Audie Worthersee E-Bike, Sepeda Elektronik Pertama yang Menggunakan Smartphone Sebagai Pengontrolnya

21 Jun 2012 12:30 4210 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Selain menjadi pemilik pabrik motor Italia, Ducati ternyata pabrik otomotif asal Jerman yaitu Audi juga memperkenalkan **sepeda elektrik** baru mereka yang dinamai Wörthersee di Carinithia, Austria. Audi mengklaim sepeda ini akan menjadi ...

Selain menjadi pemilik pabrik motor Italia, Ducati ternyata pabrik otomotif asal Jerman yaitu Audi juga memperkenalkan sepeda elektrik baru mereka yang dinamai Wörthersee di Carinithia, Austria. Audi mengklaim sepeda ini akan menjadi e-bike yang sangat canggih dan sangat gesit.

Perusahaan asal Jerman ini menggunakan kehadirannya di Worthersee Tour untuk menunjukkan konsep yang apik dari sebuah sepeda elektronik. Kesan futuristik sangat terasa pada sepeda besutan Audi ini. Diklaim, sepeda ini cukup ringan yang memiliki bobot 12 kg dari bahan serat karbon dengan polymer yang telah diperkuat.

Serat karbon ini juga digunakan Audi untuk velg 26 inci dan frame sepeda ini. Dengan desainnya "Audi Ultra Blade”, diharapkan mampu untuk mengoptimalkan kekuatan kayuh. Ini merupakan salah satu desain canggih yang ada di teknologi on-board.

Ditambah lagi dengan fitur disc brakes dan Acros hydraulic shifting yang menggunakan kabel internal.

Sebagai sepeda elektrik, maka sudah pasti memiliki motor elektrik yang memberi kekuatan roda belakang saat tidak dikayuh. Dengan kekuatan 2.3 kW motor elektrik ini sudah bisa digunakan untuk ngebut. Sementara 2.3 kW permanent-magnet synchronous motor menyediakan 250Nm untuk memutar roda belakang melalui sembilan perpindahan kecepatan hydraucally-actuated gear yang didasarkan pada transmisi R-tronic.

Sepeda Worthersee ini dapat dijalankan melalui lima cara yaitu, menggunakan pedal manual, kombinasi pedal dan motor elektrik yang dapat menghasilkan kecepatan hingga 50 mil per jam atau dengan bergantung hanya pada motor elektrik saja yang kecepatannya bisa sekitar 31 mil per jam.

Dua mode yang terakhir sedikit memungkinkan pengendara sepeda ini untuk bersenang-senang. Dua mode "Wheelie” ini membantu pengendara untuk menunjukkan beberapa aksi dengan sedikit bantuan dari motor elektrik.

Sepeda dari Audi ini juga didukung fungsi elektrik yaitu baterai 530Wh lithium-ion, yang kira-kira membutuhkan waktu sekitar 2.5 jam untuk mengisinya. Audi mengklaim sepeda yang satu ini cocok juga untuk perjalanan jauh karena baterai sepeda ini bisa diganti-ganti.

Fitur kunci lain yang terdapat di sepeda elektrik Worthersee ini ada pada on-board komputernya yang memiliki layar sentuh dan menunjukkan kepada Anda mode riding mana yang sedang Anda gunakan.

Disini Anda dapat merekam aksi Anda menggunakan sepeda ini secara berurutan dan dapat mengatur berbagai fungsi seperti electric pedaling assistance dan pencahayaan. Layarnya menunjukkan kecepatan, jarak, baterai charge dan status lainnya.

Hebatnya lagi on-board computer ini juga telah terintegrasi dengan aplikasi iPhone yang memungkinkan Anda untuk mengunci sepeda, melihat jarak yang sudah ditempuh selama bersepeda, kontrol ban sepeda dan mesin hingga update berita terbaru tentang e-bike, yang semuanya tersedia dalam sebuah aplikasi.

Agar bisa terhubung dengan smartphone Anda, e-bike ini harus di link-kan ke smartphone via WLAN. Dukungan jejaring sosial yang sudah terintegrasi memungkinkan Anda untuk terlibat dalam trick challenges, dengan Audi kebanggaan yang merupakan e-bike Worthersee Anda dapat memasang data aksi di timeline Anda dan menyediakan ranking dunia melalui display-nya. Sekarang ini Anda sedang tinggal di dunia dimana Anda dapat selalu terhubung dengan tab sosial network dari sadel sepeda.

Dari pihak pabrikan sepeda ini mengatakan Audi e-bike Worthersee adalah sepeda olahraga yang tidak sesuai dengan kategori sepeda biasanya. Ini bukan seperti sepeda konvensional biasanya, tetapi lebih baik digambarkan sebagai sepeda high-end yang dibuat untuk olahraga, hiburan dan aksi. Sepeda ini menggabungkan kompetensi utama merk Audi yaitu, desain, ultra, connect dan e-tron.

Hal ini terdengar layaknya konsep yang sangat menarik dari perusahaan yang merakit Ducati. Konsep sepeda ini nantinya akan dipamerkan di Worthersee Tour, tetapi Audi sendiri belum mengkonfirmasi akan membawa konsep ini ke fase produksi.

Pertemuan Worthersee ini awalnya dimulai sebagai pertemuan Volkswagen GTI, tetapi sekarang telah berubah menjadi pertemuan seluruh fans Audi, VW, dan skoda. Dan perusahaan-perusahaan tersebut senang untuk memamerkan produk baru mereka kepada penggemarnya.

Jadi tidak heran, jika sepeda dengan merk Audi ini dibanderol dengan harga $20.000. lebih lengkapnya Anda bisa melihat preview video di bawah ini. [RK]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel