Memperhatikan Kinerja RAM Smartphone Agar Tidak Lemot

22 Jun 2012 19:00 6329 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Banyaknya aplikasi yang berjalan membuat RAM smartphone Anda semakin sibuk. Oleh karenanya, smartphone Anda bisa melambat atau bahkan menjadi *hang*.

Kehadiran smartphone di dunia telekomunikasi menjadikan terobosan baru di era teknologi saat ini. Smartphone atau ponsel cerdas memiliki fungsi yang kompleks. Bukan saja sebatas alat telekomunikasi, tapi juga bisa menjadi alat bantu lain dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Jika awal kemunculan smartphone hanya bisa dipegang dan dimiliki kalangan tertentu, ponsel cerdas saat ini sudah dibandrol dengan harga yang relatif murah. Jadi tak heran, kalangan manapun bisa memiiliki smartphone saat ini.

Popularitas smartphone ini semakin terlihat dengan banyaknya berbagai merk dan tipe smartphone di pasaran. Para pengguna pun tak sedikit yang kemudian beralih ke smartphone. Bagaimana dengan Anda? Keuntungan dari smartphone, menurut banyak penggunanya adalah mudahnya mendapatkan aplikasi yang bisa diunduh dan diinstall sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.

Dalam satu bulan saja, pemilik smartphone bisa mengunduh, menginstal, juga meng-uninstall aplikasi baik itu dari pasar aplikasi resmi Google Play, maupun pasar aplikasi alternatif yang menyediakan file berjenis apk lainnya. Ketika Anda mulai mennginstall banyak aplikasi pada smartphone Anda dari waktu ke waktu, sadarkah Anda bahwa sedikit demi sedikit kinerja smartphone mulai menurun?

Kesimpulan termudah yang bisa ditarik dari masalah tersebut adalah terlalu banyak aplikasi sehingga membuat smartphone jadi lambat, berat atau biasa sering disebut lemot. Memang benar, aplikasi-aplikasi yang dijalankan pada smartphone sama seperti cara kerja pada komputer. Aplikasi tersebut berjalan sesuai dengan perintah prosessor melalui RAM smartphone.

RAM atau singkatan dari Random Access Memory pada smartphone berfungsi untuk menerjemahkan perintah dari prosessor untuk menjalankan aplikasi. Terlalu banyak aplikasi berjalan akan membuat RAM smartphone bekerja ekstra sehingga kinerja ponsel cerdas Anda pun melambat. Cara mengatasinya bisa dengan mengunduh dan menginstall aplikasi yang bisa meningkatkan kinerja RAM seperti yang pernah Plimbi ulas di artikel sebelumnya. Namun selain itu, Anda juga bisa membantu kinerja RAM smartphone Anda secara manual.

Banyaknya aplikasi yang berjalan membuat RAM smartphone Anda semakin sibuk. Oleh karenanya, smartphone Anda bisa melambat atau bahkan menjadi hang. Anda bisa mulai memindahkan beberapa aplikasi Anda ke memori eksternal agar membantu kinerja RAM. Mengapa demikian? Untuk menjalankan suatu aplikasi, RAM smartphone membutuhkan lebih banyak space atau ruang yang diambil dari internal memori. Oleh karenanya, simpan aplikasi Anda pada memori eksternal agar memori internal bisa mendukung kinerja RAM smartphone Anda.

Mengahapus cache aplikasi. Cache ini memang sering membuat aplikasi dibuka lebih cepat. Karena cache menyimpan data yang dibutuhkan untuk berjalannya aplikasi sehingga tidak perlu memuat lebih lama. Akan tetapi, keberadaan cache ini bisa memakan cukup banyak ruang sehingga smartphone Anda bisa bekerja lebih lambat. Saat ini sudah banyak aplikasi yang bisa membantu Anda membersihkan cache.

Langkah manual lainnya, berlaku bijak pada smartphone dan aplikasi Anda sendiri. Pilihlah aplikasi yang benar-benar Anda butuhkan. Bukankah akan menjadi sia-sia penginstalan aplikasi yang terlalu berlebihan namun seringnya hanya menjadi pajangan semata. Smartphone biasanya tetap menjalankan aplikasi di belakang layar. Untuk itu, lebih baik meminimalisasi dengan cara mensortir aplikasi yang sesuai kebutuhan Anda.

Aplikasi-aplikasi yang membutuhkan daya yang banyak juga bisa memperngaruhi kinerja RAM smartphone Anda. Wallpaper bergerak atau live wallpaper lebih banyak memakan daya RAM dibanding wallpaper biasa. Profil getar disertai ringtone pun bisa mempengaruhi kinerja RAM. Cukup pilih salah satu agar RAM bisa bekerja dengan baik. Sebagai catatan, ringtone panjang pun selain menguras kerja RAM juga bisa menyedot konsumsi daya baterai Anda.

Terakhir, menghias berbagai widget di smartphone Anda memang hal yang menarik. Akan tetapi, menggunakan terlalu banyak widget pun bisa menguras energi RAM smartphone Anda. Pilih widget yang benar-benar Anda perlukan dan harus diletakkan di layar home Anda. Terlalu banyak ikon dan widget pada homescreen juga tidak terlalu baik.

Pada intinya, jangan sampai keasyikkan Anda mengkustomisasi smartphone membuat Anda malah tidak memperhatikan kesehatan ponsel cerdas Anda. Berlaku bijak pada smartphone langkah paling pas untuk merawat dan memperhatikan smartphone itu sendiri. [ZH]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel