Cara Membuat Password yang Aman dan Mudah Diingat

20 Jun 2012 12:30 3482 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Sudah berapa alamat situs internet yang Anda sudah membuat akun-nya? Mayoritas orang memiliki setidaknya minimal 2 akun situs internet yang biasanya terdiri dari satu akun email dan satu akun jejaring social. Namun bagaimana jika Anda termasuk orang yang aktif berselancar di dunia maya dan memiliki lebih dari 5 akun dan ...

Sudah berapa alamat situs internet yang Anda sudah membuat akun-nya? Mayoritas orang memiliki setidaknya minimal 2 akun situs internet yang biasanya terdiri dari satu akun email dan satu akun jejaring social. Namun bagaimana jika Anda termasuk orang yang aktif berselancar di dunia maya dan memiliki lebih dari 5 akun dan kesemuanya membutuhkan password untuk mengaksesnya. Memang Anda bisa mengaktifkan fitur pengingat akun dan password yang ada namun jika Anda tidak sedang mengakses akun Anda di PC, handphone atau laptop milik Anda sendiri maka Anda wajib bisa mengingat nama dan password akun Anda.

Bagi yang tidak mau repot biasanya lebih memilih menggunakan nama akun dan password yang sama untuk beberapa situs yang tentu saja resiko di hack oleh orang lain sangatlah besar. Sebelumnya Plimbi pernah mengulas hal ini di sini. Namun, pada artikel ini Plimbi akan memberikan tips lainnya, berikut akan dijelaskan panduan cara membuat password yang aman dan mudah diingat.

1. Hindari memakai password dengan angka berderet atau kosakata dalam Bahasa Inggris

Mungkin beberapa dari Anda ada yang mempunyai password: 123456, 654321, password, qwerty, qazwsx, abc123 dan sederet angka atau nama benda yang umum digunakan maka, selamat Anda telah menggunakan password dengan tingkat keamanan paling rendah. Karena berdasarkan riset yang dilakukan SplashData di tahun 2011, password-password di atas merupakan sebagian dari password terburuk di tahun 2011. Penelitian ini didasarkan pada data keamanan pengembang software yang diambil dari daftar jutaan orang yang password-nya di curi para hacker. Bahkan walaupun terkadang unik seperti Å“trustno1 tidak aman digunakan karena umum dipakai orang.

2. Mengulang Password

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, menggunakan password yang sama untuk beberapa akun juga bisa menjadi masalah namun jika Anda tetap ingin menggunakannya, setidaknya gunakanlah password yang berbeda untuk akun bank dan e-mail. Karena jika kedua akun ini hilang/ dicuri kerugiannya akan sangat fatal dan berdampak langsung pada Anda. Tentunya Anda tidak menginginkan uang simpanan Anda di bank tiba-tiba kosong bukan?

3. Hindari Menggunakan KeePass Atau Password Manager Lainnya

Memang banyak orang yang merekomendasikan menggunakan password manager seperti KeePass karena hanya dibutuhkan satu master password untuk mengendalikan password-password Anda yang lain di berbagai akun. Namun, bagaimana jika master password Anda dicuri? Bukan hal yang tidak mungkin semua akun dan password-password Anda yang lain akan beralih akses penggunaannya. Dengan tidak adanya jaminan yang berarti menggunakan password manager seperti KeePas maka tidak dianjurkan untuk menggunakan password manager. Perlu diingat otak dan pikiran Kita lah tempat teraman menyimpan data-data.

4. Kombinasikan Huruf dan Angka

Pernahkah Anda berpikir bahwa bahasa 4L4Y (ALAY) ternyata memiliki tingkat keamanan yang tinggi untuk pemilihan password. Walaupun ada yang mengatakan definisi Å“alay itu sendiri berarti suka tampil norak dan suka mengirimkan SMS dengan perpaduan huruf dan angka, besar-kecil huruf ternyata dibalik semua Å“kenorakan bahasa Alay tersimpan Å“kreatifitas yang diperlukan dalam membuat password yang aman. Hal ini dikarenakan bahasa Alay mengutamakan panjangnya karakter, kombinasi huruf, angka dan symbol. Sebagai contoh, untuk nama Å“melinda maka akan berubah menjadi Å“m3l1nd4 dan Å“Bogor bisa menjadi Å“13og0r cukup unik bukan.

5. Kombinasikan Password Dengan Nama Situs Internet

Jika Anda kesulitan untuk mengingat banyaknya password yang Anda miliki, cobalah untuk mengkombinasikan nama situs internet dimana Anda membuat akun lalu pergunakan nama situs tersebut atau hanya sebagian yang dikombinasikan dengan hal-hal favorit Anda contohnya film favorit, sebagai contoh jika Anda mempunyai akun Facebook dan film favorit Anda adalah Matrix maka Anda bisa membuat password Anda seperti FaceM4tr1x.

Sebagai informasi menurut riset yang dilakukan Joseph Bonneau, seorang professor dari Cambridge University, Indonesia merupakan Negara dengan penggunaan password yang paling mudah ditebak karena alasan-alasan yang sudah dipaparkan di atas. Oleh karena itulah tips-tips di atas sangat berguna untuk meningkatkan tingkat keamanan password Anda di tengah maraknya akun-akun yang di hack oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Bagi Anda yang ingin membuat akun baru dan merasa bingung memilih password yang aman dan mudah diingat, tips-tips di atas bisa menjadi solusi akan kebuntuan membuat password yang aman. Selamat mencoba cara membuat password ala Plimbi. [FJ]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel