengambilan data, karena untuk melakukan hal tersebut Anda dikenakan tarif GPRS dan SMS regular.

XL

Seperti halnya Telkomsel, XL juga menyediakan layanan Data Back Up dengan penawaran fasilitas yang hampir sama, namun nama layanannya saja yang berbeda. Layanan back up XL bernama XL Phonebook. Meskipun nama layanannya lebih menjurus kepada data phonebook ponsel, layanan ini juga bisa dimanfaatkan untuk menyimpan data SMS dan janji-janji penting dengan klien Anda. Tarif yang dikenakan untuk berlangganan layanan back up XL ini, dikenakan tarif yang sama seperti Telkomsel.

Hanya saja perbedaannya terletak pada saat registrasi, jika Telkomsel tidak membebankan biaya registrasi awal maka XL sebaliknya. Untuk biaya registrasi awal, Paseban belum menemukan berapa tarif yang dibebankan kepada pelanggannya oleh pihak XL. Tetapi untuk tarif GPRS dan SMS, dikenakan tarif sebesar Rp 5,- per kilobyte dan Rp 350,- per sms. Sedangkan untuk biaya berlangganan layanan back up per bulan adalah sebesar Rp 5.000,- belum termasuk PPN 10 %.

Indosat

Layanan Data Back Up dari Indosat yang mendukung semua jenis ponsel bernama Indosat My Backup. Kelebihan layanan back up dari Indosat yang membuatnya berbeda dengan operator lainnya adalah terletak pada jenis layanan yang ditawarkannya. Indosat menyediakan dua pilihan layanan bagi pelanggannya yaitu layanan premium dan layanan standar. Kedua layanan ini dari namanya saja sudah bisa dipastikan memiliki fasilitas dan harga yang berbeda.

Untuk layanan premium Anda akan dibebankan biaya sekitar Rp 7.000,- (nelum termasuk Ppn) dengan fasilitas yang meliputi back up phonebook hingga 5.000 nomor, SMS, kalender, notes, foto, video dan audio (maks. 2 Mb /file) dengan jumlah yang tidak terbatas.

Layanan ini berlaku untuk ponsel Symbian 2nd dan Symbian 3rd serta java MIDP 3.0. Sedangkan layanan standar, dikenakan tarif lebih murah dari tarif layanan back up regular Telkomsel dan XL sekitar yaitu sekitar Rp 4.000,- (belum termasuk Ppn). Layanan standar dari Indosat ini mendukung ponsel yang memiliki kemampuan SyncML. Fasilitas yang bisa ANda nikmati meliputi back up phonebook hingga 5000 nomor, kalender, dan notes dalam jumlah yang tak terbatas pula.

Axis

Untuk dapat menikmati layanan back up dari Axis, perangkat Anda harus sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan oleh pihak Axis, di antaranya :

  • Ponsel Anda harus mendukung fitur SyncML agar dapat memanfaatkan SyncML phonebook backup,

  • Ponsel Anda adalah smartphone BlackBerry yang dilengkapi dengan Axis sync client,

  • Ponsel Anda harus mendukung vCard atau Business Card agar dapat memanfaatkan vCard backup,

  • Ponsel Anda harus bisa mengakses internet agar datanya selalu terpelihara melalui website.

Tarif yang dikenakan oleh Axis untuk biaya berlangganan dikenakan Rp 5000 per 30 hari atau Rp 1500 per 7 harinya. Harga tersebut belum termasuk pajak yang 10%. Untuk biaya sinkronisasi sendiri, untuk lewat SMS dikenakan Rp 100/ SMS dan untuk GPRS dikenakan tarif normal.

Sekilas bisa disimpulkan bahwa tarif layanan back up dari Axis tidak jauh berbeda dengan operator lainnya, keunggulannya terletak dalam masa tenggang waktu penggunaan layanan di mana Axis menyediakan layanan mingguan. Inilah yang membuat operator Axis terlihat lebih unggul dari layanan operator lainnya.

Untuk operator GSM 3 (baca: Tri), Paseban tidak menemukan informasi yang lengkap di situs resminya http://three.co.id, tetapi untuk operator CDMA ternyata hanya operator Esia yang menyediakan layanan back up data. Berikut ulasannya.

Esia

Layanan back up data dari Esia bernama Phone Book Backup. Layanan ini hanya meliputi back up data nomor telepon penting. Layanan ini bisa dinikmati oleh seluruh pelanggan Esia baik prabayar maupun pascabayar, selain itu bagi Anda yang sedang menggunakan layanan Esia Gogo pun bisa menikmati layanan back up ini. Hanya saja, Dan untuk melakukan back up Anda harus berkunjung ke Gerai Esia secara langsung. Malangnya lagi, layanan ini hanya bisa digunakan oleh Anda yang menggunakan produk Huawei, di mana tarif yang dikenakan disesuaikan dengan jenis back up-nya.

  • Huawei Phonebook Back Up dikenakan tarif Rp 10.000,-

  • Huawei Transfer Phonebook dikenakan tarif Rp 10.000,-

  • Huawei Phonebook Retrieve dikenakan tarif Rp 40.000,-

MG

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel